Biar Gak Tongpes Setiap Bulannya! Ini 4 Cara Menghemat Air di Rumah

3 menit
cara menghemat air
Biar Gak Tongpes Setiap Bulannya! Ini 4 Cara Menghemat Air di Rumah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara menghemat air di rumah menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan buat memangkas pengeluaran yang membengkak. Ada lho cara-cara menghemat air dan akhirnya gak bikin kamu tongpes melulu tiap bulannya. 

Pasalnya, gak sedikit orang yang kerap terkejut melihat tagihan air luar biasa besar dan menguras isi rekening. Banyak dari mereka yang penasaran, kenapa bisa tagihan air meledak padahal penggunaannya di rumah masih dalam taraf wajar.

Hmmm…Sama halnya dengan tagihan listrik, banyak yang gak menyadari kalau ada hal sepele menjadi biang kerok uang mu terkuras buat membayar tagihan listrik.

Salah satunya gak mencabut penggunaan barang elektronik yang tidak terpakai. Misalnya saja lupa mencabut kabel televisi atau charger handphone. Gak banyak juga yang mengetahui atau minimnya informasi kalau charger handphone terus terpasang ternyata dapat memakan listrik sekitar 1 watt per jam.

Coba bayangkan kalau charger handphone tersebut terus terpasang semalaman? Berapa kira-kira uang yang sudah kamu buang percuma? Belum lagi dengan barang elektronik lainnya.

Hal tersebut juga berlaku buat penggunaan air lho. Contohnya saja, saat mencuci tangan di wastafel dan membiarkan air terus mengalir, sedang menggunakan sabun. Sepele memang kelihatannya, tapi hal itu bisa menguras uang banget lho.

Gak perlu khawatir karena kali ini MoneySmart.id ingin memberikan tips yang simpel banget bagaimana cara menghemat air biar dompet kamu gak kebobolan tiap bulan. Yuk, langsung aja intip caranya di bawah ini:

Baca juga: Ini Lho Rahasianya Kenapa Ada Generasi Milenial yang Punya Banyak Uang

1. Jangan mandi terlalu lama

cara menghemat air
Cara ini juga bisa diterapkan buat keseharian nih agar kamu selalu hemat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hayo siapa yang kalau mandi sampai berjam-jam? Duh, mulai sekarang sebaiknya jangan mandi terlalu lama biar dompet gak kering setiap bulan.

Tapi buat kamu yang gak bisa menghentikan kebiasaan mandi lama. Kamu bisa mengganti penggunaan bak mandi dengan shower.

Namun perlu diingat, jangan membiarkan keran terus menyala saat kamu sedang menggunakan sabun atau sampo. Intinya nyalakan keran buat membilas atau gunakan penggunaan air secukupnya.

Baca juga: Fresh Graduate Gaji Pas-Pasan Tapi Mau Traveling ke Luar Negeri? Coba Cara Ini

2. Kurangi aktivitas menyiram

cara menghemat air
Kurangi aktivitas menyiram, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara menghemat air selanjutnya adalah dengan mengurangi aktivitas menyiram yang tanpa disadari ternyata sangat menguras isi dompet lho. Karena itu kamu bisa menyiasatinya dengan mengurangi aktivitas menyiram atau mencuci kendaraan.

Kalau misalnya kamu menyiram tanaman setiap hari, jadwalkan jadi seminggu tiga kali. Begitu juga halnya dengan mengurangi mencuci kendaraan, misalnya 2 minggu sekali atau hanya ketika kendaraan kotor saja.

Baca juga: Hasilkan Jutaan Rupiah, 5 Cara Menghemat Uang Sederhana Ini Bisa Dilakukan Setiap Hari

3. Matikan keran

cara menghemar air
Matikan keran air salah satu cara menghemat pengeluaran buat bayar iurannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak orang yang kerap lupa mematikan keran saat ketika menggunakan sabun pencuci tangan atau membiarkan keran terus terbuka saat tengah mencuci piring.

Ada juga yang gak mematikan keran saat menggosok gigi atau mencuci muka. Tahukah kamu kalau air keluar sia-sia terus menetes bakal membuat tagihan membengkak.

Oleh karena itu, secepatnya hentikanlah kebiasaan buruk tersebut dengan mematikan keran jika sedang gak menggunakan air.

4. Menggunakan keran aerator

cara menghemar air
Menggunakan keran aerator salah satu cara menghemat pengeluaran buat bayar air, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menggunakan keran aerator merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan buat menghemat air di rumah. Nah, keran aerator itu sendiri merupakan sebuah mesin penghasil gelembung udara yang bisa digunakan untuk menghemat air dengan mengurangi percikan dari keran.

Dengan menggunakan penggunaan keran aerator, maka secara efektif dapat menghemat energi dan juga mengurangi konsumsi air. Sehingga pengeluaran buat membayar air pun gak meledak.

Itu dia empat cara menghemat air yang bisa kamu lakukan di rumah dan dijamin gak bikin kantong jebol setiap bulannya alias tongpes. Yuk, mulai menghemat dari sekarang demi masa depan yang lebih baik. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.