5 Cara Menghemat Uang Makan Saat Menikmati Liburan

3 menit

Pasti sering denger deh kalo orang yang suka berlibur rela ngabisin duit buat muasin hasratnya. Tapi gak harus boros juga kali ya kalau mau liburan. Kamu bisa tekan biaya liburan dengan cara menghemat uang makan.

Anggaran liburan emang relatif. Ada yang besar dan ada juga yang kecil. Tergantung lokasi dan cara kamu mengaturnya. Tapi untuk lebih menekan biaya liburan, kamu bisa lakukan dengan cara menghemat anggaran makanan seperti berikut ini.

1. Atur budget makan

Cara menghemat uang
Itung dulu anggaranya biar gak jebol (savvyhousekeeping)

Kalau kamu tipe seorang penikmat liburan, kamu pasti gak asing dengan cara menghemat uang makan yang satu ini. Mengatur bujet makan emang terdengar sepele. Tapi pas dijalani saat liburan, tiba-tiba berasa agak-agak berat.

Secara gitu lho, pas liburan itu pengennya beli ini dan beli itu. Gak terasa duit buat makan abis karena gak terkontrol. Nah, ngatur bujet uang makan saat liburan ini penting banget.

Makanya, baiknya sih hitung bener-bener berapa besaran bujet makan yang dibutuhkan saat mau liburan. Kalau bujet buat makan udah diatur sebaik mungkin, maka kamu bisa menghemat uang makan saat liburan secara terencana.

[Baca: Liburan ke Mana yang Murah? Ke 5 Kota Ini Ongkosnya Cuma 100 Ribu!]

2. Atur jadwal makan

Hawa saat liburan itu pasti penginnya makan, ngemil, atau apapun yang bisa dikunyah di mulut. Kadang kita gak tahu waktu kapan buat makan besar dan kapan waktunya ngemil.

Saat asik-asiknya nikmatin liburan bersama teman di pantai misalnya. Kamu pasti bersenang-senang sambil makan, minum, dan ngemil. Boleh-boleh aja sih. Asal tahu waktu. Gak perlu setiap saat lagi kumpul sama teman harus pake acara makan-makan.

Baiknya sih, ngikutin waktu makan seperti biasa aja. Sarapan, makan siang, dan makan malam. Jangan mentang-mentang lagi liburan, makan seenaknya kapan pun kamu mau. Kalau gitu sih siap-siap aja bujet makan jebol.

3. Hindari makan di restoran

Cara menghemat uang
Makan di resto siap-siap duit jebol (republika)

Menikmati liburan itu nyenengin banget ya. Apalagi kalau banyak tersedia makanan yang lezat nan mahal ala-ala restoran. Dijamin deh liburan kamu bakal berkesan banget.

Tapi jangan salah ya, kalau terus-terusan makan di restoran, tentunya pengeluaran kamu bakal bengkak. Tahu sendiri kan daftar harga menu restoran itu pasti lebih mahal di bandingkan tempat makan biasa.

Memilih tempat makan biasa aja dengan harga terjangkau jadi salah satu cara menghemat uang makan paling mujarab saat berlibur. Jangan salah lho, tempat makan di pinggir jalan yang murmer juga banyak yang enak. Istilahnya, harga kaki lima, rasa bintang lima.

[Baca: Tanpa Nyari Pinjaman Uang, Gini Caranya Liburan Hemat dan Cerdas]

4. Pilih makanan khas lokal

Cara menghemat uang makan saat liburan sih sebenarnya simpel aja. Kamu tinggal pilih makanan khas daerah lokal yang kamu kunjungi.

Misalkan, liburan ke Bandung. Kamu bisa pilih makanan khas sana, seperti batagor atau mie kocok. Atau misalnya kamu liburan ke Yogyakarta. Kamu bisa menikmati menu gudeg yang sering dijajakan penjual di sana.

Jenis menu di atas hanya sekadar contoh sih. Masih banyak lagi menu lokal lainnya yang bisa menghemat bujet makan kamu saat liburan.

5. Manfaatkan promo atau diskon

Cara menghemat uang
Ayo berburu diskon biar dapet harga murah (allindiacoupons)

Buat kamu yang berencana liburan dan punya voucher diskon atau promo restoran, selamat ya. Soalnya ini salah satu cara menghemat uang makan yang diincar para traveler.

Lumayan dong, punya diskon 15 atau 20 persen aja udah bikin anggaran kamu hemat. Apalagi kalau punya vouchernya banyak. Wah udah deh, itu mah makan enak, duit awet namanya.

Kalau kamu pengen nyari tahu restoran mana aja yang lagi promo atau diskon, kamu tinggal browsing aja. Banyak kok situs-situs travel yang bikin ulasan promo atau yang ngasih voucher restoran.

Kamu juga bisa ikutan kuis yang diadain situs-situs travel tertentu buat dapetin hadiah voucher makan gratis di restoran. Jadi kalau kamu dapat, lumayan kan duit liburan kamu gak kepake.

Nah, itulah beberapa cara menghemat uang makan saat liburan yang bisa kamu praktikkan. Ada banyak manfaat jika kamu bisa menghemat bujet makan saat liburan. Misalnya, kamu bisa pakai duit tersebut buat beli oleh-oleh.

Kamu juga bisa gunakan duit hasil pengehmatan kamu itu buat nabung kalau kamu mau merencanakan liburan selanjutnya. Untung kan?

[Baca: Liburan Hemat Bareng Keluarga ke Luar Negeri Bukanlah Mimpi Kalau Kamu Lakukan 7 Hal Ini]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.