Hasilkan Jutaan Rupiah, 5 Cara Menghemat Uang Sederhana Ini Bisa Dilakukan Setiap Hari

4 menit
Membawa botol minum salah satu cara menghemat uang (Shutterstock).
Membawa botol minum salah satu cara menghemat uang (Shutterstock).

Banyak orang yang selalu gagal menabung karena tidak tahu bagaimana cara menghemat uang yang tepat. Padahal, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyisihkan uang setiap hari yang tentunya mudah gak menyiksa.

Pasalnya, gak sedikit orang yang beralasan kalau berhemat itu hal yang sulit. Alasannya pun beragam, mulai dari penghasilan yang kecil hingga punya segudang kebutuhan. Jadi, boro-boro buat nabung. Saat akhir bulan gak ngutang aja udah bersyukur banget.

Padahal asal niat, mengalokasikan beberapa rupiah ke dalam tabungan bukan hal yang gak sulit lho. Sayangnya, masih banyak orang yang tergoda dengan kebutuhan gaya hidup yang sebenarnya gak penting-penting banget.

Coba kamu hitung-hitung, berapa bujet yang kamu keluarkan hanya untuk minum kopi atau nongkrong di kafe atau ke mall di akhir pekan?

Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu pasti keluar kan dari kantongmu? Belum lagi godaan membeli baju hingga sesederhana beli lipstik. Ya, boleh-boleh aja sih belanja. Asal gak setiap bulan aja. Kalau seperti itu terus mah, siap-siap aja rekening kamu kebobolan.

Tapi tak perlu khawatir, karena kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa cara menghemat uang yang sangat sederhana dan bisa kamu lakukan setiap hari. Intinya, gak menyiksa dan dijamin bikin tabunganmu terus menggunung.

Penasaran seperti apa caranya? Berikut lima di antaranya:

Baca juga: Mau Tetap Mapan dan Banyak Duit Usai Menikah? Lakukan 5 Hal Ini

1. Bawa bekal makan dari rumah

Cara menghemat uang
Bawa bekal (Shutterstock).

Cara menghemat uang pertama yang bisa kamu lakukan setiap hari adalah dengan membawa bekal makan dari rumah.

Kalau biasanya kamu harus merogoh kocek Rp 20 ribu untuk sekali makan. Maka, dengan bawa bekal sendiri. Kamu bisa menyimpan uang lumayan banyak lho yakni Rp 20 ribu x 22 hari kerja sebesar Rp 440 ribu.

Lumayan banget kan kalau setiap bulan kamu bisa menghemat uang Rp 440 ribu. Dalam satu tahun, maka akan terkumpul Rp 440 ribu x 12 yaitu Rp 5,28 juta.

Gak cuma lebih hemat, makanan yang kamu konsumsi juga udah pasti lebih sehat. Ya, namanya juga makanan rumahan kan.

2. Manfaatkan wifi gratis

Cara menghemat uang
Manfaatkan wifi gratis (Shutterstock).

Dalam satu bulan, berapa uang yang kamu keluarkan untuk membeli quota internet? Rp 100 ribu atau bahkan lebih dari Rp 200 ribu?

Nah, mulai sekarang kamu bisa mengurangi bujet langganan internet lho. Caranya? Gampang banget kok yaitu dengan memanfaatkan wifi gratis.

Gak perlu sungkan meminta password wifi saat sedang berada disuatu tempat atau saat di kantor. Dengan begitu, kamu bisa membeli quota internet yang lebih murah kan?

Inget lho, meskipun hanya menghemat beberapa ratus rupiah tetap aja namanya penghematan yang jika diakumulatifkan, akan terkumpul uang yang lumayan banget. Setuju?

Baca juga: Agar Tak Terbuang Percuma, Gini Cara Bijak Menggunakan Uang Amplop Pesta Pernikahan

3. Beli camilan yang bikin kenyang

Cara menghemat uang
Beli camilan mengenyangkan (Shutterstock).

Cara menghemat uang selanjutnya adalah dengan menahan diri untuk jajan camilan di sore hari yang memang jam-jamnya lapar.

Saat cacing di perut sudah teriak-teriak alias lapar, biasanya godaan untuk jajan di minimarket akan lebih besar tuh. Alasannya, lumayanlah buat ganjel perut.

Kalau lapar, alangkah baiknya kalau kamu langsung membeli camilan yang berat dan tentu saja mengenyangkan. Tujuannya sederhana, agar tak tergoda membeli berbagai macam camilan yang bikin kantong jebol.

4. Bawa tempat minum

Cara menghemat uang
Bawa minum sendiri (Shutterstock).

Tanpa disadari, kamu bisa mengeluarkan uang minimal Rp 5.000 untuk membeli air minum. Misalnya, haus saat turun dari kereta atau angkutan umum karena penuh orang dan jalanan yang macet. Uang Rp 5.000 pun akan keluar dari kantong demi menghilangkan dahaga.

Belum lagi kalau ada ajakan nongkrong di kafe, bisa-bisa keluar uang Rp 50 ribu buat beli segelas kopi.

Karena itu, kamu bisa mensiasatinya dengan membawa tempat minum sendiri dari rumah saat berangkat ke kantor atau pergi sama teman-teman.

Jika dikumpulkan dalam satu bulan, uang yang akan kamu dapatkan lumayan banget lho. Yaitu Rp 5.000 x 22 hari kerja, maka sekitar Rp 110 ribu.

Baca juga: 5 Tips Cepat Menggalang Dana Untuk Amal Melalui Metode Crowdfunding

5. Cabut listrik yang gak digunakan

Cara menghemat uang
Cabut listrik yang gak digunakan (Shutterstock).

Tagihan listrik meledak padahal gak banyak perabotan rumah tangga? Coba kamu perhatikan, mungkin kamu seringkali lupa mencabut kabel listrik saat sudah tak digunakan.

Misalnya, habis nonton televisi tapi lupa mencabut kabelnya atau juga lupa mencabut charger handphone saat gak dipakai, istilahnya membiarkan kabel dalam kondisi standby.

Tahukah kamu, kabel dalam posisi standby itu sangat menyedot listrik lho dan tentu aja memakan biaya. Karena itu, daripada uang habis hanya karena listrik yang gak dipakai, sebaiknya mulai sekarang kamu cabut segala alat elektronik di rumah saat selesai digunakan.

Menghemat listrik adalah salah satu cara menghemat uang yang sederhana tapi dampaknya signifikan.

Gimana, sekarang udah tahu kan cara menghemat uang yang mudah serta gak menyiksa yang bisa kamu lakukan setiap hari. Tertarik untuk mulai menghemat dari sekarang? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.