Gak Sampai Habiskan Puluhan Juta Rupiah! 8 Cara Ini Efektif Turunkan Berat Badan

5 menit
Cara menurunkan berat badan
8 cara menurunkan berat badan tanpa biaya besar (Shutterstock)

Pengin menurunkan berat badan tapi bujet pas-pasan gara-gara habis untuk memenuhi kebutuhan pokok, KPR, dan pengeluaran penting lainnya? Kira-kira, ada gak ya cara menurunkan berat badan dengan modal murah?

Ternyata, ada kok cara menurunkan berat badan dengan modal murah. Cara tersebut dijamin efektif.

Bisa dimengerti sih kalau ada orang yang masih berpikiran mengeluarkan banyak uang, atau menjalani diet langsung terlihat hasilnya.

Padahal, sukses atau gagalnya menurunkan berat badan gak selalu bergantung pada besar atau kecilnya modal yang dimiliki.

Buktinya, dengan cara-cara menurunkan berat badan berikut ini kamu bisa mewujudkan apa yang selama ini menjadi body goal kamu. Tentu aja, cara-cara ini udah teruji dan terbukti beri hasil nyata.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung aja yuk dicek cara-caranya di bawah ini:

1. Makan putih telur modal Rp 13 ribu

Cara menurunkan berat badan
Makan putih telur modal Rp 13 ribu termasuk cara menurunkan berat badan (Shutterstock)

Cara menurunkan berat badan yang satu ini udah memberi cukup banyak bukti kesuksesan. Rata-rata orang yang menjalani diet pasti gak melewatkan putih telur sebagai asupannya.

Sekadar diketahui, putih telur dikenal sebagai asupan yang kaya akan protein nonlemak berkualitas tinggi dan rendah kalori. Ditambah lagi putih telur ini membantu banget dalam pembentukan otot.

Makanya kalau kamu perhatikan orang-orang yang nge-gym, pastinya selalu makan putih telur yang telah dimasak.

Udah gitu, dana yang dihabiskan buat beli putih telur ini gak mahal-mahal amat kok. Cukup bermodalkan Rp 13 ribuan, kamu udah dapat 1 kg putih telur.

Aturan makannya, asupan protein buat diet idealnya 0,8 gram protein per kilogram berat badan per hari seperti yang direkomendasikan Livestrong. Misalnya, berat badanmu 65 kilogram maka asupan proteinnya adalah 52 gram.

Dalam 100 gram telur, terdapat kandungan protein sebanyak 12,6 gram. Itu berarti kamu butuh sekitar 400 gram telur. Dengan kata lain, 1 kilogram telur cukup buat dua kali asupan per dua hari.

Baca juga: Pengin Langsing dan Sehat? Ini Diet ala Adele yang Bisa Kamu Ikuti

2. Ganti nasi dengan kentang sebagai sumber kalori dengan modal mulai Rp 18 ribu

Cara menurunkan berat badan
Ganti nasi dengan kentang sebagai sumber kalori dengan modal mulai Rp 18 ribu termasuk cara menurunkan berat badan (Shutterstock)

Orang Indonesia identik makan nasi sebagai makanan pokok. Inilah yang menjadi penyebab banyak orang bertambah berat badannya. Pasalnya, kandungan kalori dalam nasi terbilang tinggi.

Lantaran dalam asupan sehari-hari perlu ada kalori, kamu bisa mengganti nasi dengan kentang sebagai sumber kalori. Di bandingkan nasi yang kalorinya 130 per 100 gram, kandungan kalori kentang terbilang rendah, yaitu 77 per 100 gram.

Idealnya, jumlah kalori buat diet itu 1.000 – 1.500 buat wanita dan 1.500 – 2.000 buat pria. Dengan kata lain, wanita mesti konsumsi kentang minimal 1,3 kilogram kentang atau sekitar 5 kentang.

Sementara pria, mengonsumsi 2 kilogram kentang atau sekitar 10 kentang per hari.

Baca juga: Sukses Turunkan 7 Kg dalam Seminggu, Begini Cara Hemat Menu Diet GM

3. Makan 2 – 3 pisang sebagai camilan bermodalkan Rp 18 ribuan

Cara menurunkan berat badan
Makan 2 – 3 pisang sebagai camilan bermodalkan Rp 18 ribuan termasuk cara menurunkan berat badan (Shutterstock)

Salah satu penyebab berat badan bertambah adalah asupan camilan yang dipilih. Mending camilannya sehat, masalahnya kebanyakan orang yang berbadan gemuk gemar sekali makan camilan yang gak sehat.

Kalau kamu merasa begitu, dari sekarang mulai deh mengonsumsi camilan yang sehat sebagai cara menurunkan berat badan. Gak perlu ribet, pilih aja pisang sebagai camilan sehat.

Makan dua hingga tiga pisang udah cukup kok buat camilan sehatmu. Harga pisang pun juga terbilang terjangkau. Mulai dari harga Rp 18 ribuan, kamu udah dapat lebih dari tiga buah pisang.

4. Makan dada ayam sebagai lauk sekaligus sumber protein

Cara menurunkan berat badan
Makan dada ayam sebagai lauk sekaligus sumber protein termasuk cara menurunkan berat badan (Shutterstock)

Dalam asupan makanan yang sehat selain ada karbohidrat dan serat, juga perlu ada protein. Tadi udah disebutkan kalau protein bisa diperoleh dari telur. Selain telur, kamu juga bisa memperolehnya dari daging ayam.

Namun, bukan berarti kamu harus makan semua bagian daging ayam ya. Pilihlah bagian dada ayam yang rendah lemak.

Dada ayam juga punya kandungan protein yang tinggi sebesar 25 gram. Boleh dijadikan sebagai pengganti telur kalau kamu bosan.

5. Rutin minum air mineral sebanyak tiga liter per hari

Cara menurunkan berat badan
Rutin minum air mineral sebanyak tiga liter per hari sebagai cara menurunkan berat badan (Shutterstock)

Rutin minum air mineral menjadi cara menurunkan berat badan yang terbilang ampuh. Menurut studi yang telah dilakukan, air mineral efektif dalam meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Lalu, berapa banyak air mineral yang perlu diminum? Ada baiknya minum air mineral itu tiga hingga empat liter per hari. Kamu bisa memulainya dengan minum sebelum makan, hingga minum dua gelas setelah bangun di pagi hari.

6. Latihan kardio secara rutin sebanyak 4 – 5 kali per minggu

Cara menurunkan berat badan
Latihan kardio secara rutin sebanyak 4 – 5 kali per minggu sebagai cara menurunkan berat badan (Shutterstock)

Jangan lupa, lakukan latihan kardio secara rutin. Sebab hasil bakal tercapai dengan baik kalau ditambah dengan adanya latihan.

Kamu bisa melakukan cara menurunkan berat badan ini sebanyak 4 – 5 kali selama satu minggu. Gak usah yang ribet-ribet buat latihan kardio. Berlari dan latihan skipping udah cukup kok sebagai latihan kardio.

Kalau perlu, kamu juga bisa melakukan push up, sit up, hingga latihan squad buat meningkatkan kekuatan. Dengan begitu, gak cuma berat badan yang berkurang, otot kamu perlahan-lahan jadi kencang.

7. Istirahat yang cukup, idealnya selama 7 – 8 jam per hari

Cara menurunkan berat badan
Istirahat yang cukup, idealnya selama 7 – 8 jam per hari sebagai cara menurunkan berat badan (Shutterstock)

Ini satu hal yang simpel. Tapi, gak banyak orang yang mampu menjaganya dengan baik. Beristirahat selama delapan jam per hari itu udah lebih dari cukup kok buat menjaga tubuhmu tetap sehat dan bugar, termasuk untuk menurunkan berat badan.

Sekadar diketahui, kurang tidur itu gak baik untuk kesehatan. Pasalnya, bisa meningkatkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung, obesitas, hingga kematian dini. Itulah kenapa kamu perlu menjaga kualitas tidurmu.

8. Hindari stres

Cara menurunkan berat badan
Hindari stres cara menurunkan berat badan (Shutterstock)

Mudah stres bisa menggalkan diet yang kamu jalani. Kalau beneran pengin menurunkan berat badan, ada baiknya hindari stres mulai dari sekarang.

Lagian, cara meminimalkan stres itu mudah kok. Cukup berolahrga, curhat dengan orang terdekat, meditasi, menjalani hobi, hingga termasuk tidur yang cukup. Percuma aja melakukan cara-cara menurunkan berat badan di atas kalau kamu masih aja stres.

Itulah cara-cara menurunkan berat badan dengan bujet minimalis yang dijamin efektif. Hasilnya bakal tampak asalkan kamu melakukannya dengan penuh kesabaran. Ingat, gak ada diet yang hasilnya instan di dunia ini. Selamat mencoba! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan