Dijamin Gak Bikin Rekening Jebol! Ini 7 Cara Pulih Total dari Penyakit Tipes

4 menit
cara menyembuhkan penyakit tipes
Istirahat secukupnya menjadi salah satu cara menyembuhkan penyakit tipes (Shutterstock)

Gimana sih cara menyembuhkan penyakit tipes secara total? Cukup banyak orang yang mengajukan pertanyaan ini. Maklum, mengidap penyakit tipes atau demam tifoid sangat tidak enak. Badan sangat lemas, dan selera makan pun jadi hilang.

Begitu sembuh, rasa lemas gara-gara penyakit tipes masih ada. Kepala masih sedikit pusing sewaktu melakukan aktivitas apa pun. Itulah kenapa orang-orang bertanya-tanya ada gak cara menyembuhkan penyakit tipes secara total?

Nah, dalam bahasan kali ini, Moneysmart mau berbagi informasi bagaimana cara menyembuhkan penyakit tipes atau demam tifoid secara total.

Dijamin, cara-cara ini gak bakal menguras kantong. Apa aja? Yuk, simak di sini:

1. Minum cairan yang banyak mulai dari air mineral hingga oralit

cara menyembuhkan penyakit tipes
Minum banyak cairan sebagai salah satu cara menyembuhkan penyakit tipes (Pexels)

Orang-orang yang mengidap penyakit tipes cenderung mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Minum cairan yang banyak menjadi cara menyembuhkan penyakit tipes secara menyeluruh.

Gak tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh membuat proses penyembuhan penyakit tipes berlangsung lama. Apalagi, cairan dalam tubuh keluar banyak karena pengidap penyakit tersebut mengalami diare.

Cairan yang diminum gak sebatas air mineral aja. Sumber cairan lainnya bisa didapatkan dari jus, teh herbal, dan cairan-cairan bernutrisi lainnya. Jangan lupa buat minum oralit atau oral rehydration therapy agar cairan tubuh yang hilang tergantikan.

Baca juga: Capai Rp 100 Juta per Bulan! Ini Rincian Biaya-Biaya Pengobatan Kanker

2.  Mengonsumsi bawang putih

cara menyembuhkan penyakit tipes
Makan bawang putih sebagai cara menyembuhkan penyakit tipes (Pexels)

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga memiliki banyak khasiat buat kesehatan. Salah satunya, menjadi cara mengobati tipes.

Kandungan-kandungan dalam bawang putih yang salah satunya antioksidan bekerja sebagai pembersih darah kalau dijadikan asupan. Dengan kata lain, bawang putih membantu kerja ginjal dalam menyingkirkan zat-zat yang gak diinginkan tubuh.

Agar manfaatnya benar-benar terasa, konsumsilah bawang putih dalam keadaan mentah atau setengah matang. Gak cuma buat kesembuhan, mengonsumsi bawang putih juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Minum air rebusan kemangi

cara menyembuhkan penyakit tipes
Minum air rebusan kemangi sebagai cara menyembuhkan penyakit tipes (Pexels)

Begitu juga dengan kemangi. Tumbuhan yang satu ini juga membantu proses penyembuhan penyakit tipes. Cara mengobati tipes dengan kemangi adalah dengan meminum air rebusannya.

Daun kemangi emang dikenal karena khasiatnya meredakan peradangan dan nyeri sendi. Udah gitu daun kemangi punya sifat antibakteri. Itulah kenapa daun kemangi cocok digunakan buat pengobatan tipes.

Karena perut belum cukup stabil mencerna, ada baiknya daun kemangi direbus buat diambil air rebusannya. Nah, air rebusan kemangi inilah yang kemudian diminum. Bisa juga dicampur madu agar mengurangi rasa gak enaknya di mulut.

4. Minum sari cuka apel

cara menyembuhkan penyakit tipes
Minum sari cuka apel menjadi cara menyembuhkan penyakit tipes (Pexels)

Sari cuka apel juga memiliki khasiat yang sama dengan kemangi, dan bawang putih. Meminum sari cuka apel menjadi cara menyembuhkan penyakit tipes secara total.

Kandungan mineral dan nutrisi dalam sari cuka apel dianggap berperan dalam memulihkan kondisi tubuh penderita tipes akibat diare. Kalau rasa sari cuka apel dianggap kuat, cairan ini bisa dicampur ke dalam gelas kecil yang berisi air.

5. Makan buah-buahan mulai dari pisang hingga alpukat

cara menyembuhkan penyakit tipes
Banyak makan buah seperti pisang dan alpukat menjadi cara menyembuhkan penyakit tipes (Pexels)

Ada beberapa buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi penderita penyakit tipes. Salah satunya, pisang. Gejala diare pada penderita bisa berangsur-angsur hilang karena kandungan pektin dalam pisang.

Sekadar diketahui, kandungan pektin ini mendorong tubuh menyerap cairan dan garam di area usus besar sehingga feses gak lagi cair. Bukan cuma pisang, buah avokad juga membantu pemulihan kondisi tubuh penderita tipes.

Pasalnya, alpukat memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Itulah kenapa mengonsumsi avokad bisa mengembalikan energi yang terkuras dalam tubuh penderita tipes.

6. Istirahat secukupnya

cara menyembuhkan penyakit tipes
Istirahat secukupnya menjadi cara menyembuhkan penyakit tipes (Pexels)

Kalau cara menyembuhkan tipes yang satu ini, kamu pasti udah tahu. Namun, faktanya nih istirahat yang cukup emang membantu pemulihan diri penderita tipes.

Sekadar diketahui, salah satu gejala yang muncul pada penderita penyakit tipes adalah terjadinya demam. Pergerakan bisa meningkatkan suhu tubuh. Itulah alasannya mengapa penderita penyakit tipes dianjurkan istirahat.

Apalagi, keseringan bergerak juga gak baik bagi usus yang sedang bermasalah karena penyakit tipes. Sebab bagian perut terasa perih nantinya karena sering bergerak.

7. Rutinlah mencuci tangan sebelum makan

cara menyembuhkan penyakit tipes
Rutin mencuci tangan sebagai cara menyembuhkan penyakit tipes (Pexels)

Seperti yang kamu tahu, penyakit tipes bisa menghinggapi tubuh akibat adanya bakteri. Keberadaan bakteri ini dapat menyebar biasanya lewat makanan. Di luar itu, tangan yang gak dicuci sebelum makan juga menjadi media penyebaran penyakit tipes.

Gak heran kalau dari dulu hingga sekarang yang namanya mencuci tangan sebelum makan sangat dianjurkan. Selain menghindarkan diri dari penyakit tipes, mencuci tangan sampai bersih juga membuat kamu jauh dari penyakit-penyakit lainnya.

Itulah beberapa cara menyembuhkan penyakit tipes secara total tanpa menguras kantong. Meski begitu, kamu juga tetap harus mengonsumsi obat-obatan dari dokter, baik itu antibiotik maupun obat-obatan lainnya.

Semoga informasi di atas membantu ya! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!