5 Cara Agar Kamu Selalu Bahagia di Kantor, Cukup Terapkan Hal Baik Ini

4 menit
Bekerja dengan bahagia di kantor (Shutterstock).

Setiap orang berhak bahagia. Baik dimanapun dan dalam keadaan apapun. Apakah itu saat sedang bekerja, di kantor, meeting, atau bahkan sedang berada di situasi sulit lainnya.

Meski bahagia itu pilihan terkadang sulit untuk memposisikan itu di saat sedang jenuh atau dalam kondisi mood yang buruk. Betul gak?

Kalau kamu sedang merasa demikian, jangan buru-buru mengambil keputusan akan mengundurkan diri dari pekerjaanmu saat ini ya. Karena solusinya bukan seperti itu.

Pasalnya, bekerja itu gak mudah. Untuk mendapatkannya saja sulit sekali. Apakah iya kamu menyerah begitu saja ketika beban pekerjaan bertambah, atau ada permasalahan yang belum bisa dipecahkan.

Kuncinya jangan malas menjalankan pekerjaan itu, buat dirimu beradaptasi dengan cepat. Di luar sana, banyak orang-orang yang sulit mencari pekerjaan atau bahkan tidak bisa bekerja.

Kamu gak perlu pusing, ada banyak cara mudah agar suasana di kantor bisa lebih kondusif. Begini caranya agar kamu bisa lebih bahagia di kantor, dikutip dari pelbagai sumber.

Baca juga: Sambil Nunggu Persalinan, Ibu Hamil Bisa Lakukan 5 Ide Usaha Ini dari Rumah

1. Awali hari dengan senyum dan semangat

Awali dengan senyuman (Shutterstock).

Terlihat sepele bukan, mengawali hari dengan senyum yang merekah dan semangat ekstra tinggi. Tapi siapa sangka jika harimu dimulai dengan sesuatu yang positif, pasti akan berjalan dengan baik.

Sebaliknya jika kamu sudah muram dalam memulai hari, sampai malam pun ada saja kejadian gak baik yang datang. Gak mau kan kalau satu harian penuh kamu lewati dengan kejadian buruk? Maka itu, mulai lah sering tersenyum dan semangat.

Baca juga: Kulit Makin Kinclong dengan Serum Wajah, Ini Rekomendasinya, Gak Sampai Rp 200 Ribu!

2. Hindari perselisihan kantor

Hindari perselisihan kantor (Shutterstock).

Sebisa mungkin kamu harus berteman baik dengan rekan di kantor. Jangan buat perselisihan apapun. Beda pendapat boleh, tetapi tidak dengan menyudutkan posisi mereka yang gak sepaham dengan pemikiran kamu.

Punya rekan kerja yang bisa dijadikan sahabat sangat menyenangkan kok. Kamu dan dia bisa bertukar pikiran mengenai kemajuan perusahaan atau hal lainnya.

Juga, dengan memiliki sahabat, segala bebanmu di kantor bisa dikonsultasikan sama-sama. Jadi diharapkan kamu gak lagi mengalami hari yang buruk karena beban tugas di kantor.

3. Buatlah komitmen

Komitmen penting untuk diterapkan saat bekerja (Shutterstock).

Buatlah komitmen yang bisa kamu tepati. Seperti makan siang sesuai waktu, beristirahat sesuai porsi dan yang lainnya. Kalau kamu sudah berkomitmen akan menyelesaikan pekerjaan selama 2 jam sebelum jam makan siang, lakukan dan tepati.

Dengan begitu kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Dan kalau kamu merasa pekerjaan sangat banyak, jangan pura-pura menawarkan jasa kepada teman yang kesulitan dengan pekerjaannya. Jangan sampai itu membuat pekerjaan utamamu berantakan.

Kamu bisa datang ke kantor lebih awal 15 menit setiap hari atau setengah jam untuk menyiapkan segala tugasmu hari itu. Dan usahakan disiplin pulang di jam yang sudah ditentukan.

Karena biar bagaimanapun juga, menjadi loyal di perusahaan tidak membawa keuntungan apapun. Tetapi bekerjalah dengan baik dan tepat, agar waktu pulangmu tidak terpakai menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

Baca juga: Meski Murah, Masker Wajah Ini Bisa Bikin Kulitmu Tambah Cerah Loh!

4. Tetap fokus pada pekerjaan

Fokus pada pekerjaan (Shutterstock).

Jangan hanya karena dering notifikasi di smartphone membuat konsentrasi bekerjamu berantakan. Sebaiknya disiplin pula dalam menggunakan smartphone di jam kerja. Jika tidak ada situasi mendesak gak perlu sering-sering melihatnya.

Ubah nada menjadi getar saja atau lampu yang berkedip. Dengan begini saat kamu asyik mengerjakan sesuatu, tidak merasa terganggu oleh getaran dan suara bunyi dari ponselmu itu. Juga jangan gunakan media sosial selama pekerjaanmu belum selesai ya.

5. Berpura-pura tidak terjadi apa-apa

Tinggalkan segala masalah yang ada agar pekerjaan kantor tidak terbengkalai (Shutterstock).

Bukan berarti pura-pura disini kamu harus hidup dengan cara seperti itu ya. Tetapi lebih ke bagaimana kamu berusaha menutupi setiap masalah yang terjadi di luar kantor. Berpura-puralah untuk selalu tersenyum meski ternyata kamu sedang tertimpa musibah. Buat sekelilingmu tidak merasakan aura negatif yang tengah dirasakan.

Sebaliknya, buat mereka menilaimu adalah karyawan yang bekerja dengan penuh tanggung jawab tanpa campur tangan urusan lainnya. Tinggalkan segala masalahmu di rumah ketika berada di kantor, dan juga jangan membawa masalah di kantor ke rumah ya.

Jika kamu sudah merasa bahagia di kantor, menyelesaikan pekerjaan pun semakin mudah dilakukan. Kamu juga tidak menunda-nunda pekerjaan karena sangking bahagianya menjalani karier tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be