Cara Mudah Membangun Karier yang Gemilang Berdasarkan Tipe Kepribadian

4 menit
Membangun Karier Berdasarkan Tipe Kepribadian.

Membangun karier yang cemerlang tentu bukan perkara mudah dan instant. Banyak hal yang perlu kamu pahami sebelum bisa betul-betul sukses di dunia ini. Bahkan, kepribadian sesungguhnya memiliki andil besar dalam kariermu tersebut.

Berdasarkan psikologi, Gordon Allport menyatakan bahwa kepribadian sebagai suatu organisasi (berbagai aspek psikis dan fisik) yang merupakan suatu struktur dan sekaligus proses. Jadi, kepribadian merupakan sesuatu yang dapat berubah. Secara eksplisit Allport menyebutkan, kepribadian secara teratur tumbuh dan mengalami perubahan.

Menurut Socrates, ada empat kepribadian pada manusia yang melekat dan memengaruhi cara hidup mereka, yaitu:

Sanguine (serba cepat, gesit atau cekatan).

Choleric (berkepribadian kuat dan kaku).

Pragmatic (pendengar yang baik dan cenderung pasif).

Melancholy (rinci dan teliti atau perfeksionis).

Keempat kepribadian tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika mereka tahu akan kelebihan dan kelemahan, peluang untuk sukses berkarier tentu terbuka lebar. Pasalnya, mereka mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan, jadi introspeksi diri kunci untuk sukses.

Nah, untuk membangun karier yang bagus, kamu perlu tahu nih, karena keempat kepribadian itu punya cara masing-masing dan gak sama.

1. Tips bagi Choleric

Choleric memiliki kepribadian yang kuat namun cenderung kaku.

Choleric memiliki kepribadian yang kuat namun cenderung kaku. Jika kamu adalah orang yang seperti ini, kamu pasti satu-satunya orang dengan penuh semangat dan selalu pengin jadi terdepan. Itu membuat kamu otoriter karena cenderung keras kepala serta berkemauan keras.

Dalam dunia pekerjaan, orang yang memiliki kepribadian ini selalu mengutamakan pekerjaan dan mengejar target. Ini bagus memang, sayangnya, sikap keras kepalamu yang tidak pernah bisa menerima pendapat atau kritik orang ini yang akan menjadi masalah besar.

Untuk itu, dengan karakter yang kuat ini kamu disarankan untuk belajar dari sosok Pragmatic agar bisa lebih menerima masukan dari orang lain. Berusaha lebih baik dalam bertutur kata, sehingga tidak ada orang yang kesal akibat ucapanmu. Banyak bersabar, karena semua hal tidak bisa diraih dengan instan. Jangan egois, dan hindarilah perilaku bossy kepada rekan kerja, karena belum tentu mereka tidak lebih unggul dari kamu.

2. Tips bagi Sanguine

Membangun karier, orang ekstrovert.

Sanguine memiliki kepribadian ekstrovert. Jika kamu adalah orang Sanguine, kecenderungan mudah bergaul dan banyak bicara serta berjiwa pemimpin harus dipertahankan.

Biasanya orang dengan kepribadian ini saat bekerja selalu lebih cekatan dan gesit. Di dalam dunia pergaulan, Sanguine terkenal paling heboh dan bisa mencairkan suasana.

Namun, dengan karakter kamu yang terbuka ini sebetulnya memiliki kelemahan. Sanguine cenderung teledor dan mudah mengabaikan tanggung jawab. Jika ini menjadi kelemahan kamu, ada baiknya segera diubah agar karier bisa berjalan lancar.

Ada baiknya orang dengan kepribadian Sanguine ini jangan mudah terlena bersama rekan kerja dan mengesampingkan pekerjaan. Juga kamu jangan terlalu terbawa emosi sehingga selalu mengabaikan logika.

Kamu juga harus sering mengoreksi diri dan perbaiki jika masih banyak kesalahan yang dilakukan. Ada baiknya kamu belajar dari Melancholy agar pekerjaan bisa selesai sesuai jadwal dengan basil yang baik. Juga, buat catatan kecil agar kamu bisa lebih fokus dengan pekerjaan tersebut.

3. Tips bagi Melancholy

Tipe Melancholy biasanya seseorang yang gigih dan tidak mudah menyerah demi mendapatkan hasil sempurna.

Tipe Melancholy biasanya seseorang yang gigih dan tidak mudah menyerah demi mendapatkan hasil sempurna. Gak salah kok kalau kamu salah satu yang memiliki kepribadian seperti ini. Kamu cukup teliti dan terbiasa mengerjakan pekerjaan dengan detail menyeluruh.

Namun gak selamanya itu berjalan dengan mulus kan? Pasti ada kalanya kamu merasa berkutat di satu hal sama dengan waktu cukup panjang.

Nah, kelemahan ini yang dirasakan oleh orang dengan tipe Melancholy. Kamu cenderung berkutat pada satu hal sama terus menerus tanpa memerhatikan keadaan sekeliling. Ada baiknya, kamu belajar dari si Sanguine. Jangan mudah menilai orang dengan cepat.

Kamu perlu menghargai kemampuan orang lain dengan perbanyak komunikasi dengan mereka agar tidak terjadi salah pengertian. Kamu juga jangan mudah pesimis karena akan menimbulkan stres.

4. Tips bagi Pragmatic

Kepribadian ini biasanya dikenal sabar dan bisa menjadi pendengar yang baik.

Kalau kamu memiliki kepribadian Pragmatic, pasti karaktermu benar-benar tenang dalam menjalani hidup. Kepribadian ini biasanya dikenal sabar dan bisa menjadi pendengar yang baik.

Sayangnya, sikapnya yang baik dan santai ini membuat mereka cenderung pasif. Kalau kamu ingin sukses berkarier, ada baiknya tidak memiliki kepribadian pasif. Karena terkesan kamu enggan bersaing.

Ada baiknya, kamu dengan kepribadian Pragmatic disarankan bisa belajar lebih aktif untuk meningkatkan daya saing tempat kerja. Sebaiknya kamu banyak belajar dari Choleric, jangan mudah setuju dengan apa yang orang katakan, juga jangan segan menyampaikan pendapat sendiri.

Kamu juga harus bersikap teguh dan jangan mudah berubah pikiran, serta jangan malu untuk mengekspresikan diri karena sebetulnya kamu orang yang kreatif.

Jika ingin memiliki karier cemerlang, ada baiknya kamu mulai memerhatikan kepribadian yang dimiliki. Karena ini cukup membantu kamu bersikap selama bekerja. Apa yang menjadi kekuranganmu, bisa teratasi dengan kelebihanmu. Nah, jika ingin memiliki karier cemerlang berdasarkan tipe kepribadian, gak ada salahnya kok sering-sering interospeksi. Selamat mencoba jadi lebih baik! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!