7 Cara Orang Tajir Mempertahankan Bahkan Menambah Kekayaannya

4 menit
Untuk menjadi orang kaya perlu banyak perjuangan dan kerja keras. (Shutterstock)
Untuk menjadi orang kaya perlu banyak perjuangan dan kerja keras. (Shutterstock)

Untuk menjadi orang kaya perlu banyak perjuangan dan kerja keras. Karena uang gak bisa datang begitu saja dengan sendirinya. Kamu harus berusaha dengan cara apapun, tentunya yang legal untuk mendapatkannya. 

Uang memang bukan segalanya, tapi dengan uang kamu bisa hidup dengan sejahtera. Gak perlu lagi mikirin utang, mikirin makan apa besok, dan mikirin masa depan. Tapi, kalau tidak bisa mengelola kekayaan dengan bijak, kebangkrutan bisa mengintaimu. 

Rata-rata orang kaya sih bisa mempertahankan kekayaannya untuk waktu yang cukup lama, bahkan dari tahun ke tahun mereka bisa tambah kaya. Dengan berbagai cara cerdas mereka mempertahankan hartanya agar tetap berada di rekeningnya. Memang apa sih yang bikin orang tajir tetap banyak harta? Berikut ulasannya dilansir dari Entrepreneur

Baca juga: Jadi Orang Terkaya Ketiga di Dunia, Nih 6 Wejangan Menusuk Bos Louis Vuitton

1. Memiliki pola pikir untuk terus tumbuh dalam urusan finansial 

Orang Kaya
Memiliki pola pikir untuk terus tumbuh dalam urusan finansial (Shutterstock).

Kalau kamu pikir orang kaya cepat merasa puas, salah banget! Emang sih duit yang dimilikinya udah bisa mendanai kehidupan untuk waktu yang lama, tapi mereka gak berhenti sebatas itu saja. Orientasi mereka gak cuma untuk memenuhi kebutuhan hidup doang, tapi juga bagaimana untuk terus bisa meraup kekayaan sebanyak-banyaknya. 

Mereka senang untuk mengeksplore ide-ide baru yang bisa memberi peluang bagi mereka untuk mendapatkan pundi-pundi lebih. Contohnya banyak pengusaha yang meski sudah sukses dengan satu jenis usaha, tapi kemudian berekspansi ke usaha lainnya. 

Di Indonesia kita bisa melihat contohnya seperti Ruben Onsu. Ruben sudah sukses dengan usaha ayam gepreknya, lalu kembali membuka usaha bakso yang juga laris manis. 

2. Membangun jaringan dengan orang-orang sukses lainnya 

Orang Kaya
Membangun jaringan dengan orang-orang sukses lainnya (Shutterstock).

Kamu pasti sering melihat pengusaha sukses, bergaul dengan sesama pengusaha. Hal itu lumrah terjadi di kalangan pergaulan orang kaya. Mereka lebih senang untuk berbicara bertukar pikiran dengan sesamanya atau bahkan yang lebih kaya.

Tujuannya apa? Tentu untuk mendapatkan ide-ide baru atau kesempatan baru untuk menjadi lebih kaya. Orang-orang sukses paham akan pentingnya mengelilingi diri mereka dengan orang-orang sukses lainnya. 

Baca juga: Gak Disangka, Perempuan Difabel Ini Jadi Makeup Artis Profesional

3. Keluar dari zona nyaman 

Orang Kaya
Keluar dari zona nyaman (Shutterstock).

Orang kaya sadar bahwa bertahan di zona nyaman hanya akan menghambat kesuksesan mereka. Salah satu cara yang dilakukan orang golongan ini adalah mencoba untuk melampaui batas kesuksesan yang telah mereka raih. 

Kreativitas mereka terus dipacu untuk menghasilkan lebih banyak ide-ide baru dan kemudian mengeksekusi tanpa memperdulikan risiko yang bakal dihadapi nantinya. 

Kamu pasti sudah sering dengar nasihat kesuksesan gak akan datang dengan sendirinya, karena kamu harus mencarinya sendiri. Jadi orang-orang tajir gak bakal diem saja menikmati kekayaan yang telah dipunyai, tapi mereka bakal mengambil risiko untuk menjadi lebih kaya lagi. 

4. Membuat banyak sumber pendapatan 

Orang Kaya
Membuat banyak sumber pendapatan (Shutterstock).

Ini nih yang paling penting, yaitu memiliki sumber pendapatan lebih dari satu. Cara orang kaya menjadi tetap kaya bahkan lebih kaya adalah dengan memiliki banyak sumber pemasukan. Kalau kamu seorang karyawan, cobalah untuk membuka bisnis sampingan. Jangan cuma mengandalkan dari gaji bulanan saja! 

Baca juga: Inspiratif! 5 Tokoh Nasional Ini Bisa Sukses Tanpa Gelar Sarjana

5. Investasi 

Orang Kaya
Berinvestasi (Shutterstock).

Orang kaya percaya bahwa berinvestasi adalah jalan yang paling mujur untuk menambah kekayaan mereka. Investasi yang benar bisa membuat orang tajir mendapatkan uang tanpa harus bekerja sekeras tenaga. 

Kalau menabung saja sih, memang bisa memberikan kepastian di masa depan. Tapi, kalau cuma tabungan, uangmu hanya segitu-segitu saja, tidak ada keuntungan yang kamu dapat di kemudian harinya. 

Tapi, kalau berinvestasi bakal ada penambahan nilai dari uang yang disisihkan setiap saatnya. Investasi yang paling sering dilakukan sih misalnya membeli rumah atau tanah, yang setiap tahunnya pasti mengalami kenaikan nilai. Kalau dirasa investasi properti kemahalan, kamu bisa menabung saham yang kini sudah bisa dilakukan oleh siapa saja. 

6. Selalu melakukan peningkatan diri 

Orang Kaya
Selalu melakukan peningkatan diri (Shutterstock).

Memperkaya diri dengan ilmu atau kemampuan adalah salah satu cara orang kaya menjadi tetap kaya raya. Mereka paham betapa pentingnya ilmu demi mendorong berkembangnya inovasi dan kreativitas. 

Banyak cara untuk mengembangkan diri, selain dengan pendidikan formal, bisa juga dengan informasi-informasi sehari-hari seperti membaca koran, membaca buku, dan lain-lain. Sebanyak 94 persen orang kaya lebih sering memperkaya diri mereka dengan membaca berita. 

7. Gak boros 

Orang Kaya
Gak boros dan pintar atur uang (Shutterstock).

Meski bergelimang harta, cara orang tajir untuk mempertahankan kekayaannya adalah dengan hidup gak boros. Beda banget kan sama orang yang biasa-biasa aja, yang gatel pengin ngabisin duit sekalinya dapat duit gede, buat beli inilah beli itulah. Sedangkan orang kaya lebih senang untuk berhemat atau mengalokasikan uangnya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat di masa depan, seperti berinvestasi misalnya. 

Dari beberapa poin di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa orang kaya menghabiskan waktu dan uang mereka untuk hal-hal yang lebih produktif. Mereka tidak akan menyia-nyiakan sumber dayanya untuk sesuatu hal yang gak memberikan dampak positif bagi mereka di masa depan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.