Wajib Tahu! Begini Cara Selfie Buat Lengkapi Pendaftaran CPNS 2018

2 menit
Para peserta tes CPNS. (Tempo/Dinul Mubarok)
Para peserta tes CPNS. (Tempo/Dinul Mubarok)

Pendaftaran CPNS 2018 akan segera resmi dibuka besok, Rabu, 26 September 2018. Pada tahun ini pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil untuk Kementerian, Lembaga, maupun Pemerintah Daerah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengungkapkan, pada tahun ini ada yang berbeda dengan proses pendaftaran CPNS pada tahun-tahun sebelumnya. Lalu, apa yang berbeda?

Sebelum melakukan pendaftaran, pelamar diwajibkan membuat akun pada situs sscn.bkn.go.id dan kemudian mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2018. Kemudian, pelamar diwajibkan mengunggah atau upload foto diri (selfie) sambil memegang KTP dan Kartu SSCN tersebut.

“Foto selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun SSCN 2018, kartunya di print dan nanti dilihatkan bersama KTP, jadi pegang dua dokumen itu terus difoto dengan tangan kirinya KTP tangan kanannya kartu informasi akun,” ujar Ridwan saat berbincang dengan Moneysmart.id, Senin (24/9/2018).

Kenapa harus selfie?

Foto: Twitter @bkdjatim
Foto: Twitter @bkdjatim

Sementara itu, yang perlu diperhatikan adalah foto dengan pakaian yang formal dan sopan dengan dua dokumen KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN 2018. Contohnya, kamu bisa lihat pada gambar dari Twitter Badan Kepegawaian Daerah Jawa Timur di atas. Terus, kenapa yah harus ada selfie seperti ini?

Ternyata, memang ada alasan mengapa hal ini lantas dijadikan persyaratan terbaru dalam proses pendaftaran CPNS tahun ini. Ridwan mengatakan, adanya proses tersebut untuk meminimalisir kemungkinan kesalahan pendaftaran.

“Itu untuk mengatasi masalah tahun lalu, banyak sekali yang didaftarkan dan pilihannya salah atau password dan tidak bisa diakses sehingga itu yang menyebabkan kita harus ada foto. Contohnya juga ada di helpdesk atau di FAQ situs SSCN, ada semua di situ,” terangnya.

Seperti udah disampaikan di atas, pendaftaran CPNS 2018 yang dimulai pada 26 September mendatang dibuka untuk 238.015 formasi. Rinciannya, 51.271 formasi untuk Kementerian atau Lembaga instansi Pemerintah Pusat, sementara 186.744 formasi lainnya untuk 525 instansi Pemerintah Daerah.

Kamu yang berminat buat ikut seleksi CPNS tahun ini bisa lihat formasinya di portal sscn.bkn.go.id. Jangan lupa, ada sejumlah dokumen dan kelengkapan yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan pendaftaran. Selain itu, jangan asal daftar aja karena ternyata ada lho waktu tepat di mana kamu berpeluang lebih besar buat lolos seleksi administrasinya.

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.