8 Rahasia Sukses Pengusaha Richard Branson Berharta Rp 59 T

4 menit
Cara sukses
8 Cara Sukses ala Bos Virgin Group, Richard Branson

Setiap orang memiliki cara sukses masing-masing. Selain tak bisa disamakan antara yang satu dengan yang lain, untuk meraih kesuksesan butuh kerja keras masing-masing.

Misalnya, Jeff Bezos dan Mark Zuckerberg. Keduanya kini sama-sama menjadi orang sukses, bahkan terkaya di dunia. Tapi, cara mereka untuk meraih ke sana berbeda.

Jika Jeff memutuskan untuk berhenti bekerja dan mendirikan perusahaan Amazon, sementar Mark, justru harus terpaksa berhenti kuliah demi meraih ambisinya bersama Facebook.

Cara yang berbeda tentu juga dilakoni oleh Richard Branson. Pengusaha asal Amerika Serikat tersebut kini telah berhasil mencatatkan dirinya sebagai orang tersukses di dunia.

Melalui Virgin Group, dia bahkan telah memiliki 400 perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan hingga perekaman. Padahal sejak kecil, dia hanya orang yang biasa-biasa saja.

Bahkan, Branson pernah mengalami disleksia (kesulitan membaca) yang akhirnya menyebabkan dia harus putus sekolah.

Tapi siapa sangka kesuksesan justru diraihnya setelah mengalami kegagalan. Ia kini memiliki kekayaan yang fantastis yaitu sekitar US$ 4,2 miliar.

Ternyata, kesuksesannya itu diraih berkat memegang teguh prinsip-prinsip yang selama ini ia yakini. Memangnya seperti apa sih prinsip hidup yang menjadi cara sukses Branson? Simak ulasannya dikutip dari Business Insider berikut ini

1. Cara sukses Branson adalah dengan tidak mengukur kesuksesan dari jumlah yang kamu dapatkan

cara sukses
Cara sukses Branson adalah dengan tidak mengukur kesuksesan dari jumlah yang kamu dapatkan

Inilah salah satu cara sukses yang diterapkan oleh bos Virgin Airways, yaitu dengan tidak selalu mengukur kesuksesan dari jumlah yang dihasilkan atau didapatkan.

Memang sih, selama ini kita hanya mengukur kesuksesan dengan nilai yang bagus, pendapatan yang besar, dan tentunya harta yang melimpah. Tapi ternyata, hal tersebut menurut Branson justru bisa menghambat kesuksesan.

Karena Branson berkeyakinan kalau orang terlalu berorientasi dengan angka, maka ia akan cepat merasa puas. Padahal, sebagai manusia kamu gak boleh gampang puas dan harus terus melakukan inovasi-inovasi untuk bisa menjadi terus berkembang.

Baca juga: Cukup dengan Lakukan 4 Cara Ini, Perlahan-lahan Kesuksesan Bisa Tercapai

2.  Utamakan berkomunikasi langsung tatap muka

cara sukses
Utamakan berkomunikasi langsung tatap muka cara sukses Richard Branson

Teknologi memang sedikit membuat kita teralienasi dari dunia luar. Kalau sudah kecanduan, rasanya dunia hanya ada di dalam genggaman saja.

Nah, inilah yang dihindarkan oleh Richard Branson. Cara sukses Branson salah satunya adalah dengan memperbanyak komunikasi tatap muka dan bersosialisasi secara langsung dengan orang-orang.

Dia membuat prinsip untuk turu memperhatikan siapa pun yang tengah bersamanya dan mengesampingkan ponsel pintarnya. Saat rapat saja, dia lebih memilih untuk aktif mendengarkan dan mencatat poin-poin penting ketimbang bermain gadget.

Menyingkirkan ponsel saat acara keluarga juga kerap dilakukannya. Tujuannya ya tentu untuk meningkatkan kualitas keakraban bersama keluarga.

Baca juga: Kisah Inspiratif Mesty Ariotedjo, Dokter yang Juga Pemain Harpa Peraih Forbes 30 Under 30

3. Bersenang-senanglah terhadap apa yang kamu kerjakan

Cara sukses
Bersenang-senanglah terhadap apa yang kamu kerjakan cara sukses Richard Branson

Ya kamu gak salah baca kok, salah satu cara sukses Richard Branson adalah dengan bersenang-senang.

Dia merupakan pribadi yang menikmati setiap langkah dan keputusan yang diambilnya, serta menghargai kehidupan pribadi yang selama ini kerap dikorbankan karena urusan bisnis.

Dia mengubah mindset ketika orang-orang bekerja untuk hidup, tapi dia justru berpikiran bekerja untuk bersenang-senang.

4. Melakukan hobi di luar rumah

cara sukses
Melakukan hobi di luar rumah cara sukses Richard Branson

Sebagai pengusaha, tentu waktunya sangat sibuk untuk mengurus masalah-masalah bisnis. Cara sukses Richard Branson terkait dengan hal ini adalah dengan mencari kegiatan lain di luar ruangan.

Karena hal-hal positif seperti hobi, dianggap sebagai metode yang ampuh baginya untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Branson pun memiliki beragam hobi olahraga outdoor, seperti hiking, bersepeda, dan berselancar.

5. Bermimpi besar

cara sukses
Bermimpi besar cara sukses Richard Branson

Percuma kalau hidup tidak memiliki mimpi, karena mimpi bisa menjadi motivasi hidup untuk lebih bermakna lagi demi mewujudkannya. Seperti inilah cara sukses Richard Branson, yaitu memiliki impian yang sangat besar.

Hal itu terbukti kala dia baru berusia 20 tahunan. Saat itu ia berani untuk mendirikan perusahaan rekanamn Virgin Records.

Padahal langkahnya tersebut pernah mendapatkan cacian dari orang terdekatnya, termasuk keluarga, yang menilai bisnisnya gak bakal sukses.

Tapi, Branson tak memperdulikannya dan pantang menyerah. Bermodalkan komitmen terhadap mimpinya, kini Virgin Records telah berhasil mencetak artis-artis papan atas seperti Mariah Carey, David Bowie, hingga The Rolling Stones.

6. Belajar sambil menjalani hidup

cara sukses
Bermimpi besar cara sukses Richard Branson

Seperti yang diketahui, Richard Branson gak pernah mengambil kelas di universitas tertentu, bahkan dia di drop out dari sekolah saat masih kecil.

Tapi, dia yakin bahwa ilmu bisa didapat dari mana saja. Pengetahuan-pengetahuan yang diapatnya selama ini justru lebih banyak diraih dari pengalaman hidupnya.

Tapi, beruntung dia adalah seorang pembelajar yang cepat. Ketika terjadi masalah ia langsung memanfaatkan masalah tersebut sebagai materi belajar sekaligus alat yang memotivasinya untuk lebih sukses lagi.

7. Jangan takut mencoba hal-hal yang baru

cara sukses
Jangan takut mencoba hal-hal yang baru cara sukses Richard Branson

Mungkin ini kiat sukses yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang top dunia termasuk Richard Branson.

Branson diketahui sebagai pengusaha yang berani mengambil risiko. Buktinya, ketika dia hanya berfokus pada industri rekaman Virgin Records, tapi dia kemudian berani mengepakkan sayap ke industri penerbangan lewat Virgin Airways.

Ide-ide liar terus tumbuh di pikirannya, bahkan kini Virgin Group telah memiliki 400 perusahaan yang memiliki area bisnis berbeda-beda. Dia selalu menguji kemampuanya untuk keluar dari zona nyaman dan bersikap terbuka terhadap pemikiran-pemikiran baru. 

8. Biasakan untuk bahagia

Richard Branson enggan hidup di bawah tekanan bisnis terus-terusan. Meski kesibukannya hanya soal bisnis, ia tak melupakan untuk hidup lebih bahagia. Kebahagiaan bukan didapat setelah sukses, tapi ia menjadikan kebahagiaan sebagai pintu kesuksesan.

Ketika orang-orang sukses lainnya lebih banyak mendedikasikan hidupnya untuk bisnis, Branson justru merutinkan diri untuk liburan atau sekedar bersenang-senang. Karena dengan bahagia ia mengaku bisa hidup lebih sehat dan lebih mudah meraih kesuksesan.

Itu tadi 8 prinsip atau cara sukses yang dipegang teguh oleh bos Virgin Group, Richard Branson. Semoga saja bisa memotivasi kamu untuk lebih sukses lagi ya! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.