Tips Cepat Dapat Pekerjaan Baru Usai Kena PHK, Wajib Kamu Coba Nih!

3 menit
Jangan bersedih! Begini cara mudah cari kerja usai kena PHK (Shutterstock).
Jangan bersedih! Begini cara mudah cari kerja usai kena PHK (Shutterstock).

Cari kerja bagi sebagian orang cukup sulit. Apalagi kalau mereka baru saja kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Terlebih identitas sangatlah terkait dengan pekerjaan. Kehilangan pekerjaan sama dengan menghancurkan identitas diri sendiri yang telah dibangun cukup lama.

Dilansir pada laman Thrive, penelitian Jennie E. Brand, Ph.D., profesor sosiologi dan statistik di U.C.L.A, membuktikan adanya dampak negatif dari kehilangan pekerjaan selama 15 tahun terakhir. Salah satunya seperti penurunan kesejahteraan psikologis dan fisik, bahkan mencakup juga kehidupan sosial serta keharmonisan keluarga.

Gak jarang pula, anak yang menjadi korban PHK ini mengalami gangguan emosional. Gak cuma itu saja, penurunan prestasi dalam pendidikan juga kerap kali terjadi. Hal yang paling menjadi ketakutan adalah ketika mereka yang baru saja kena PHK gak bisa melanjutkan hidup atau mengurus diri sendiri. Padahal mereka memiliki keluarga, anak dan istri yang kehidupannya tetap berlanjut.

Bagaimana caranya mengembalikan kepercayaan diri setelah PHK agar kembali mendapatkan pekerjaan baru? Atau malah pekerjaan yang jauh lebih baik lagi. Berikut tips yang dapat dilakukan.

Baca juga: Gak Pengin Mengalami Burn Out dalam Bekerja? Begini Caranya Menyeimbangkan Hidup dan Berkarier

1. Menenangkan diri sejenak

Cari kerja
Menenangkan diri sejenak (Shutterstock).

Gak usah terburu-buru atau ngoyo pengin kembali bekerja. Meski tuntutan hidup terus merongrong, gak ada salahnya kamu menenangkan diri sejenak. Gak lama kok, sampai kamu merasa siap kembali bekerja.

Rapikan surat lamaran kerja, kembali aktif di situs pencari kerja dan mulai melamar satu-satu, niscaya kamu gak bakalan menganggur lama. Kalau terus menerus meratapi nasib ya gak bakalan ada pekerjaan yang datang menghampiri kamu.

2. Terus bersyukur

Cari kerja
Terus bersyukur (Shutterstock).

Meski kamu baru saja kena PHK, jangan lupa tetap bersyukur. Kenapa? karena Tuhan gak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan umatNya. Siapa tahu karena PHK kamu akan menemukan pekerjaan yang selama ini diidamkan, atau bahkan mendapat tawaran jauh lebih baik.

Pengalaman yang kamu dapat dari pekerjaan tersebut akan mempermudahkan kamu mendapatkan pekerjaan baru yang ada. Selain itu, bersyukur juga dapat membuat kamu tidak terlalu larut dalam kesedihan karena baru saja kehilangan pekerjaan.

Baca juga: Mengenal Sistem Kerja Outsourcing dan 3 Hal yang Harus Kamu Ketahui Ini

3. Buat daftar keahlian

Cari kerja
Buat daftar keahlian (Shutterstock).

Ketika kembali mengoprek surat lamaran dan data diri, jangan lupa buat daftar keahlianmu. Catat semua pencapaian yang berhasil kamu raih selama bekerja. Percayalah, ini akan memperkuat posisi kamu ke perusahaan selanjutnya yang akan dituju.

Setelah selesai, kamu bisa sebar CV tersebut ke beberapa rekanan, atau melalui aplikasi pencari kerja.

4. Belajar hal baru

Cari kerja
Belajar hal baru (Shutterstock).

Gak selamanya kena PHK itu buruk kok! Meski memang menyedihkan, kamu jadi punya pengalaman baru bisa merasakan situasi gak mengenakan tersebut. Kamu juga bisa mempelajari hal baru dan menarik baik di dalam maupun luar bidang keahlianmu.

Teruslah mengasah kemampuan demi mendapatkan pengetahuan baru yang nantinya membuatmu unggul dibanding pelamar lain. Selain itu, ini tentunya akan menjadi bahan perhitungan bagi perusahaan tersebut untuk mempekerjakan kamu dibanding kandidat lain yang ada.

5. Gunakan koneksi yang ada

Cari kerja
Gunakan koneksi pertemananmu untuk mencari pekerjaan (Shutterstock).

Dari pengalaman pekerjaan terdahulu, kamu pasti memiliki koneksi. Gunakanlah koneksi yang ada tersebut untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Gak usah malu apalagi sungkan, biasanya dengan koneksi tersebut jauh lebih cepat ketimbang kamu mencari lowongan sendiri.

Jangan ragu untuk memberi tahu kolega jika saat ini kamu tengah membutuhkan pekerjaan baru. Peluangmu untuk dapat diterima kemungkinan lebih besar karena telah mendapatkan rekomendasi dari koneksimu tersebut.

Nah itu tadi lima tips cari kerja usai kena PHK yang bisa kamu terapkan. Gak sulit kok asal kamu mau berusaha dan gak terpuruk pada keadaan. Bersedih gak akan mendatangkan pekerjaan lho! Sebaliknya, kalau kamu tetap optimis, masa pengangguran kamu gak bakalan terasa panjang! Semangat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan