Cari Kerja Tanpa Ngantor? Lamar Aja di 7 Situs Lowongan Freelance Ini

4 menit

Keberadaan situs lowongan kerja sangat berguna buat kamu yang lagi cari sumber penghasilan. Mulai dari fresh graduate sampai karyawan kantoran, pasti merasa terbantu dengan adanya situs lowongan kerja.

Gak kaya zaman dulu yang harus print CV dan kirim sana-sini, sekarang tinggal update profile atau upload CV dan portofolio. Data kita sudah masuk tim HR perusahaan terkait. Sekalipun udah kerja, gak sedikit orang yang masih mantengin situs lowongan kerja. Biasanya sih mereka adalah para pencari pekerjaan freelance demi dompet yang makin tebal.

Kalau kamu adalah salah satunya, ada banyak nih situs lowongan kerja freelance yang cocok buatmu. Coba cek satu-satu, siapa tahu ada yang bisa jadi sumber penghasilan baru yang memuaskan buatmu.

1. Fastwork

situs lowongan kerja
(Image: fastwork)

Fastwork merupakan situs untuk mencari freelance dari berbagai industri kreatif. Walau masih dalam versi beta, kamu sudah bisa  membuat akun dan mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan yang kamu punya.

Pemberi maupun pencari kerja di Fastwork tidak dikenakan biaya tambahan dalam menikmati fasilitas Fastwork. Meski begitu, pekerja freelancer akan mendapat fee yang telah dikurangi 17 persen sebagai biaya layanan. Jika fee yang didapatkan dikenakan pajak oleh pemberi pekerjaan, maka jasa layanan akan dihitung dari 97 persen yang diterima oleh freelancer.

Fastwork bekerja sama dengan berbagai perusahaan kecil menengah dan bisnis startup yang akan menjadi calon pelangganmu.

2. Linkedin Jobs

situs lowongan kerja
(Image: Ansacareer)

Kamu mungkin udah gak asing dengan Linkedin. Jejaring sosial satu ini khusus diperuntukan untuk pengguna profesional. Tujuannya untuk memperkenalkan diri ke calon kolega atau perusahaan dan sebaliknya. Di situs ini, kamu gak hanya bisa memajang profil diri secara profesional tapi juga mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Linkedin punya fitur Linkedin Jobs yang menawarkan lebih dari 360 ribu lowongan pekerjaan freelance. Jika kamu sudah punya akun Linkedin, kamu bisa melamar langsung menggunakan profile Linkedin-mu atau melamar melalui situs resmi perusahaan yang dituju.

3. Freelancer

situs lowongan kerja
(Image: freelancer)

Freelancer mencoba memfasilitasi para pemilik bisnis yang membutuhkan pekerja untuk membantu menyelesaikan proyek yang dimilikinya. Sebagai pekerja lepas, kamu bisa mengambil beberapa penawaran sekaligus. Nantinya, pemilik proyek akan menelusuri profile para pekerja yang mendaftar dan memilih yang sesuai dengan kriteria yang mereka miliki.

Jika ingin mulai hunting pekerjaan di situs ini, pastikan kamu telah melengkapi halaman profil dengan benar plus portofolio yang menarik. Freelancer juga memiliki halaman Pameran yang diperuntukkan khusus buat kamu yang ingin “pamer” karya sebagai daya tarik bagi pemberi pekerjaan.

4. Sribulancer

situs lowongan kerja
(Image: dailysocial)

Serupa tapi tak sama dengan Freelancer. Sribulancer juga mempertemukan klien atau pemilik bisnis dengan pekerja lepas. Beberapa jenis pekerjaan yang bisa ditemukan di Sribulancer terdapat dalam 8 kategori, antara lain:

– Website dan Pengembangan

– Pengembangan Aplikasi Mobile

– Penulisan

– Desain dan Multimedia

– Bisnis dan Pemasaran Online

– Entri Data

– Penerjemahan

– Konsultasi Hukum

Jika kamu mendapatkan penawaran pekerjaan dan berhasil menyelesaikannya. Kamu dapat mencairkan fee yang kamu miliki menggunakan sistem EveryDay Payout yang bisa diajukan kapan pun atau sesuai tanggal cut off yang telah ditentukan. Pembayaran ini akan dikirimkan melalui rekening aktif yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

Sribulancer mengenakan biaya komisi 10 persen dari total penawaran yang diterima freelancer. Sebagai informasi, biaya transaksi pengiriman komisi dari Sribulancer akan ditanggung oleh freelancer terkait.

5. StudentJob

situs lowongan kerja
(Image: techinasia)

Student Job adalah portal pencarian pekerjaan para pelajar hingga fresh graduate yang ingin mencari pekerjaan part time, magang, freelance, volunteer ataupun full time. Sebagai jaringan komunitas pelajar, Student Job juga rutin mengadakan kegiatan bulanan seperti Student Coach.

Penggunaan situs ini cukup sederhana. Para pelajar yang ingin menjadi pekerja lepas hanya perlu melengkapi data diri dan melamar pada pekerjaan yang diminati.

6. Ruangguru

situs lowongan kerja
(Image: KompasTekno)

Kamu seorang guru dan ingin mendapat penghasilan tambahan? Ruangguru adalah tempat yang tepat.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Ruangguru bekerja sama dengan lebih dari 80 persen pemerintahan provinsi di Indonesia untuk memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS).

Sebagai guru lepas, nantinya kamu dapat mengelola kelas secara digital dan memberikan tugas maupun pengarahan secara online. Kamu juga bisa menggunakan bahan atau materi ajar yang telah disiapkan oleh Ruangguru maupun guru lainnya.

7. iWriter

situs lowongan kerja
(Image: reviewsboss)

Mau menulis artikel dibayar dolar? Silakan kunjungi iWriter. Situs lowongan kerja ini mempertemukan para penulis dengan orang yang membutuhkan konten artikel.

Pembayaran yang kamu terima tergantung pada status levelmu sebagai pekerja lepas di situs tersebut. Misalnya, saat baru daftar kamu akan berada di level Standard dengan tarif artikel mulai dari $ 1.40 per 150 kata.

Sedangkan kamu yang sudah memiliki reputasi yang bagus dan berada di level tertinggi yaitu Elite Plus, tiap artikelmu akan dihargai senilai $13 dolar per 150 kata.

Sekarang udah tahu kan situs lowongan kerja freelance yang perlu kamu kunjungi? Yuk segera daftar dan update profilemu semenarik mungkin biar banjir tawaran pekerjaan. Selamat mencoba!

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan