Mau Usaha Sampingan? Ini 5 Cara Untuk Mendapatkan Modal Usaha

4 menit
Modal usaha kadang dijadikan sebagai penghambat orang untuk membuka bisnis (Shutterstock).
Modal usaha kadang dijadikan sebagai penghambat orang untuk membuka bisnis.

Modal usaha kadang sering dijadikan faktor penghambat orang untuk berani membuka bisnis sendiri. Karena berpikiran bahwa modal yang besar adalah kunci keberhasilan.

Memang sih, dengan modal besar kalian bisa mengembangkan usaha dengan lebih maksimal lagi. Tapi dengan modal kecil juga bisa kok, asalkan digunakan dengan tepat dan efisien.

Kelemahannya modal kecil, kita bingung seandainya ingin berinovasi lebih, harus menunggu modal untuk bisa mengeksekusinya. Sementara kalau memiliki modal besar, gak perlu pikir-pikir lagi deh.

Namun, dari terlepas dari modal kecil atau modal besar, banyak juga yang bingung gimana caranya dapatkan modal usaha. Apalagi cuman usaha sampingan yang dijalankan kalau ada waktu luang saja. Untuk menjawab keraguanmu itu, simak dulu, beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha sampingan dikutip dari Qerja.com.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kebiasaan Buruk Ini Menjadi Penyebab Munculnya Utang Lho

1. Dari tabungan

Modal usaha dari tabungan
Tabungan bisa dijadikan modal (Shutterstock).

Sesuai namanya, usaha sampingan hanyalah proyek waktu luang saja untuk menambah pundi-pundi pendapatan. Biasanya dijalankan oleh ibu rumah tangga, atau pekerja kantoran yang sudah memiliki pendapatan tetap setiap bulannya.

Nah bagi mereka, modal untuk membuka usaha sampingan bisa dimulai dari mengerahkan duit tabungan.

Caranya, sisihkan berapa persen gajimu untuk pos usaha. Lalu kalau sudah terkumpul banyak, tinggal mulai deh usahanya. Tapi kelemahannya untuk metode ini, kamu harus menunggu lama hingga uangnya mencukupi untuk modal usaha. Sementara keuntungannya, kamu gak memiliki tanggungan ke pihak lain karena bukan modal pinjaman.

2. Menjual atau menggadaikan harta pribadi

Modal usaha Menjual atau menggadaikan harta pribadi
Menjual atau menggadaikan harta pribadi (Shutterstock).

Membuka usaha sampingan bukanlah hal yang menyenangkan di awalnya. Kalian harus susah payah dan bekerja keras untuk mengembangkannya. Gak heran kalau terkadang kamu harus mengorbankan segalanya, mulai dari waktu sampai harta.

Dalam mencari modal usaha misalnya, kalau kamu gak ada tabungan, tapi berkeinginan keras untuk menjalankan bisnis apapun pasti bakal dilakukan. Cara alternatif tercepatnya untuk mendapatkan modal yang cukup adalah dengan menjual barang-barang berharga atau menggadaikannya. Barang berharga bisa berupa perhiasan, alat elektronik, kendaraan atau lain-lainnya.

Karena cara ini diraih dengang mengorbankan aset berharga, maka kamu harus pergunakan uangnya seefisien mungkin untuk modal usaha.

Baca juga: Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Cocok Untuk Orang Introvert, Kamu Tertarik?

3. Ajak rekan bisnis

Modal usaha Ajak rekan bisnis
Ajak rekan bisnis (Shutterstock).

Kalau kamu kekurangan modal usaha, bisa ajak temanmu untuk bergabung. Jadikan dia rekan bisnis yang sama-sama saling menguntungkan. Carilah teman yang memiliki minat dan selera yang sama agar dapat menjalankan usaha secara bersama-sama dan selaras.

Tawarkan dia keuntungan yang menjanjikan, misalnya sebagai investor dengan sistem mendapatkan keuntungan beberapa persen. Atau bisa juga dengan meminta dia untuk ikut terjun langsung menjalankan usaha dengan sistem bagi hasil.

4.  Pinjam uang ke keluarga atau teman

Modal usaha Pinjam uang ke keluarga atau teman
Pinjam uang ke keluarga atau teman (Shutterstock).

Pinjam jadi salah satu metode yang paling sering digunakan oleh pengusaha untuk mencari modal usaha. Hal ini dilakukan ketika tabunganmu tidak mencukupi, atau aset yang kamu miliki gak cukup berharga untuk dijual.

Biasanya meminjam ke bank adalah pilihan utama, karena kalian bisa mendapatkan jumlah uang yang banyak. Tapi risiko bunga harus kamu tanggung.

Untuk usaha sampingan sih, kayaknya lebih cocok untuk pinjam ke keluarga atau teman saja deh. Hubungan kekerabatan ini bisa menguntungkan kamu mendapatkan modal dengan cepat. Kamu tinggal jelaskan saja usaha sampingan apa yang ingin kamu jalankan.

Kalau positif, mereka pasti bakal meminjamkannya. Tapi, tetap saja, jangan lupa untuk membayar tepat waktu sesuai dengan perjanjian yang kamu buat. Hati-hati pula hubungan kamu jadi rusak cuma gara-gara telat bayar.

Baca juga: Menelisik Lebih Jauh Keuntungan Apple Card, Kartu Kredit yang Ditanam pada iPhone

5. Modal dari konsumen

Modal usaha dari konsumen
Modal dari konsumen (Shutterstock).

Beberapa bisnis sampingan kadang gak memerlukan modal usaha yang besar kok. Seperti misalnya, jasa katering, atau jasa pembuatan kue.

Kalau kamu salah satu orang yang terjun ke bisnis itu, gunakan saja pembayaran konsumenmu sebagai modal. Kamu buat sistem bayar di awal untuk setiap pesanan yang masuk. Nah dari pembayaran itu, bisa kamu jadikan modal untuk membuat pesanan mereka.

Terserah kamu, bisa dengan meminta pembayaran full di awal, atau pembayaran setengah-setengah dan dilunasi ketika pemesanan. Dengan begitu keuntunganmu bisa terus diputar untuk modal.

Sebenarnya ada satu cara lagi untuk bisa mendapatkan modal usaha, yaitu dengan cara crowdfunding atau menghimpun dana dari masyarakat. Tapi sepertinya kalau untuk usaha sampingan kamu gak perlu metode itu deh, kecuali usaha sampinganmu berskala besar seperti membuka kafe, restoran, atau membuka butik. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.