Cari Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan? Pilih yang Mainstream

Bicara soal usaha yang menjanjikan di masa depan, kamu gak perlu melulu berimajinasi tentang bisnis yang cuma ada di waktu mendatang.

Alasannya, apa yang bakal happening di waktu mendatang belum tentu bisa diprediksi dari sekarang, kan?

Daripada bicara sesuatu yang abstrak, kenapa gak coba lakoni yang mainstream aja dulu? Soalnya, bisnis mainstream udah terbukti hasilnya.

Soal usaha yang menjanjikan di masa depan, beberapa sektor bisnis ini udah terbukti banget selalu laku dari masa ke masa.

[Baca: Ide Bisnis Ini Masih Jarang di Indonesia Padahal Banyak Dicari]

1. Bisnis kuliner

usaha yang menjanjikan di masa depan
Gak salah kalau ayam goreng Sabana laku terus. Rasanya hampir ngalah-ngalahin KFC. (openrice)

Bisnis kuliner gak pernah ada matinya karena semua manusia butuh makan, kan? Yap! Makanan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia, yaitu “pangan”.

Oleh sebab itu, gerai-gerai makanan bakal selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi kalau kamu jago meracik masakan yang lezat. Sajian kamu bakal laku dan tetap hadir dari masa ke masa.

Contoh, gerai-gerai makanan yang udah ada dari masa ke masa tetapi tetap laku adalah KFC. Gerai ayam goreng tersebut hadir sejak tahun 1930.

Kemudian, di Indonesia terdapat Restoran Trio di Gondangdia, Jakarta yang berdiri sejak tahun 1947. Padahal restoran Trio tersebut bukanlah restoran mewah, lho! Tampilannya sederhana banget dari luar.

2. Bisnis fashion

usaha masa depan cerah
Bisnis pakaian gak ada matinya (qz)

Usaha yang menjanjikan di masa depan gak jauh-jauh dari pakaian. Salah satu alasannya tentu aja, pakaian menjadi kebutuhan dasar manusia sekaligus pula prestise.

Buat kamu yang pengin dapat penghasilan tetap, berkecimpung di usaha fashion bisa kamu coba. Yang penting kamu harus mampu memproduksi atau memilih model-model yang sesuai zaman. Dengan begitu, toko kamu bakal terus-menerus punya pelanggan setia.

Beberapa lini fashion yang udah hadir dari sejak ratusan tahun silam, antara lain Chanel dan Levi’s.

3. Jual-beli atau sewa properti

usaha terbaik sepanjang masa
Bisa jual-beli atau sewa properti (vincenthuberta)

Percayalah bahwa bisnis properti gak bakal suram. Lagi-lagi alasannya karena properti menjadi bagian dari kebutuhan dasar setiap orang.

Gak heran, harga properti terus-menerus merangkak naik dalam hitungan tahun. Jadi, buat kamu yang pengin tetap menghasilkan uang dari tahun ke tahun, bisnis properti adalah jawabannya.

Kamu bisa coba berinvestasi properti yang nantinya kamu jual atau sewakan di masa mendatang.

[Baca: Bisnis Properti, 5 Artis Indonesia Ini Makin Tajir Melintir!]

Harga properti diprediksi selalu berada di atas nilai inflasi. Rata-rata inflasi per tahun adalah 3 persen, sementara harga properti hampir selalu naik di atas angka 8 persen hingga 10 persen per tahun.

4. Usaha pangkas rambut atau salon

peluang usaha menjanjikan dengan modal minim
Jokowi aja pangkas rambut di barbershop kekinian (Kompas)

Selain usaha-usaha yang cukup “berat”, nyatanya usaha yang simpel seperti pangkas rambut dan salon juga selalu dibutuhkan.

Hampir setiap orang butuh potong rambut atau sekaligus merawat rambutnya. Maka dari itu, gak heran kalau pangkas rambut buat para pria yang dulunya cuma sekadar cukur, kini malah sedikit bergeser.

Kamu pasti udah ngeh kalau barber shop modern kini makin menjamur, kan? Pemilihan desain interior, jasa, dan produk yang ditawarkan beragam sehingga pelanggan juga lebih nyaman.

[Baca: 3 Peluang Bisnis yang Lagi Trend Tapi Dulunya Biasa Aja]

5. Bisnis kesehatan

ide bisnis masa depan
Bangun apotek misalnya? (techinasia)

Ini dia yang gak perlu ketinggalan dari masa ke masa, yaitu kebutuhan akan kesehatan. Bisnis di bidang kesehatan ini pun cukup beragam.

Kamu bisa coba membuka apotek atau layanan kesehatan. Tentu syaratnya pun gak segampang usaha-usaha lainnya.

Meski gak segampang usaha lainnya, membuka apotek ataupun layanan kesehatan seperti rumah sakit atau klinik hampir dipastikan bakal laku. Bahkan, bila kamu membukanya di daerah yang kurang strategis sekalipun.

Malah dengan adanya apotek atau rumah sakit di daerah tertentu menjadikan daerah itu kawasan strategis.

Selain menawarkan fasilitas kesehatan, kamu bisa coba buka beberapa usaha yang terkait dengan gaya hidup sehat. Contoh, menawarkan katering sehat, ataupun pusat kebugaran dan sebagainya.

6. Usaha di bidang pendidikan

usaha yg menjanjikan untung besar
Buka kursus musik (yamaha)

Usaha di bidang pendidikan pun jadi salah satu usaha yang menjanjikan di masa depan. Prospeknya bakal tetap cerah karena setiap orang bakal tetap butuh ilmu.

Usaha di bidang ini pun sangat beragam sehingga kamu cukup leluasa buat memilih. Bila kamu punya skill, kamu bisa menawarkan jasa privat ataupun kursus.

Bahkan, meski kamu gak punya skill di bidang tertentu, kamu bisa kucurkan dana buat membuka kursus atau lembaga pendidikan tertentu. Pastikan kamu memilih pengajar-pengajar andal agar usaha kamu bakal berjaya.

[Baca: 7 Peluang Bisnis yang Bakal Laris Selama Musim Pilkada 2018]

Dari keenam pilihan di atas, mana usaha yang paling menarik buat kamu coba? Yang pasti, bidang usaha yang telah disebutkan tadi merupakan usaha yang menjanjikan di masa depan karena telah teruji.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560