Beneran Hemat! Ini 6 Cara Mudah Cek Mobil Mitsubishi Kamu Sebelum Mudik

5 menit
mobil mitsubishi
Pemeriksaan rutin di dealer resmi Mitsubishi. (Mitsubishi-motors.co.id)

Gak kerasa ibadah puasa tahun ini udah memasuki pekan ketiga, dan biasanya mulai banyak orang yang cari-cari tips cek mobil sebelum mudik. Ya, karena Lebaran udah tinggal minggu depan, jadi minggu ini jadi saat-saat terakhir buat mulai memeriksa kondisi dan kelengkapan mobil Mitsubishi kamu.

Kita tahu, mobil adalah salah satu kendaraan paling nyaman buat mudik. Sebab, dengan mudik pakai mobil, kita bisa atur waktu keberangkatan kita sesuka hati, demikian juga dengan waktu istirahat kita di perjalanan.

Udah gitu, mobil bisa kita pakai sekalian buat silaturahmi dan liburan di kampung halaman. Makannya, mobil kamu harus dalam kondisi prima ketika dibawa mudik. Soalnya, kalau rewel dan ngadat di perjalanan, yang ada kamu repot dan harus keluar biaya ekstra untuk perbaikan yang sebenarnya gak perlu.

Nah, mumpung belum mepet banget nih, yuk mulai cek mobil kamu. Bingung mau mulai dari mana? Ikutin aja deh panduan hemat cek mobil Mitsubishi berikut ini.

1. General Check Up

mobil mitsubishi
Free general check up. (Mitsubishi-motors.co.id)

Langkah pertama untuk melakukan pemeriksaan mobil Mitsubishi kamu adalah membawanya ke dealer service Mitsubishi Motors untuk menjalani general check up. Karena, buat mudik, kondisi mobil kamu harus dalam keadaan “bugar”. Hal ini perlu banget kamu lakukan kalau mobil kamu ini tergolong mobil yang capek, dalam artian terus dipakai tiap hari tanpa pernah punya waktu buat servis berkala.

Pada umumnya, pemeriksaan bakal dilakukan pada kaki-kaki, suspensi, rem, mesin, pengecekan visual, test drive, OBD. Kalau ada sesuatu yang gak beres dari hasil pengecekan, jadi bisa segera tahu apa yang harus diperbaiki atau di-replace dengan parts yang baru.

Tinggal duduk manis dan biarkan mekanik-mekanik berpengalaman Mitsubishi memeriksa mobil kamu. Siapa sih yang gak mau? Gratis lho!

2. Ganti spareparts mobil Mitsubishi kamu

mobil mitsubishi
Ganti parts mobil kamu. (Mitsubishi-motors.co.id)

Namanya mobil dipakai, pasti ada aja parts yang aus, rusak, dan perlu diganti. Nah, biasanya setelah general check up, kamu bisa tahu, mana aja parts yang perlu diganti.

Memang, kamu akan keluar bujet lebih dari sekedar ganti oli. Tapi, demi kelancaran dan keselamatan perjalanan mudik, kenapa gak dibela-belain buat ganti parts? Toh nanti yang menikmati kamu dan keluarga kamu juga kan?

Selain itu, mengganti parts juga bertujuan mencegah kerusakan lebih banyak. Soalnya, biasanya kerusakan pada satu parts bisa memicu kerusakan pada parts lainnya.

3. Cek oli di mobil kamu

mobil mitsubishi
Cek oli mesin dan oli-oli di bagian lain. (Mitsubishi-motors.co.id)

Pastikan oli mesin kamu dalam kondisi masih baik dan volumenya gak kurang dan gak lebih. Cara mengetahuinya gampang, tinggal cek ketinggian oli di tongkat pengukur oli. Jangan sampai ketinggiannya kurang atau lebih dari batas normal ya

Cek juga oli-oli lainnya seperti oli persneling, oli gardan, oli kopling, sampai oli power steering. Jangan sampai kurang, apalagi kosong. Sebab, oli berfungsi sebagai pelumas untuk mencegah terjadinya aus pada parts mobil kamu.

4. Cek bahan bakar

mobil mitsubishi
Cek bahan bakar. (Mitsubishi-motor.co.id)

Pergi mudik, apalagi ke tujuan yang jauh, bahan bakar harus mencukupi. Sebelum masuk jalur tol, upayakan buat isi bahan bakar dulu, meskipun memang di rest area biasanya tersedia juga SPBU.

Selain itu, jangan mentang-mentang perjalanan panjang, kamu pilih bahan bakar yang paling murah. Buat mobil Mitsubishi, seperti Xpander, Mirage, dan Outlander sebaiknya mengonsumsi bahan bakar yang oktannya RON 90, contohnya Pertalite. Sementara itu, buat Pajero Sport V6, disarankan pakai yang RON 95.

Memang, bujet yang kamu keluarkan sedikit lebih besar ketimbang beli bahan bakar beroktan rendah. Tapi, bahan bakar yang sesuai bakal membuat pembakaran di mesin sempurna dan mesin lebih awet. Kalau nekat pakai yang oktan rendah, bisa-bisa mesin cepat rusak dan kamu kudu keluar biaya buat servis.

5. Cek rem

mobil mitsubishi
Cek rem. (Mitsubishi-motors.co.id)

Selanjutnya, kamu harus cek sistem pengereman mobil Mitsubishi kamu. Pemakaian sehari-hari yang rutin bakal mengikis kampas alias bantalan rem. Apalagi kalau roda mobil kamu sering terendam genangan air. Kalau gak segera dicek, kampas bisa macet yang membuat putaran roda tertahan.

Nah, kalau mudik, rem kamu akan kerja berat karena jarak perjalanan yang jauh dan banyak menemui titik kemacetan. Belum lagi kalau jalur yang dilalui naik dan turun, rem bolak-balik kerja ekstra keras. Jadi, pastikan kamu cek bagian ini demi keselamatan. Bingung gimana cara ceknya? Bawa aja ke dealer Mitsubishi Motors yang menyediakan layanan Sales, Service, Spareparts.

6. Bersihkan kabin kendaraan

mobil mitsubishi
Periksa dan bersihkan kabin. (Mitsubishi-motors.co.id)

Selama perjalanan mudik, kamu dan keluarga bakal menghabiskan hampir seluruh waktumu di dalam kabin mobil. Paling-paling sesekali keluar buat turun di rest area, atau beristirahat di warung makan.

Karena itu, kondisi kabin kamu harus benar-benar dibersihkan dan dikondisikan sedemikian rupa biar nyaman. Apalagi kalau mobil kamu dipakai buat harian beraktivitas, seperti bekerja dan berbisnis. Jangan sampai, bau apek masih ada di dalam mobil saat dibawa mudik.

Pengin hemat bujet cek kendaraan buat mudik? Manfaatkan program “Lebaran Care Campaign” yuk!

mobil mitsubishi
Lebaran Care Campaign Mitsubishi. (Mitsubishi-motors.co.id)

Kalau ngomongin soal langkah-langkah periksa mobil Mitsubishi kamu sebelum mudik, udah pasti kamu kebayang biaya yang harus dikeluarkan kan? Kamu pasti mau biaya yang dikeluarkan gak mengurangi bujet Lebaran kamu buat di kampung.

Makannya, kebetulan nih, dalam rangka menyambut Idul Fitri, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia mengadakan program “Lebaran Care Campaign” dengan periode 15 Mei hingga 15 Juni 2019 di seluruh dealer resmi Mitsubishi Motors dengan layanan 3S (Sales, Service, Spareparts) di Indonesia. Lewat program ini, Mitsubishi menawarkan berbagai layanan servis untuk memudahkan konsumen yang mudik Lebaran.

Apa aja programnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Free General Check-up

PT MMKSI bekerjasama dengan dealer resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors memberikan penawaran menarik berupa Free general check-up kendaraan Mitsubishi selama periode kampanye berlangsung.

Harga khusus Parts Lebaran Care Campaign

a. Engine Care Package

Yang pertama adalah memberikan diskon 15% untuk dua paket perawatan Engine Care Package. Nah, detail paket perawatannya sebagai berikut.

Type Standard

Kalau pilih paket ini, kamu bakal dapat paket perawatan mesin yang meliputi engine oil, oil filter, dan gasket.

Type Plus

Paket ini meliputi engine oil, oil filter, gasket, element oil cleaner, fuel system cleaner, longlife coolant, dan engine flush.

Potongan Engine Care Package ini gak berlaku untuk Mitsubishi Xpander dan Triton. Lho kok? Sebab, fasilitas ini udah dikasih gratis buat kamu yang membeli dua jenis mobil itu.

b. Safety Care Package

Nah, buat yang mau ngecek sistem pengereman, lagi ada potongan harga 15% untuk Safety Care Package nih. Rincian paketnya sebagai berikut.

Type Standard

Kamu bakal dapat penggantian brake pad, brake cleaner, dan brake fluid.

Type Plus

Kamu akan mendapatkan brake pad, brake shoe brake cleaner, dan brake fluid.  

Promo ini berlaku untuk kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga ringan Mitsubishi.

c. Cabin Care Package

Buat kamu yang merasa kabin mobil kamu butuh segera dibenahi buat mudik, mumpung lagi ada promo untuk Cabin Care Package, yuk langsung bawa mobil Mitsubishi kamu ke Posko Siaga Mitsubishi.

Kamu akan dapat potongan 15% untuk pembelian Anti-bacterial, Evaporator Cleaner, dan AC Filter. Oh iya program Cabin Care Package ini hanya berlaku di Posko Siaga Mitsubishi ya.

Selain itu banyak promo menarik lainnya seperti voucher, diskon, hingga souvenir yang diberikan selama promo campaign ini. Ingin tahu lebih lengkapnya, silahkan mengunjungi link ini.

Gimana? Yuk, selagi masih ada promo-promonya, buruan bawa mobil Mitsubishi kamu ke bengkel resmi terdekat atau Posko Siaga Mitsubishi. Mudik gak was-was, kantong pun aman!

Money Smart
Money Smart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.