Berapa Besaran Tagihan PBB Tahun Ini? Lakukan Cek Online dengan Cara Berikut Ini

4 menit
cek pbb online
Cara cek PBB online. (Tempo)

Tanpa perlu datang ke unit layanan pajak daerah di kota kamu tinggal, kamu bisa lakukan cek PBB online lho. Ya, walaupun biasanya kita dikirimi Surat Pemberitahuan Pajak Terutang atau SPPT, ternyata kamu juga bisa kok mengecek PBB sendiri.

Sekarang ini ada beberapa pemerintah kota ataupun daerah yang memberi kemudahan bagi pemilik tanah dan bangunan buat mencari tahu berapa besaran PBB yang wajib dibayarkan. Dengan difasilitasinya cek PBB online, masyarakat gak lagi kesulitan dalam mengakses informasi PBB.

Penasaran gimana caranya cek PBB daring alias online ini? Berikut ini Moneysmart udah bikin rangkumannya buat kamu. Silakan dicek.

Baca juga: Ini Lho Cara Cepat Bayar Pajak dan Lapor SPT dengan DJP Online

Cara cek PBB online di Jakarta

cek pbb online
Cek pajak bumi dan bangunan buat warga Jakarta.

Provinsi DKI Jakarta termasuk salah satu provinsi yang menyediakan fasilitas cek PBB online (daring). Di Jakarta, pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan menjadi kewenangan Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta.

Lalu, gimana caranya cek PBB online khusus yang ber-KTP Jakarta? Kamu cukup membuka bprd.jakarta.go.id/pencarian-sppt-pbb/ maka besaran PBB yang dibayar bisa diketahui.

Baca juga: Bayar Pajak Zaman Now Pakai e-Billing Aja, Begini Cara Pakai Kompletnya!

Cara cek PBB daring di Kota Bekasi

cek pbb online
Buat warga Bekasi, pakai aplikasi ipbb.

Kalau di Kota Bekasi, pemungutan PBB menjadi kewenangan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi. Fasilitas pengecekan yang disediakan Kota Bekasi bukan lewat website, melainkan melalui aplikasi yang bisa di-download dari Play Store.

Buat kamu yang menggunakan smartphone berbasis Android, lakukan cek PBB daring dengan men-download Info Pajak PBB Kota Bekasi. Di aplikasi tersebut kamu bisa mengetahui informasi objek pajak dan besaran tunggakan pajak.

Baca juga: Gak Pakai Ribet, Gini Cara Bayar Pajak Motor Online yang Praktis

Cara cek PBB online di Kota Bogor

cek pbb online
Khusus buat warga Bogor.

Di Kota Bogor, layanan cek PBB daring disediakan oleh Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Kota Bogor. Kamu yang berdomisili di Kota Bogor bisa melakukan pengecekan PBB dengan men-download aplikasi iPBB di Play Store.

Setelah download aplikasi tersebut, kamu cuma perlu memasukkan nomor objek pajak atau NOP. Nanti, informasi tagihan PBB yang kamu bayar bakal ditampilkan.

Baca juga: Belum Pernah Bayar Pajak Mobil Secara Online? Gini Caranya, Mudah Banget!

Cara cek PBB online di Kabupaten Tangerang

cek pbb online
Aplikasi iPBB Kab. Tangerang.

Di Kabupaten Tangerang, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang meluncurkan beberapa cara cek PBB daring buat membantu masyarakatnya mengakses informasi seputar PBB. Apa aja cara-caranya?

Yang pertama adalah iPBB Kab. Tangerang yang bisa di-download lewat Play Store. Di aplikasi ini kamu bisa mengecek tagihan PBB yang mesti kamu bayarkan dengan memasukkan nomor objek pajak.

Kedua adalah aplikasi Sistem Informasi Cetak PBB Online Terpadu (Si Cepot). Dengan menggunakan aplikasi ini, Wajib Pajak bisa mencetak sendiri SPPT PBB miliknya.

Cara cek PBB online di Kota Depok

cek pbb online
Cek PBB buat warga Depok.

Kemudahan cek PBB daring juga bisa kamu dapatkan apabila berdomisili di Kota Depok. Badan Keuangan Daerah Kota Depok yang berwenang atas pemungutan PBB menyediakan informasi tagihan PBB di Pelayanan PBB dan BPHTB Bidang Pajak Daerah II.

Di layanan yang disediakan Kota Depok tersebut kamu cuma perlu memasukkan NOP. Nanti, informasi tagihan PBB bakal tersaji di hadapanmu.

Cara cek PBB online di Kota Surabaya

cek pbb online
Warga Surabaya bisa cek lewat sini.

Punya tanah dan bangunan di Kota Surabaya? Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah Surabaya menyediakan akses online nih buat kamu yang mau cek PBB daring.

Akses online cek PBB ini tersedia di pbb.bpkpd.surabaya.go.id/. Setelah membuka halaman website tersebut, pilih e-SPPT. Kemudian masukkan NIK sesuai e-KTP, Nomor Objek Pajak, dan kode captcha, lalu submit.

Selain cek online, kamu bisa bayar PBB online, begini caranya

cek pbb online
Cara bayar PBB online.

Gak cuma cek PBB daring aja yang disediakan fasilitasnya, kamu juga bisa melakukan pembayaran PBB secara online. Ada beberapa metode yang bisa digunakan, mulai dari bayar di ATM hingga internet banking.

Biasanya sih di SPPT yang kamu terima, ada informasi ke mana kamu bisa melakukan pembayaran PBB secara online. Khusus DKI Jakarta, ada beberapa bank yang bekerja sama dalam melayani pembayaran PBB online.

  1. BRI
  2. Bank DKI
  3. BCA
  4. Maybank
  5. Mandiri Syariah
  6. Mandiri
  7. BNI 46

Buat kamu yang pengin bayar PBB online di ATM, begini cara-cara yang bisa kamu lakukan.

  • Masukkan kartu debit atau ATM dan PIN.
  • Pilih menu Pembayaran.
  • Pilih menu Pajak/Penerimaan Negara.
  • Pilih menu PBB.
  • Masukkan Nomor Objek Pajak lalu pilih Tekan Jika Benar.
  • Masukkan Tahun Pajak SPPT kemudian pilih Tekan Jika Benar.
  • Kamu nantinya bakal diperlihatkan informasi tagihan PBB di layar.
  • Konfirmasi Ya seandainya benar.
  • Setelah itu, struk keluar sebagai tanda kamu udah membayar.

Nah, itu tadi cara-cara cek PBB online di beberapa kota atau kabupaten di Indonesia. Gimana nih, udah cek besaran tagihan PBB belum tahun ini? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!