Buat Nasabah Prudential, Begini Cara Mudah dan Cepat Cek Saldo di Polis Asuransi

5 menit
Cara Cek Polis Prudential yang Resmi dan Cepat (Shutterstock).

Sudah cek polis Prudential milikmu belum? Sebagai nasabah Prudential, kamu bisa tahu lho berapa nilai saldo dari premi Prudential yang dibayarkan tiap bulan.

Ada beberapa cara cek polis Prudential yang bisa kamu gunakan buat mengetahui seberapa besar saldo dari premi Prudential yang tiap bulan dibayarkan. Cara cek saldo ini tentu aja resmi, aman, dan mudah dilakukan sebab semuanya bisa diakses melalui handphone.

Pengin tahu apa aja cara-cara cek polis Prudential yang resmi dan gak ribet? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Cek saldo Prudential lewat HP sekaligus cek polis Prudential di nomor *141*85#

Cek Polis Prudential
Cek saldo melalui aplikasi (Shutterstock).

Cara mudah cek saldo Prudential lewat HP adalah dengan mengakses nomor *141*85#. Kombinasi nomor *141*85# adalah layanan PRUsms yang disediakan Prudential buat para nasabahnya.

Agar bisa cek saldo Prudential di nomor *141*85#, kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu Nomor Polis, sandi Telephone Identification Number (TIN), dan alamat email. Kalau semuanya udah siap, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah cara cek saldo Prudential berikut ini.

Cara cek saldo Prudential lewat HP di nomor *141*85#.

  1. Ketik *141*85# di handphone lalu akses layaknya menelepon.
  2. Masukkan angka 2 buat Informasi Khusus Polis lalu kirim.
  3. Masukkan angka 2 buat Saldo Unit lalu kirim.
  4. Masukkan Nomor Polis lalu kirim.
  5. Masukkan sandi TIN milikmu lalu kirim.
  6. Muncul notifikasi berapa saldo dalam polis Prudential milikmu. Informasi saldo tersebut juga dikirim Prudential melalui SMS.

Saat menggunakan layanan PRUsms, cukup banyak nasabah yang belum tahu gimana cara mendapatkan sandi Telephone Identification Number (TIN). Buat mendapatkan sandi TIN itu cukup mudah, kamu tinggal Customer Care Prudential di nomor 1500085.

Berikut ini adalah langkah-langkah permintaan sandi TIN buat akses PRUsms.

  1. Hubungi Customer Care Prudential di nomor (021) 1500085.
  2. Tekan angka 1 buat Bahasa Indonesia atau tekan angka 2 buat Bahasa Inggris.
  3. Tekan 1 buat Layanan Otomatis Interaktif.
  4. Tekan 1 buat Informasi Khusus Polis Anda.
  5. Tekan 1 buat Informasi TIN.
  6. Tekan 1 buat Permintaan TIN.
  7. Masukkan Nomor Polis kemudian ikuti langkah yang diminta selanjutnya.

Buat diperhatikan, layanan PRUsms ini mengharuskan nasabah menyediakan saldo yang cukup. Tanpa adanya ketersediaan saldo yang cukup buat telepon, nasabah gak bakal bisa mengakses nomor *141*85#.

Cek polis Prudential online dengan mengakses PRUacces

Cek Polis Prudential
Pru Access

Selain dengan mengakses nomor *141*85#, nasabah Prudential juga bisa cek polis Prudential secara online dengan mengakses PRUacces. Layanan PRUaccess adalah fasilitas online berbasis website ataupun aplikasi buat mendapat informasi polis dengan menggunakan user id dan password.

Melalui aplikasi PRUaccess, nasabah dapat memantau status pengajuan klaim dan dapat melakukan transaksi lewat e-Transaction, seperti:

  • Top-up premi.
  • Pengalihan dan penempatan dana investasi.
  • Fasilitas penghentian cuti premi.

Terus di aplikasi PRUaccess ini nasabah juga bisa cek polis sekaligus cek saldo Prudential secara online. Buat kamu yang belum punya akun PRUaccess, pendaftaran bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu daftar di website ataupun di aplikasi yang terpasang di smartphone.

Di bawah ini adalah langkah-langkah daftar akun PRUaccess lewat website.

  • Buka pruaccess.prudential.co.id.
  • Cari pilihan Daftar Sekarang.
  • Begitu berada di halaman PRUaccess Registration, masukkan data-data yang diminta lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga registrasi sukses.

Kalau kamu udah selesai mendaftar dan memiliki akun, tinggal login aja ke PRUaccess. Kemudian pilih menu Info Polis buat mengetahui seberapa besar saldo dari premi yang dibayarkan tiap bulannya.

Cek saldo Prudential lewat HP di Prudential Customer Line pada nomor 1500085

Cek Polis Prudential
Customer Service (Shutterstock).

Di Prudential Customer Line pada nomor 1500085, nasabah juga bisa melakukan cek polis Prudential sekaligus cek saldo Prudential. Prudential Customer Line tersedia dalam waktu 24 jam selama 7 hari pada layanan otomatis interaktif.

Cukup menghubungi Prudential Customer Line, nasabah dapat memperoleh informasi khusus polis, informasi umum pelayanan polis, informasi PRUflyers, informasi produk dan layanan terbaru, informasi pengajuan klaim, layanan transaksi melalui Customer Relations Officer, hingga informasi polis kerja sama dengan bank.

Layanan Prudential Customer Line 1500085 bisa dihubungi mulai dari pukul 07.00 – 19.00 pada hari Senin – Sabtu. Saat menggunakan layanan Prudential Customer Line, selalu pastikan buat menyiapkan:

  • Pulsa yang cukup.
  • Nomor Polis.
  • sandi Telephone Identification Number (TIN).

Bayar premi tepat waktu agar terhindar dari polis lapse, apa ya maksudnya?

Cek Polis Prudential
Premi Asuransi (Shutterstock).

Setiap nasabah asuransi, termasuk nasabah Prudential, punya kewajiban buat membayar premi secara rutin tiap bulan agar manfaat proteksi dari asuransi itu sendiri bisa dirasakan. Sebaliknya, membayar premi gak tepat waktu bisa membawa konsekuensi buruk bagi nasabah.

Konsekuensi buruk dari telat bayar atau gak bayar premi asuransi adalah terjadinya kondisi lapse (batal atau terhentinya masa efektif polis). Dengan kata lain, terjadinya lapse bisa mengakibatkan perlindungan terhadap tertanggung asuransi gak lagi aktif.

Pada asuransi unit link, terlambat bayar premi gak mengakibatkan terjadinya lapse. Sebab ketiadaan premi nantinya ditutupi dana investasi atau nilai tunai. Kalau terus-terusan terjadi, dana investasi lama-lama berkurang.

Kondisi ini dalam asuransi unit link dikenal dengan sebutan cuti premi. Namun, kondisi premi dapat terjadi kalau polis udah berumur lebih dari dua tahun.

Agar gak lagi lapse, lakukan pemulihan polis asuransi

Cek Polis Prudential
Formulir polis Asuransi

Selama nasabah membayar premi Prudential, kondisi lapse mustahil terjadi. Namun, kalau kondisi lapse terjadi, nasabah dapat melakukan pemulihan polis asuransi.

Pemulihan polis asuransi adalah proses mengaktifkan kembali polis asuransi yang berada dalam kondisi lapse. Di Prudential pemulihan polis asuransi bisa dilakukan pada kondisi lapse yang gak lebih dari 24 bulan atau 2 tahun.

Buat melakukan pemulihan polis asuransi yang berada dalam kondisi lapse, nasabah wajib mengisi dan menandatangani Formulir Pengajuan Pemulihan Polis. Kalau diperlukan, nasabah harus menjalani pemeriksaan kesehatan buat mengetahui kondisi kesehatan terkini.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, nasabah bisa aja gak dapat perlindungan yang sama seperti sebelumnya. Bahkan, premi yang wajib dibayarkan bisa lebih besar lho dari sebelumya.

Selain itu, nasabah juga harus melewati waiting period atau masa yang mana manfaat polis belum berlaku. Lamanya waiting period ini bervariasi mulai dari 30 hari – 90 hari, tergantung dari manfaat asuransi atau perlindungan yang dipilih.

Sebelum klaim asuransi Prudential, nasabah wajib perhatikan hal-hal ini

Cek Polis Prudential
Formulir klaim

Kalau bayar premi menjadi kewajiban, klaim asuransi menjadi hak nasabah atau pemegang polis asuransi. Banyak yang bilang klaim asuransi gak mudah alias susah. Sebenarnya, selama memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, pastinya lancar-lancar aja klaim asuransi.

Dalam klaim asuransi Prudential, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih.

  • Baca isi perjanjian polis. Kalau bingung, nasabah dapat bertanya ke Prudential Customer Line 1500085 atau langsung ke agen asuransi.
  • Pastikan risiko yang menjadi alasan melakukan klaim asuransi Prudential masuk cakupan yang tertulis dalam polis asuransi atau gak. Seandainya termasuk, segera siapkan persyaratan berupa dokumen dan administrasi buat klaim asuransi.

Begitu pengajuan klaim dari nasabah diterima, perusahaan asuransi bakal melakukan verifikasi data dengan cepat agar nantinya pengajuan klaim diproses dengan cepat. Baiknya nih hal-hal yang perlu diperhatikan itu seharusnya telah diketahui nasabah sebelum akhirnya setuju buat membayar premi asuransi yang dipilih.

Itu tadi informasi cara cek polis Prudential sekaligus cara cek saldo Prudential. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!