Orang Indonesia Doyan Ngemil, Ini 5 Camilan Favorit di 5 kota Besar

3 menit
Cemilan Favorit Orang Indonesia (Shutterstock)
Cemilan Favorit Orang Indonesia (Shutterstock)

Orang Indonesia adalah salah satu masyarakat yang paling gemar makan cemilan alias ngemil. 

Dalam laporan yang dilansir oleh Mondelez Internasional pada tahun 2017 dengan judul Snacking Habit Report: Indonesia, dikatakan bahwa satu dari tiga orang Indonesia mengkonsumsi camilan lebih dari tiga kali sehari. 

Mulai dari bubble tea, martabak hingga kopi susu. Ngemil tentunya adalah salah satu kebiasaan yang digemari oleh orang Indonesia.

Sebagai negara yang memiliki keragaman jenis makanan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, tentunya setiap daerah di Indonesia memiliki cemilan khas favoritnya masing-masing. 

Layanan pesan antar makanan online GrabFood mengungkapkan data yang menggambarkan tren ngemil di 5 kota besar di Indonesia. Diantaranya Bandung, Jakarta, Makassar, Medan dan Surabaya yang paling banyak dipesan konsumen.

1. Cemilan Favorit di Kota Bandung

Tidak mengejutkan kalau Brownies menjadi salah satu cemilan paling favorit di kota Bandung. Salah satu kota yang cukup terkenal dengan cita rasa brownies yang sangat lezat berada di kota ini. 

Selain itu, menariknya pempek, makanan khas Sumatera Selatan, juga menjadi salah satu pilihan favorit warga Bandung di waktu ngemil mereka. 

Demam bubble tea nyatanya juga terjadi di kota Bandung. Menjadikan bubble tea salah satu cemilan paling populer seperti brownies dan pempek.

2. Cemilan Favorit di Kota Jakarta

Warga Jakarta ternyata sangat menyukai makanan-makanan manis untuk menjadi cemilan mereka, salah satunya adalah es krim. 

Teriknya sinar matahari di ibu kota tampaknya menjadi alasan bagi para penduduk untuk mencari cemilan yang segar dan menyejukkan guna mengisi hari-hari mereka.

Roti mini dengan berbagai isi dan rasa atau yang lebih dikenal dengan roti unyil, menjadi cemilan yang juga populer di Jakarta. 

Jenisnya yang banyak dan beragam tentunya akan memberikan pengalaman ngemil yang tidak membosankan. Selain itu, minuman hits Jakarta yang tentunya tetap menjadi cemilan favorit ialah kopi susu. 

Aneka kedai kopi susu telah melanda Ibu Kota Jakarta sejak beberapa bulan terakhir ini. Kopi susu digandrungi banyak orang karena rasanya yang segar dan bisa dinikmati dalam setiap kesempatan.

3. Cemilan Favorit di Kota Makassar

Salah satu cemilan hits yang menjadi favorit warga Makassar tak lain dan tak bukan ialah jalangkote. 

Cemilan khas kota Makassar yang menyerupai kue pastel ini memiliki kulit yang lebih tipis dan biasa dihidangkan bersama sambal cair campuran cuka dan cabai. 

Selanjutnya ada bubble tea. Minuman dengan bola-bola tapioka asal Taiwan ini tidak perlu diragukan lagi telah menjadi cemilan favorit orang Indonesia. 

Selain bubble tea, ternyata warga Makassar cukup menyukai makanan-makanan manis seperti es krim. yang sangat nikmat disantap kala cuaca panas.

4. Cemilan Favorit di Kota Medan

Risoles, pastri berisi daging dan sayuran yang dibungkus dadar dan digoreng, ternyata juga cukup populer di kota Medan. Selain itu, bolu gulung, yang juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan dan paling banyak diburu oleh wisatawan, juga menjadi salah satu cemilan paling disukai di kota Medan. 

Selain terkenal dengan rasa yang enak, kue ini juga memiliki banyak varian rasa. Mulai dari keju, blueberry, coklat, stroberi, nanas, moka, dan kacang. Satu lagi cemilan favorit warga Medan adalah pokpia. 

Selain rasanya yang lezat, pokpia juga menjadi makanan ringan yang kaya nutrisi. Karena ada berbagai macam sayuran yang digunakan untuk mengisi cemilan ini.

5. Cemilan Favorit di Kota Surabaya

Kota Surabaya merupakan surga kuliner dari makanan yang murah hingga yang mahal. Sama seperti kota Bandung dan Makassar, bubble tea juga menjadi cemilan yang populer di Kota Surabaya. 

Begitupun dengan brownies, yang menjadi favorit di kota Bandung, juga menjadi cemilan favorit warga Surabaya. Uniknya, selain bubble tea dan brownies, dim sum adalah cemilan yang sangat diminati di Surabaya. 

Dim sum merupakan salah satu makan khas Tiongkok yang cukup terkenal di Indonesia. Namun faktanya, restoran dim sum sangatlah mudah ditemukan di kota Surabaya. 

Cemilan satu ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau membuatnya memiliki banyak penggemar di Indonesia.

Dengan banyaknya variasi cemilan yang ada di seluruh Indonesia, GrabFood pun tak mau ketinggalan dengan memberikan promosi dari berbagai pilihan cemilan yang ada. 

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.