Pernah Kerja di Facebook, Ini CV Christy Trang Le CEO GoViet yang Resign!

3 menit
CEO GoViet
Pernah Kerja di Facebook, Ini CV Christy Trang Le CEO GoViet yang Resign!, (Facebook/@Christy Le).

Ekspansi yang dilakukan Gojek di negara Asia Tenggara dalam satu tahun belakangan ini bisa dikatakan cukup masif. Salah satunya di Vietnam jadi pangsa pasar Gojek dengan menghadirkan GoViet. Namun siapa sangka, CEO GoViet yang baru menjabat aja akhirnya memutuskan pamit alias mengundurkan diri, lho kok bisa? 

Isu kurang sedap datang dari pihak internal di mana banyak pimpinan yang ternyata mengundurkan diri dari jabatan strategis. Paling baru merupakan Chief Executive Officer (CEO) mereka, Christy Trang Le yang memutuskan resign setelah lima bulan lamanya menjabat. 

“Ketika kami memulai perjalanan dengan kepemimpinan baru, kami mencoba untuk melakukan terbaik. Namun, setelah lima bulan memimpin, Christy memutuskan mengambil jalan yang berbeda,” tulis pihak GoViet dalam keterangannya mengutip dari KRAsia.

Sebelum merekrut Christy Trang Le 5 bulan yang lalu, startup Decacorn pertama Indonesia (red: GoJek) ini juga ditinggal oleh 2 pimpinannya yakni Nguyen Vu Duc dan Nguyen Bao Linh yang menjabat sebagai General Director dan Deputy General Manager.

Christy Trang Le sendiri memiliki CV akademis yang terbilang baik. Ia sempat menempuh pendidikan S1 di Universitas Oxford, Inggris ilmu ekonomi dan manajemen dan melanjutkan S2 dan mendapatkan gelar MBA ilmu Inovasi dan Wirausaha di Universitas MIT Sloan School of Management, Amerika Serikat.

Pantas aja perempuan hebat ini sempat menempati posisi strategis di beberapa perusahaan besar dunia sebelum menjabat CEO di GoViet. Penasaran di mana aja? Yuk, kita lihat ulasan lengkap CEO perempuan di GoViet berikut ini:

Baca juga: 10 Wanita Terkaya di Dunia 2018, Hartanya Sampai Ratusan Triliun!

1. CEO GoViet Ini pernah menjadi Global Markets Institutional Sales Manager, HSBC

CEO GoViet
CEO GoViet Ini pernah menjadi Global Markets Institutional Sales Manager, HSBC, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengutip dari Linkedin, posisi pertama yang pernah diduduki oleh mantan CEO GoViet ini adalah Global Markets Institutional Sales Manager di Hong Kong Shanghai Banking Corporation (HSBC) selama 1 tahun 11 bulan dari Januari 2006 hingga November 2007.

Seperti yang kita ketahui bahwa HSBC merupakan salah satu bank terbesar di dunia yang memiliki kantor pusat di Inggris.

Baca juga: Jajaran Investor Ini Bikin Go-Jek Jadi Decacorn dengan Nilai Rp 141 Triliun

2. CEO GoViet ini juga pernah menjabat Chief Representative Officer, Leading Business Club

CEO GoViet
Ia pernah menjabat Chief Representative Officer, Leading Business Club, (thesaigontimes.vn).

Selanjutnya CEO GoViet, Christy Trang Le menjabat sebagai Chief Representatve Officer di sebuah perusahaan konsorsium besar di Vietnam. Jabatan tersebut ia lakoni selama 1 tahun 10 bulan dari November 2007 hingga Agustus 2009.

Baca juga: Luncurkan GoGames, Gojek Sediakan Kebutuhan Gamers Dalam Satu Aplikasi

3. Konsultan, McKinsey & Company

CEO GoViet
Konsultan di McKinsey & Company juga pernah ia geluti jauh sebelum menjabat sebagai CEO di GoViet, (efinancialcareers.com).

Setelah berhenti dari jabatan CRO, Christy melanjutkan kariernya sebagai konsultan di McKinsey & Company dari bulan Mei 2011 sampai Februari 2013. Cukup banyak ya posisi pekerjaan yang ia lakoni dan dari sekian banyak emang semuanya merupakan jabatan sangat strategis banget ya!

4. Chief Financial Officer dan Chief Operating Officer, Misfit Wearables

CEO GoViet
Menjabat sebagai Chief Financial Officer dan Chief Operating Officer, Misfit Wearables, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mantan CEO GoViet ini juga sempat menjabat posisi Chief di perusahaan konsumer elektronik asal Amerika Serikat . Hal ini berlangsung dari Oktober 2011 sampai Desember 2015 dan menjadi yang terlama.

5. Managing Director, Fossil Group

CEO GoViet
Pernah menjabat sebagai Managing Director buat Fossil Group, (amazonaws.com).

Pasca 4 tahun lebih menjadi CFO dan COO di Misfit Wearables, Christy Trang Le melanjutkan kariernya di Fossil Group yang bergerak di bidang fashion terutama jam tangan. Ia menjabat selama 2 tahun 3 bulan dari Desember 2015 hingga Februari 2018.

6. Country Director Vietnam, Facebook

CEO GoViet
Ia juga pernah menjabat sebagai Country Director Vietnam buat Facebook, (amazonaws.com).

Posisi terakhir yang diemban oleh Christy Trang Le sebelum bekerja untuk GoViet adalah Country Director Facebook untuk wilayah Vietnam. Sejak Maret 2018 hingga januari 2019 dirinya bekerja buat Facebook dan merupakan salah satu alasan kenapa resign adalah karena masalah keluarga.

Nah, itulah sedikit profil karier dari Christy Trang Le yang sempat menjabat sebagai CEO GoViet. Semoga perusahaan asal Tanah Air tersebut bisa menemukan pengganti secepatnya ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1