Wow! 5 Dongeng Ini Bisa Bikin Anakmu Mapan Secara Finansial

4 menit
Red Riding Hood

Percaya gak, hanya lewat cerita dongeng anakmu bisa tumbuh jadi pribadi hemat, piawai mengatur keuangan, dan sukses di masa yang akan datang?

Mengajari anak mengenai hal-hal berbau finansial gak hanya sebatas mengajari mereka menabung di celengan, atau memintanya menyisihkan uang jajan mingguan.

Sebagai orangtua, kamu pun bisa memanfaatkan dongeng-dongeng legendaris dunia untuk mengajari mereka soal hal yang satu ini.

Tanpa disadari, di balik cerita dongeng-dongeng itu ternyata banyak sekali nilai-nilai seputar pelajaran finansial yang bisa kita petik. Jika buah hati menyukai ceritanya, secara gak langsung nilai-nilai itu bisa dia ingat hingga mereka dewasa.

Penasaran cerita dongeng yang bisa membuat anak cerdas finansial, dan sukses di masa depan? Yuk, simak ulasan berikut:

1. Cinderella

Cinderella
Cinderella

Cerita dongeng Cinderella tentunya gak asing lagi bagi generasi zaman old. Di zaman now, cerita ini masih sangat relevan untuk diceritakan kembali ke buah hatimu

Dongeng yang sudah ada di tahun 1950 ini menceritakan bagaimana kehidupan nahas Cinderella yang harus tinggal dengan ibu tirinya.

Ayah Cinderella memang menikah dengan perempuan yang salah. Setelah sang ayah meninggal, Cinderella justru semakin tersiksa.

Satu poin penting yang harus diketahui anakmu dari cerita ini adalah, gak ada yang bisa memprediksi kematian dan nasib seseorang di masa depan.

Saat sang ayah masih hidup, Cinderella bisa hidup senang dan berkecukupan. Namun, setelah ayahnya wafat, hal sebaliknya bisa terjadi.

Sebagai orangtua, kamu harus mengingatkan anakmu menabung itu wajib hukumnya demi menghadapi ketidakpastian di masa yang akan datang. Karena mana ada yang tahu negara kita bakal dilanda krisis ekonomi atau permasalahan lain. Setuju gak?

2. Hansel and Gretel

Hansel and Gretel
Hansel and Gretel

Cerita Dongeng karya Grimm bersaudara ini sudah muncul pada tahun 1812 silam. Cerita ini mengisahkan kakak beradik yang ditangkap penyihir yang menjebak mereka dengan rumah terbuat dari permen.

Pesan dari cerita ini sederhana, yaitu jangan percaya dengan orang asing. Tapi di balik itu, ada aspek lain seputar keuangan yang bisa kamu ceritakan ke anakmu. Yaitu, semua yang “manis” belum tentu baik buatmu.

Di masa yang akan datang, akan muncul banyak hal menggiurkan yang membuat kita tergoda untuk memilikinya. Namun, belum tentu hal itu sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Kamu pun bisa mengajari si kecil membedakan keinginan dan kebutuhan. Kalau di usia remaja mereka sudah paham, dijamin deh pas dewasa gak bakal jadi konsumtif.

3. Red Riding Hood

Red Riding Hood
Red Riding Hood

Tentu semuanya familiar dong sama cerita dongeng Red Riding Hood alias Si Kerudung Merah.

Dongeng asal Prancis ini mengisahkan gadis kecil yang diminta mengantar makanan ke rumah neneknya yang sedang sakit. Dia pun bertemu dengan serigala yang ingin memangsanya.

Namun, serigala itu justru mencoba mengulur waktu dengan menyuruh Si Kerudung Merah memetik bunga. Dan akhirnya, Serigala itu pergi ke rumah nenek gadis kecil itu dan menyamar.

Cerita ini memiliki beberapa versi. Ada yang menyebutkan kalau si nenek dimakan oleh serigala, ada juga yang mengatakan kalau serigala hanya menyembunyikan sang nenek di lemari.

Namun, kisah ini bisa mengajari si kecil untuk gak menunda waktu atau pekerjaan di masa depan. Terbukti kan, menunda pekerjaan bisa berakibat fatal.

Ketika seseorang sudah kerja kantoran, mereka yang hobi menunda pekerjaan pasti akan mendapat penilaian buruk. Jika begitu akibatnya, gak heran mereka jarang naik gaji.

4. Cindelaras

Cindelaras (maduraku.com)
Cindelaras (maduraku.com)

Namanya mirip-mirip Cinderella. Tapi, tenang saja, ceritanya beda dan cerita dongeng yang satu ini berasal dari Indonesia.

Cerita asal Jawa Timur ini sejatinya mengisahkan tentang anak lelaki yang bernama Cindelaras dan ayam jantannya yang gak pernah kalah dalam pertarungan. Ayam itulah yang akhirnya mempertemukan Cindelaras dengan ayahnya sendiri yang merupakan seorang raja.

Cindelaras sejatinya merupakan anak raja yang lahir di hutan karena ibundanya diasingkan oleh kerajaan. Bocah lelaki itupun berjuang untuk bertemu dengan ayahnya sendiri yang gak lain adalah seorang raja.

Namun, bagaimana dia bisa diterima di kerajaan dan diakui pangeran? Wong dia lahir di hutan.

Ternyata, Cindelaras memanfaatkan sabung ayam untuk mempertemukan dirinya dengan sang ayah yang juga menyukai aktivitas judi ini. Alhasil, Cindelaras pun menang dan ayam milik Cindelaras berbicara di depan umum dan mengatakan Cinde adalah putra sang raja.

Menarik sih ceritanya, tapi pesan moral dan finansial yang kamu berikan pada anakmu adalah, sabung ayam itu ibarat judi. Kegiatan itu juga gak baik dilakukan lantaran sama halnya dengan menyiksa hewan.

Judinya saja bikin rugi jutaan rupiah, nyiksa hewan juga gak baik untuk dilakukan.

5. Malin Kundang

Malin Kundang
Malin Kundang

Dongeng dari Sumatera Barat ini memang menceritakan tentang anak durhaka yang akhirnya dikutuk sang ibu menjadi batu. Tapi, di balik itu semua ada nilai berharga yang bisa didapat sang anak dari kisah yang satu ini.

Malin memang berasal dari keluarga nelayan yang sangat miskin. Ayahnya pun hilang setelah memutuskan mencari nafkah ke negeri seberang. Sang ibu terpaksa menggantikan peran ayahnya demi menghidupi Malin yang masih kecil.

Saat beranjak dewasa, Malin merasa kasihan dengan ibunya yang kerja keras banting tulang setiap hari. Dia pun memutuskan untuk merantau agar bisa hidup kaya di kemudian hari.

Awalnya, sang bunda gak setuju. Namun, karena Malin memaksa, akhirnya sang ibu pun merestuinya dengan syarat dia harus pulang ke kampung halaman ketika sudah sukses.

Memang benar, ketika pergi merantau Malin pun sukses dan menjadi seorang Crazy Rich! Sayangnya, dia malah gak mau mengakui ibunya sendiri usai dia pulang ke kampung halaman.

Belajar dari Malin Kundang, kamu bisa mengajari anakmu tentang pentingnya merantau demi kesuksesan di masa depan. Asalkan ketika sukses gak lupa daratan. Nanti jadi batu lho!

Itu dia lima cerita dongeng dengan pelajaran finansial di dalamnya. Kira-kira apakah cukup menarik untuk diceritakan ke buah hatimu sebagai pengantar tidur? (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.