Cicilan Kartu Kredit Bikin Pikiran Khawatir? Segera Atasi dengan Cara-cara Ini

4 menit
Cicilan Kartu Kredit Bikin Pikiran Khawatir Segera Atasi dengan Cara-cara Ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak orang yang masih ragu punya kartu kredit. Alasannya sih mereka gak mau diliputi rasa khawatir akan pembayaran cicilan kartu kredit. Bisa dimengerti sih kenapa ada orang yang punya pikiran kayak gitu.

Terkadang rasa khawatir juga dirasakan para pengguna kartu kredit. Beragam pertanyaan merongrong pikiran mereka. Misalnya aja cicilan kartu kredit udah berapa ya? Kemarin udah bayar cicilan belum ya? Dan semacamnya dan semacamnya.

Nah, buat kamu yang adalah pengguna kartu dan merasa khawatir dengan cicilan yang harus dibayarkan, ada beberapa cara nih yang perlu kamu tahu dalam mengatasi hal tersebut, seperti apa cara-caranya? Yuk, disimak di bawah ini:

Baca juga: Kamu Hobi Beli Oleh-Oleh? Ini Dia 7 Tempat Belanja Murah di Kuala Lumpur

1. Jadwalkan pembayaran cicilan kartu kredit dan selalu utamakan

Jadwalkan saat membayar cicilan kartu mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pembayaran cicilan kartu kredit itu jangan ditunda-tunda. Begitu ada uang langsung aja dibayarkan daripada nanti kehabisan uang lalu bingung gimana bayarnya. Ujung-ujungnya cicilannya jadi tertunggak deh.

Makanya jadwalkan deh kapan cicilan kartu kredit mau dibayarkan. Paling mudah sih saat gajian, segera deh bayar penuh cicilannya. Pastikan tanggal gajian jatuh sebelum tanggal jatuh tempo.

Dengan begitu, ketika kamu terima gaji terus membayar cicilan kartu, gak ada deh tuh cerita telat bayar. Pembayaran lancar dan cicilan pun gak ada yang menunggak.

Baca juga: Menghadap Central Park, Ini Apartemen Lady Gaga yang Disewakan Rp 466 Miliar Per Bulannya

2. Kalau gak langsung bayar pakai gaji yang diperoleh, manfaatkan dana tabungan

Kalau gak langsung bayar pakai gaji yang diperoleh, manfaatkan dana tabungan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menabung itu emang kasih banyak keuntungan. Salah satunya adalah menjadi dana pembayaran cicilan kartu kredit. Hal ini bisa dilakukan asalkan kamu berada dalam situasi di mana gajimu telah habis terpakai.

Namun, bukan berarti selanjutnya kamu harus menggunakan tabungan terus ya buat bayar cicilan. Terus-terusan dipakai bisa bikin saldo tabungan habis nantinya. Sebab penggunaan dana tabungan itu ditujukan buat hal-hal yang urgen.

Selain itu, tabungan yang telah terpakai harus diisi kembali agar nantinya bisa dipergunakan buat keperluan-keperluan lainnya.

Baca juga: Arisan Ratusan Juta Rupiah Hingga Berlian, 5 Geng Sosialita Artis Ini Supermewah

3. Selalu pastikan total cicilan selama sebulan gak lebih dari 30 persen gaji

Selalu pastikan total cicilan selama sebulan gak lebih dari 30 persen gaji, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam artikel-artikel sebelumnya, Moneysmart selalu mengimbau agar kredit atau utang sebisa mungkin jangan lebih dari 30 persen gaji selama sebulan. Sebab lebih dari 30 persen bisa bikin kondisi keuangan gak sehat nantinya.

Makanya pastikan selalu besaran tagihan yang kamu tanggung selama sebulan gak lebih dari 30 persen gaji. Kamu bisa mencatat setiap pengeluaran yang ditransaksikan dengan kartu kredit supaya tahu sampai batas mana pemakaian kartu.

Walaupun kartu kredit itu ada limitnya, kamu bukan berarti menjadikannya sebagai acuan pemakaian. Emangnya kamu mau bayar cicilan sesuai limit yang Rp 10 juta padahal idealnya cuma Rp 3 juta?

4. Cek selalu penggunaan kartu kredit secara berkala

Cek selalu penggunaan kartu kredit secara berkala, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu bisa mengecek penggunaan kartu kredit. Biasanya bank penerbit kartu kredit menyediakan beberapa cara yang bisa digunakan pengguna kartu.

Misalnya aja kamu adalah pengguna kartu kredit BCA. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan buat mengecek pemakaian kartu kredit.

Pertama, akses *141# buat dapatkan informasi tagihan. Kedua, cek lewat SMS dengan mengetik TAGIHAN 1234. Ketiga, cari tahu lewat internet banking dan mobile banking BCA. Terakhir kamu bisa bertanya di call center BCA.

Pengecekan tagihan secara berkala ini bertujuan agar kamu terkontrol dalam menggunakan kartu kredit. Dengan begitu, kamu gak kebablasan dalam bertransaksi.

5. Gelisah sama bunga? Manfaatkan cicilan bunga 0 persen

Gelisah sama bunga? Manfaatkan cicilan bunga 0 persen, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini juga yang menjadi alasan orang-orang enggan punya kartu kredit. Mereka ogah berurusan sama bunga kredit. Sebab bisa bikin mereka terjerat utang nantinya.

Dengan gunakan kartu kredit, kamu gak perlu khawatir dengan bunga. Sebab ada opsi pembayaran cicilan dengan bunga 0 persen.

Namun, kamu perlu tahu. Cicilan bunga 0 persen ini bakal berlaku kalau kamu membayarkan tagihan secara penuh sebelum jatuh tempo atau pas jatuh tempo. Sebab lebih dari tanggal jatuh tempo maka kamu bakal dikenakan bunga plus denda keterlambatan.

Agar gak terlambat, selalu lakukan poin satu dan empat yang udah disebutkan di atas. Nah, demikian cara-cara agar kamu gak khawatir lagi dengan cicilan kartu kredit. Semoga aja cara-cara di atas membantu ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan