Pengelolaan Keuangan Keluarga Udah Berhasil Kalau Ada 5 Ciri Ini

3 menit

Selain masalah perselingkuhan, banyaknya kasus perceraian di kalangan rumah tangga adalah karena kesalahan pengelolaan keuangan. Suami istri yang gak bisa mengelola keuangan dengan baik jangan harap rumah tangga mereka awet selamanya.

Pastinya setiap pasangan pengin dong membina biduk rumah tangga dengan langgeng hingga tua.

Nah, buat yang pengin tahu rumah tanggamu bisa awet atau gak dilihat dari masalah keuangan, berikut lima tanda pengelolaan keuangan yang harus diketahui. Yuk langsung simak aja.

pengelolaan keuangan
Jangan harap rumah tangga bakal bahagian kalau jeratan utang terus menghantui (cheatsheet)

1. Terbebas dari utang

Salah satu ciri pengelolaan keuangan yang berhasil dilakukan dalam sebuah rumah tangga adalah terbebas dari persoalan utang. Emang ada manusia yang pengin terjerat oleh utang?

Makanya, buat suami istri yang pengin merdeka dari utang, harus mulai belajar mengatur keuangan dengan baik. Idealnya, utang gak melebihi 30 persen dari penghasilan.

Sederhana aja sebetulnya kalau rumah tangga pengin terbebas dari utang. Misalnya, kamu dengan pasangan berkomitmen untuk tidak tergoda mengambil cicilan barang yang tidak sesuai dengan kemampuan.

[Baca: Berujung Gugatan Cerai, Mungkin 4 Masalah Keuangan Ini Pemicunya]

2. Tahu betul soal keluar-masuk uang tiap bulan

Gak jarang pasangan suami istri sering bertengkar karena gak saling terbuka soal keuangan. Suami yang bekerja seharusnya terbuka soal pendapatan kepada istri. Termasuk pendapatan sampingan yang diperolehnya. Begitu juga dengan istri.

Kalau sudah saling terbuka, artinya masing-masing pasti tahu arus keluar-masuk uang tiap bulan. Dengan begitu, perencanaan keuangan pun makin matang di masa depan.

3. Memiliki pola hidup hemat

pengelolaan keuangan
Rumah tangga yang menerapkan hidup hemat berpeluang besar mendapatkan impian yang direncanakan (mortgagestore)

Apa selama ini selalu hidup hemat dan sederhana? Ataukah malah boros dan konsumtif?

Coba dicek gaya hidup kamu dan pasangan. Kalau bisa belanja sesuai kebutuhan dan disiplin menabung, tandanya pengelolaan kamu udah benar. Tapi kalau tiap bulan ada aja barang gak penting yang dibeli, tandanya mesti instrospeksi diri tuh.

Pasangan suami istri yang baik adalah mereka yang menerapkan pola hidup hemat. Dengan berhemat, kehidupan rumah tangga bisa awet.

[Baca: 8 Tips Menjadi Lebih Baik dalam Mengelola Keuangan di 2018]

4. Punya rencana keuangan bersama

Pengin punya rumah tangga yang merdeka secara finansial? Coba deh mulai untuk merencanakan keuangan bersama. Kamu bisa mulai dengan mengatur pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan.

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan 10 persen, investasi 10 persen dan proteksi keluarga sekitar 5 persen. Pengelolaan keuangan yang baik dan terencana akan membuat rumah tangga terbebas dari masalah.

Kalau kamu mampu mengatur keuangan buat jangka pendek dan jangka panjang, maka di dijamin deh rumah tanggamu bakal awet dan bahagia selamanya.

5. Gak ada kata gengsi

pengelolaan keuangan
Gaji istru lebih besar dari suami, gak usah jadi masalah ya (ourhappilyeverafterblog)

Ciri lain pengelolaan keuangan yang bakal bikin awet rumah tangga adalah ketika pasangan suami istri saling memaklumi soal pendapatan masing-masing.

Memang sih gak selamanya pendapatan suami lebih besar dibanding istri. Banyak juga penghasilan istri jauh lebih gede dari suami.

Persoalan ini juga sering jadi pemicu keretakan rumah tangga. Banyak istri menggugat cerai suami gara-gara pendapatan istri lebih besar.

Beruntung deh buat pasangan suami istri yang gak mempermasalahkan gaji siapa yang lebih besar atau lebih kecil. Yang penting, bagi keduanya adalah bagaimana mengatur keuangan yang baik agar penghasilan keduanya bisa mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari dan juga buat jangka panjang.

Nah, itulah ciri-ciri pengelolaan keuangan rumah tangga yang baik. Kalau rumah tanggamu udah memiliki ciri-ciri di atas, percaya deh kalau hubungan kamu dan pasangan bakal awet sampai kakek-nenek.

[Baca: 5 Aplikasi Pengelolaan Keuangan Ini Bakal Bikin Dompet Makin Aman]

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.