Punya Rating Keselamatan Bintang 5, Ini Deretan City Car Paling Aman!

3 menit
city car
Honda Jazz. (Shutterstock)

Dalam memilih mobil berjenis city car yang pengin dibeli, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal-hal tersebut antara lain harga, fitur yang ditawarkan, sampai tingkat keselamatan yang diberikan kendaraan tersebut untuk para pengendaranya. 

Kecelakaan beruntun yang baru terjadi di kilometer 92 tol Purbaleunyi pada tanggal 2 September 2019 kemarin membuat banyak orang sadar akan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Setidaknya ada 8 orang yang tewas akibat peristiwa tersebut, mengutip dari Suara.

Selain dari sisi pengendara, faktor dari pabrikan yang mendesain mobil juga berkontribusi besar atas keselamatan penumpangnya.

ANCAP Safety sebagai institusi yang berwenang memberikan rating keselamatan kepada setiap mobil komersial yang dijual ke pasaran telah mengumumkan beberapa tipe mobil yang paling aman untuk dibeli. Mereka berhak melabeli sebuah mobil bintang 1 untuk tingkat keselamatan terendah dan bintang 5 untuk yang paling aman.

Penasaran apa aja? Mending kita lihat langsung aja daftar mobil city car yang mendapatkan rating bintang 5 berikut ini:

Baca juga: Pengin Boyong Mobil Legendaris Suzuki Jimny? Siapkan Kocek Rp 315 Juta!

1. Hyundai i20

city car
Hyundai i20. (Shutterstock)

Mobil city car pertama yang masuk dalam daftar berasal dari pabrikan asal Korea Selatan yakni Hyundai i20.

Kendaraan roda 4 ini sendiri ditenagai mesin berkapasitas 1,2 liter yang mampu menyemburkan tenaga sampai 80 lebih tenaga kuda. Pihak ANCAP Safety memberikan rating bintang 5 untuk versi yang keluaran Desember 2016 ke atas.

Untuk harganya sendiri di pasaran Indonesia dijual seharga Rp 250 jutaan per unitnya.

Baca juga: 10 Model Mobil Keluarga yang Disuntik Mati di Indonesia, Minat Membelinya?

2. Ford Focus

city car
Ford Focus. (Shutterstock)

Selanjutnya ada city car yang diproduksi oleh pabrikan asal Amerika Serikat yakni Ford Focus keluaran Desember 2018 ke atas.

Untuk sektor dapur pacunya sendiri, Ford Focus dibekali mesin sebesar 2 liter yang mampu menghasilkan kekuatan sampai 159 tenaga kuda. Desain bodinya yang khas bikin kendaraan ini terbilang eksklusif bagi sebagian orang.

Untuk harganya sendiri, Ford Focus dibanderol sekitar Rp 300 jutaan sampai Rp 400 jutaan.

Baca juga: Pengin Beli Mobil Baru dengan Kredit? Begini Syaratnya, Makin Mudah Lho

3. Toyota Yaris

city car
Toyota Yaris. (Shutterstock)

Ketiga, ada brand Toyota Yaris yang udah cukup lama dipasarkan di Indonesia. City car ini mendapatkan gelar bintang 5 untuk yang dirilis pada bulan November 2017 ke atas.

Dari sektor dapur pacu, Yaris ditenagai mesin berkapasitas 1,5 liter yang bisa menghasilkan kekuatan hingga 105 tenaga kuda. Di Indonesia sendiri, harga Yaris terbaru dibanderol Rp 250 jutaan untuk tipe terendahnya 

4. Suzuki SX4 X-Cross

city car
Suzuki SX4 X-Cross. (Shutterstock)

Datang dari Negeri Sakura lagi, ada Suzuki SX4 X-Cross yang dirilis semenjak bulan Desember 2013 lalu. Mobil ini berhasil meraih rating keselamatan bintang lima dari ANCAP Safety. 

Mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1,5 liter yang bisa menghasilkan kekuatan sampai 108 tenaga kuda. Pabrikan Suzuki membanderol SX4 X-Cross dengan harga per unit Rp 278 jutaan. 

5. Honda Jazz

city car
Honda Jazz. (Shutterstock)

Yang terakhir, ada city car Honda Jazz keluaran bulan Juni 2014 ke atas. Di Indonesia sendiri tipe ini merupakan salah satu yang paling laris di pasaran.

Di bagian dapur pacunya, Honda memasangkan mesin berkapasitas 1,5 liter yang bisa menghasilkan kekuatan 118 tenaga kuda. Harga Jazz di pasaran Tanah Air berkisar di angka Rp 240 jutaan per unit.

Nah itulah deretan mobil city car yang menyandang rating keselamatan tertinggi bintang 5 dari ANCAP Safety. Dari kelima mobil tersebut mana nih yang paling kamu sukai tipenya? (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1