Jangan Sampai Gagal Dapat Pekerjaan, Begini Cara Buat Riwayat Hidup yang Benar

Contoh-Riwayat-Hidup-yang-Menarik-Di-Mata-Perusahaan-Shutterstock.

Contoh riwayat hidup yang baik dan benar itu seperti apa sih? Cukup banyak para pencari kerja atau job seeker yang menanyakan hal ini. Soalnya mereka masih ragu dengan riwayat hidup yang mereka buat.

Keraguan tersebut cukup beralasan. Sebab, kegagalan job seeker mendapat pekerjaan ternyata salah satunya berasal dari penyajian riwayat hidup yang jauh dari kriteria perusahaan.

Hasil riset menunjukkan perekrut atau recruiter biasanya menghabiskan waktu kurang dari enam detik untuk memahami isi dari riwayat hidup. Itu berarti si kandidat telah sukses membuat riwayat hidup yang baik dan benar.

Nah, kalau kamu lagi butuh referensi contoh riwayat hidup yang sebaiknya disajikan, Lifepal punya informasi lengkapnya. Yuk, disimak.

Apa itu riwayat hidup? Apa bedanya dengan curriculum vitae?

Contoh riwayat hidup
Sebenarnya, riwayat hidup itu apa sih? Terus, bedanya apa dengan curriculum vitae atau CV? Sebelum membahas contoh riwayat hidup yang baik dan benar, ada baiknya memahami lebih dulu definisi dari riwayat hidup untuk lamaran kerja.

Sekadar diketahui, masih banyak pencari kerja atau job seeker yang bingung mengenai riwayat hidup yang ditujukan buat melamar kerja. Gak cukup sampai di situ, mereka juga bingung dengan perbedaan antara riwayat hidup dan curriculum vitae atau CV.

Faktanya, riwayat hidup dan curriculum vitae itu isinya gak berbeda sama sekali. Bedanya cuma terletak pada bahasa yang digunakan. Curriculum vitae itu merupakan sebutan riwayat hidup dalam bahasa Latin.

Jadi, riwayat hidup atau curriculum vitae adalah gambaran tertulis mengenai pengalaman seseorang yang berisikan identitas, pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, hingga kualifikasi-kualifikasi lainnya.

Mengapa daftar riwayat hidup diperlukan dalam lamaran kerja?

Contoh riwayat hidup

Dalam pencarian kandidat yang pas buat posisi pekerjaan yang lowong di perusahaan, para perekrut memilih-milih dengan mempertimbangkan banyak hal. Semua hal tersebut mereka dapatkan dengan jelas dari daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV).

Itulah salah satu alasan kenapa daftar riwayat hidup perlu sekali ada dalam setiap pengajuan lamaran kerja. Semakin mudah para perekrut mendapatkan informasi yang mereka inginkan, semakin terkesan para perekrut dengan kandidat yang melamar.

Alasan lainnya adalah daftar riwayat hidup atau CV merupakan bentuk komunikasi paling awal yang dilakukan para pencari kerja. Namanya komunikasi pastilah segala informasi yang ada terkait dengan profesionalitas kerja haruslah disampaikan secara jelas.

Namun, jangan lupa. Perekrut cuma menggunakan waktu selama enam detik buat memahami isi dari daftar riwayat hidup. Karena itu, isilah CV dengan informasi-informasi penting yang dibutuhkan para perekrut.

Atau dengan kata lain, daftar riwayat hidup alias CV adalah surat yang sering digunakan dalam dunia kerja terutama ketika melamar kerja untuk sebagai dokumen pelengkap. Daftar riwayat hidup umumnya berisi data pribadi serta pengalaman kerja.

Di beberapa jenis daftar riwayat hidup juga dimasukkan prestasi yang dicapai dan juga daftar riwayat pendidikan yang sudah dijalani sebagai pertimbangan.

Cara penulisan daftar riwayat hidup yang benar

Untuk menuliskan daftar riwayat hidup, ada panduannya yang terdiri dari beberapa poin di bawah ini. Yaitu melengkapi:

1. Isi daftar riwayat hidup

Menggambarkan diri melalui selembar kertas secara berurutan dan tidak ada yang terlewat. Dimulai dari nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, tempat tinggal, dan agama. Kemudian sertakan tinggi dan berat badan, status penikahan, serta nomor kontak yang bisa dihubungi.

2. Riwayat pendidikan

Cantumkan riwayat pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar hingga pendidikan terakhir. Sertakan tahun lulus, dan jurusan.

Kemudian, bila pernah mengikuti pendidikan informal, dianjurkan juga untuk disertakan ke dalam daftar riwayat hidup.

3. Riwayat pekerjaan

Tulis pengalaman kerja yang pernah dilakukan sertakan tahun masuk dan keluar. Agar lebih detail, masukan juga job desk pekerjaan.

4. Pas foto

Di beberapa perusahaan membutuhkan data diri yang lengkap, termasuk foto wajah pelamarnya. Maka dari itu dianjurkan untuk memasang pas foto di bagian atas.

5. Tanda tangan

Tulislah dengan jujur dalam mengisi informasi daftar riwayat hidup, sesuai dengan pengalaman hidup dan keadaan sebenarnya.

Sertakan tanda tangan di bagian akhir. Sebagai tanda pelamar siap mempertanggung jawabkan keasliannya.

Format daftar riwayat hidup dikatakan lengkap kalau memuat enam poin ini

Contoh riwayat hidup
Seperti yang dijelaskan di atas, para perekrut begitu terkesan dengan daftar riwayat hidup yang berisikan informasi yang mereka inginkan. Mengesankan di sini jangan diartikan kalau membuat CV itu harus berlembar-lembar banyaknya ya.

Sakader diketahui, informasi yang tersaji dalam daftar riwayat hidup itu gak harus banyak-banyak amat. Seenggaknya, ada beberapa poin yang wajib ditulis. Apa saja? 

  1. Nama, alamat, nomor telepon, hingga email wajib dimuat dan dijelaskan lebih awal.
  2. Sampaikan perjalanan karier atau objective atau summary setelah menjelaskan nama, alamat, nomor telepon, dan email. Buat fresh graduate, isinya boleh perjalanan pendidikan ataupun magang.
  3. Cantumkan pengalaman kerja dengan pekerjaan terakhir ditempatkan lebih dulu. Sementara fresh graduate diizinkan mencantumkan pengalaman magang yang dijalaninya.
  4. Cantumkan pendidikan yang telah ditempuh, biasanya yang dimasukkan dalam riwayat hidup adalah pendidikan terakhir.
  5. Masukkan kemampuan atau skill yang dikuasai terkait posisi yang dilamar.
  6. Boleh juga menambahkan informasi tambahan berupa minat, prestasi, hingga pengalaman berorganisasi.

Cara membuat daftar riwayat hidup di Microsoft Word

Contoh riwayat hidup
Microsoft Word yang tersedia saat ini memberi kemudahan lho dalam pembuatan daftar riwayat hidup. Soalnya Microsoft telah melengkapi aplikasi Word dengan fitur pembuatan riwayat hidup atau CV. Asalkan aplikasi Word yang dipakai minimal Word 2010. 

Gimana langkah-langkah pembuatan daftar riwayat hidup atau CV di Word 2010? Berikut ini ulasannya.

  1. Setelah membuka Word 2010, pilih menu File.
  2. Kemudian dari menu File, pilih New lalu pilih Resumes and Cover Letters.
  3. Di Resumes and Cover Letters, banyak template Daftar Riwayat Hidup yang bisa dipilih.
  4. Kalau udah menentukan salah satu yang pengin digunakan, pilih template tersebut dan download.

Contoh daftar riwayat hidup terbaru dalam bahasa Indonesia

Tio Prasetyo

Content Editor

Alamat: Lebak Bulus Raya No.69, Jakarta Selatan Linkedin: linkedin.com/in/tio

Telepon: 081234567891

Email: tio.prayestyo@email.com

Menjalani karier sebagai Content Editor selama 3 tahun di berbagai media online. Berkomitmen dalam menyediakan konten yang jelas dan ringkas untuk setiap proyek dan setiap klien, bekerja dengan tim produksi untuk membuat materi yang menarik dan dapat dipahami, serta mempertimbangkan umpan balik pengguna buat memperbaiki publikasi dan proyek.

Pengalaman kerja

2016 – 2019 Content Editor

CepatNews.com

  • Mengawasi dan berkoordinasi dengan tim jurnalis.
  • Mengoreksi dan mengedit ejaan, tata bahasa, dan sintaksis.
  • Memastikan berita sesuai gaya in-house.
  • Atur, ubah, dan perbarui konten yang ada.
  • Verifikasi konten dan informasi.
  • Bekerja dengan tim desain grafis dalam pembuatan konten visual yang menarik.
  • Berkolaborasi dengan rekan kerja dan menghasilkan ide-ide segar dan kreatif.
  • Analisis data dan melakukan riset terkait konten yang dibuat.
  • Menyesuaikan konten dengan SEO guidelines.
  • Pendidikan

    2012 – 2014 Sarjana Komunikasi, Universitas Media Indonesia

    IPK 3,99

    Kemampuan

    Academic writing

    Literary criticism

    Research

    Creative writing

    Editing

    Bahasa

    Inggris

    China

    Rusia

    Penghargaan

    2017 Wartawan Kritis 2017

    2018 Jurnalis Independen 2018

    Contoh daftar riwayat hidup terbaru dalam bahasa Inggris

    Tio Prasetyo

    Content Editor

    Address: Lebak Bulus Raya No.69, Jakarta Selatan Linkedin: linkedin.com/in/tio

    Phone: 081234567891

    Email: tio.prayestyo@email.com

    Starting career as Content Editor for three years in various online media. Commit to provide clear and concise content for each project and each client, working with the production team to create interesting and understandable material, and consider user feedback to improve publications and projects.

    Work Experience

    2016 – 2019 Content Editor

    CepatNews.com

  • Supervise a team of writers and coordinate with freelance contributors.
  • Proofread and edit spelling, grammar and syntax.
  • Ensure that content meets the company or client’s needs, and follows our in-house style guide.
  • Organize, modify and update existing content.
  • Verify content and information.
  • Work with the graphic design team to ensure a user-friendly experience.
  • Collaborate with co-workers and come up with fresh, creative content ideas, keeping our audience in mind.
  • Manage a busy workload according to deadline.
  • Analyze data and analytics, and seek to increase reader engagement and retention.
  • Knowledge of SEO and industry best practices.
  • Represent the organization at launches, meetings, and press events.
  • Education

    2012 – 2014 Bachelor of Communication, Media Indonesia University

    3,99 GPA

    Skills

    Academic writing

    Literary criticism

    Research

    Creative writing

    Editing

    Language

    English

    Chinese

    Russian

    Awards

    2017 Wartawan Kritis 2017

    2018 Jurnalis Independen 2018

    Nah, itu tadi informasi mengenai contoh riwayat hidup yang sebaiknya dibuat agar menarik di mata perusahaan dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).