Mau Ajukan Pinjaman? Begini Contoh Surat Keterangan Kerja yang Jadi Syaratnya

5 menit
surat keterangan kerja
Cara membuat dan contoh surat keterangan kerja. (Shutterstock)

Surat keterangan kerja menjadi salah satu syarat yang sering diminta dalam sejumlah urusan, mulai dari pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, perpajakan, hingga pengajuan pinjaman. Dengan kata lain, urusan administratif bakal tersendat-sendat nantinya tanpa adanya surat keterangan kerja.

Orang yang berstatus sebagai penerima upah atau karyawan bisa mendapatkan surat ini dengan mengajukan permintaan ke perusahaan. Permintaan ini tentu aja wajib dipenuhi perusahaan karena meminta surat keterangan kerja menjadi hak karyawan.

Dengan kata lain, gak ada alasan bagi perusahaan buat menolak memberikan surat keterangan ini kepada karyawan. Mengingat keberadaan surat ini bersangkut paut dengan keperluan administratif yang wajib dipenuhi karyawan dalam banyak urusan.

Emangnya seperti apa sih contoh surat keterangan kerja yang diberikan perusahaan? Lebih jelasnya, kamu bisa cari tahu dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Apa itu surat keterangan kerja?

surat keterangan kerja
Surat ini digunakan untuk memberitahukan bahwa karyawan yang bersangkutan masih bekerja. (Shutterstock)

Surat keterangan kerja adalah surat pernyataan yang menerangkan bahwa seorang pekerja atau karyawan masih bekerja. Sebenarnya, gak ada definisi resmi mengenai surat tersebut. Namun, inti dari surat ini kurang lebih menyatakan status seorang karyawan atau pekerja masih aktif bekerja.

Menariknya nih dari segi hukum, keberadaan surat keterangan kerja ini diperkuat salah satu pasal yang termuat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata). Pada Pasal 1602y, poin yang ditekankan adalah kewajiban perusahaan dalam memberi surat keterangan terkait pekerjaan karyawan, baik diminta maupun gak diminta.

Lalu, gimana kalau perusahaan menolak memberi surat keterangan kerja?

surat keterangan kerja
Apa yang harus dilakukan kalau perusahaan tolak beri surat ini? (Shutterstock)

Seperti yang udah dijelaskan di atas, gak ada alasan sebenarnya bagi perusahaan buat menolak permintaan surat keterangan kerja dari karyawan. Apalagi dalam Pasal 1602y di Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, tertulis jelas:

“Majikan yang menolak memberikan surat keterangan yang diminta, atau sengaja menuliskan keterangan yang tidak benar, atau memberikan suatu tanda pada surat keterangan yang dimaksud untuk memberikan suatu keterangan tentang buruh yang tidak termuat dalam kata-kata surat keterangan itu, atau memberikan kepada pihak ketiga keterangan-keterangan yang bertentangan dengan surat keterangan, bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi, baik terhadap buruh maupun terhadap pihak ketiga.”

Singkatnya, perusahaan atau pihak pemberi kerja harus bertanggung jawab atas kerugian yang diderita karyawan karena gak adanya surat tersebut. 

Seandainya, karyawan tetap gak menerima surat keterangan kerja karena alasan hal tersebut gak tercantum dalam kontrak kerja, karyawan tetap bisa meminta surat tersebut. Mengingat permintaan ini dijamin dalam Pasal 1602y di Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Baca juga: Wajib Tahu! 4 Kondisi Ini Bisa Ubah Status Kerja dari PKWT Jadi PKWTT Lho

Kegunaan-kegunaan surat keterangan kerja, apa aja?

surat keterangan kerja
Digunakan untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. (Instagram)

Surat keterangan kerja biasanya diminta sebagai syarat administratif yang harus dipenuhi. Bisa dibilang posisinya menjadi sangat penting agar sejumlah urusan bisa terselesaikan dengan baik. 

Lalu, apa aja kegunaan-kegunaan surat keterangan kerja?

  • Menjadi syarat mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Pengganti surat keterangan domisili dalam syarat pembukaan rekening bank.
  • Sebagai syarat dalam pembuatan Visa.
  • Menjadi syarat yang mesti dipenuhi buat mengajukan pinjaman ke bank.

Baca juga: Jangan Sampai Gagal Dapat Pekerjaan, Begini Cara Buat Riwayat Hidup yang Benar

Beda surat keterangan kerja, surat pengalaman kerja (paklaring), dan surat rekomendasi kerja

surat keterangan kerja
Surat ini berbeda dengan paklaring lho. (Shutterstock)

Cukup banyak yang salah mengartikan antara surat keterangan kerja, surat pengalaman kerja (paklaring), dan surat rekomendasi kerja. Kekeliruan ini tampak jelas begitu surat keterangan kerja dikatakan sama dengan surat pengalaman kerja.

Padahal, surat keterangan kerja yang dimaksud di sini berbeda dengan surat pengalaman kerja (paklaring). Penyebutannya aja udah berbeda. 

Surat pengalaman kerja (paklaring) adalah surat pernyataan yang menjelaskan seorang karyawan pernah bekerja dengan isi yang memuat posisi atau jabatan dan masa waktu bekerja. 

Sementara surat rekomendasi kerja adalah surat pernyataan dari perusahaan yang memuat detail posisi atau jabatan terakhir, masa waktu bekerja sekaligus penilaian terhadap seorang karyawan yang biasanya berasal dari atasan langsung si karyawan.

Sama seperti surat keterangan masih aktif bekerja, baik surat pengalaman kerja (paklaring) maupun surat rekomendasi kerja, menjadi hak yang boleh diajukan karyawan ke perusahaan. Khususnya surat pengalaman kerja (paklaring), surat ini sangat berguna dalam pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan.

Contoh surat keterangan kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia

======================================================================

KOP Surat

======================================================================

SURAT KETERANGAN BEKERJA

LETTER OF EMPLOYMENT

No. _________________

Bersama surat ini kami menerangkan bahwa

With this letter we explain that

Nama :

Name :

Jabatan :

Position

NIK :

Employee Index No.

Alamat :

Address

No. Paspor :

Passport No.

adalah benar karyawan yang bekerja di perusahaan kami _____________ , yang bersangkutan bergabung dengan perusahaan terhitung mulai tanggal _____________ sampai dengan sekarang.

is a true employee working for our company _______________ , who joined the company from ___________ to present day.

 

Demikian surat ini kami buat secara benar untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Thus we make this letter correctly to be used properly.

 

Jakarta, ____________

 

[Name]

HRGA Manager

Contoh surat pengalaman kerja (paklaring) bahasa Inggris dan bahasa Indonesia

======================================================================

KOP Surat

======================================================================

SURAT PENGALAMAN KERJA

Certificate of Employment

No. _______________

 

Dengan ini menerangkan bahwa

This is to certify that

Nama :

Name

Alamat :

Address

Telah bekerja di PT —————————.

Has been employed at PT ——————.

Jabatan :

Position

Departemen :

Department

Masa kerja : _______ – _________

Tenure

Alasan keluar : Mengundurkan diri

Reason to leave :  Resign

 

Atas nama Manajemen PT __________________, kami mengucapkan banyak terima kasih atas pengabdian dan berharap yang bersangkutan selalu sukses di masa mendatang.

On behalf of the Management of PT _______________, we would like to thank you for your dedication and hope that you will always have success in the future.

 

Jakarta, ——————

Jakarta, ——————

 

[Name]

HR Manager

Apakah beda format surat keterangan kerja untuk visa, bank, ataupun pengajuan KPR?

Hal ini tergantung pada ke mana surat keterangan itu ditujukan. Seorang karyawan yang sedang mengurus Visa sebaiknya menggunakan surat keterangan berbahasa Inggris.

Sementara seorang karyawan yang hendak mengajukan pinjaman atau KPR ke bank gak diharuskan menggunakan surat keterangan berbahasa Inggris. Cukup surat berbahasa Indonesia selama berasal dari perusahaan, hal tersebut udah memenuhi syarat yang diminta.

Namun, alangkah baiknya surat keterangan kerja dibuat dalam dua bahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, dengan format sebagaimana yang telah dicontohkan di atas. Dengan begitu, karyawan gak perlu khawatir apakah surat keterangannya udah memenuhi prosedur atau belum.

Nah, itu tadi informasi mengenai surat keterangan kerja, bedanya dengan surat pengalaman kerja (paklaring) dan surat rekomendasi kerja, serta contohnya. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!