5 Coworking Space Hemat Bujet di Jakarta, Dua di Antaranya Gratis!

4 menit
Coworking space Jakarta. (Pexels)
Coworking space Jakarta. (Pexels)

Saat ini kian banyak bermunculan coworking space Jakarta. Hal ini cukup beralasan sih, sebab makin meningkat juga jumlah startup kecil yang membutuhkan ruang kerja. Demi berhemat, mereka enggan untuk menyewa satu lantai gedung perkantoran. Karena sudah bukan rahasia lagi, biaya sewa gedung perkantoran amatlah mahal bagi industri kecil, apalagi di Ibu Kota.

Di tengah perkembangan pesat industri-industri kreatif skala kecil, termasuk startup, jasa penyedia coworking pun ikut merasakan dampaknya. Ruang-ruang yang mereka sediakan kini bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan, baik individu atau kelompok.

Gak melulu untuk menjalankan bisnis yang sedang dibangun. Gak jarang, para muda-mudi kreatif ini rela menyewa tempat hanya untuk sekedar brainstorming.

Para pengelola coworking space ini tidak hanya sekedar menyediakan ruang, tapi juga fasilitas penunjang. Semuanya dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas para pelanggannya tentunya.

Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain AC, meja dan kursi yang nyaman, hingga koneksi Wi-Fi super cepat. Biaya sewa yang masih aman buat kantong para pelaku industri kecil juga menjadi nilai plus dibandingkan dengan gedung-gedung perkantoran.

Buat kamu yang sedang merintis sebuah perusahaan tapi minim bujet untuk sewa tempat, berikut ini rekomendasi coworking space Jakarta yang bisa kamu gunakan.

Baca juga: Lagi Ngerintis Bisnis Startup? Ini 4 Alasan buat Pakai Coworking Space

1. GoWork

coworking space jakarta
Go Work

GoWork menawarkan ruang-ruang kerja dengan kualitas premium. Gak kaya coworking space Jakarta pada umumnya yang berada di lokasi-lokasi murah, GoWork membuka bisnisnya di salah satu gedung grade A di kawasan SCBD tepatnya di Chubb Square.

Diluncurkan pada tahun 2017 silam, kini GoWork telah memiliki 14 tempat yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan satu unit di Pulau Dewata Bali. Untuk lokasi tepatnya kamu bisa cek di website resminya go-work.com.

Fasilitasnya pun dijamin lengkap, ada area bersantai, Wi-Fi cepat dan gratis, ruang video conference, telepon, mesin printer, dan staff cleaning service yang siap membersihkan meja anda.

Biaya sewanya juga bisa dibilang terjangkau. Dikutip dari website resminya GoWork, harga untuk meja dengan kapasitas satu orang, per harinya mulai dari Rp 125 ribuan. Kalau booking untuk 10 hari, kamu bisa lebih hemat dengan membayar Rp 1 jutaan.

Ada juga ruangan private office dengan kapasitas bisa menampung hingga 16 orang. Sewa per bulannya mulai dari Rp 2,8 jutaan untuk per orang.

Baca juga: Dari Free WiFi sampai Kopi, Ini Fasilitas Gratis Ruang Inovasi

2. Werkspace

coworking space
Werkspace

Werkspace memiliki empat coworking space yang terletak di Jakarta Utara, Barat, dan Selatan, tepatnya di Jalan Pluit Indah Raya, Kota Kasablanka, Soho Capital, dan Eiffel Tower PIK.

Semua ruangan yang tersedia memiliki desain minimalis dan modern. Cocok banget buat menumbuhkan semangat dan ide-ide cemerlang perusahaan kecilmu. Fasilitas yang didapat juga sangat lengkap. Ada Wi-Fi, gratis kopi buat kamu yang doyan kerja sambil ngopi, printer, sambungan telepon, dan petugas kebersihan.

Harganya juga gak terlalu mahal. Per harinya kamu hanya tinggal membawa laptop pribadi dan membayar sekitar Rp 120 ribu.

Baca juga: 5 Posisi Pekerjaan yang Gak Terlalu Dibutuhkan di Kantor Startup

3. Kolega

coworking space jakarta
Kolega

Salah satu yang ternama di Jakarta ini sudah ada sejak tahun 2015 silam. Ruang pertamanya berdiri di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Saat itu, jumlah coworking space Jakarta masih bisa dihitung dengan jari, jadi boleh dibilang, Kolega sudah lama menjadi primadona bagi startup-startup baru.

Hingga kini, Kolega telah memiliki banyak cabang di beberapa daerah. Gak cuma di Jakarta, tapi juga di Bandung, Bali, dan Padang, dengan total 20 tempat

Harganya juga gak mahal-mahal banget kok per harinya. Kamu hanya perlu membayar Rp 110 ribuan. Ada juga ruang meeting yang bisa kamu sewa per 2 jam dengan tarif Rp 165 ribu untuk ruang dengan kapasitas 6 orang dan Rp 330 ribu per 2 jam untuk kapasitas 16 orang. 

4. Jakarta Digital Valley

coworking space jakarta
Jakarta Digital Valley.

Kalau coworking space yang satu ini diinisiasi oleh PT Telkom. Tujuannya adalah untuk mendukung anak-anak muda yang memiliki ide-ide cemerlang dalam mengembangkan potensinya. Selain Jakarta, Telkom juga meluncurkannya di Jogja dan Bandung.

Kalau di Jakarta, letaknya ada di Telkom Tower lantai 38. Tempat ini dilengkapi dengan 10 ruang meeting dan beberapa fasilitas penunjang untuk melepas penat. Ada juga yang berlokasi di daerah Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Enaknya, di sini kamu gak perlu bayar alias gratis! Tapi, gak sembarangan orang bisa memakai ruang di Jakarta Digital Valley. Mereka harus melewati tahapan seleksi dari Telkom. Bagi yang memiliki ide bisnis cemerlang dan dinyatakan lolos, maka kamu baru boleh menempatinya.

5. Innovation Room

coworking space jakarta
Innovation Room

Gak cuman Telkom yang punya coworking space gratis, Kementerian Ketenagakerjaan juga punya lho. Namanya Innovation Room yang terletak di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Jalan Jenderal Gatot Subroto. Tempat ini diperuntukan bagi para pemuda pelaku usaha kecil atau perusahaan rintisan dan bisa dioperasikan selama 24 jam.

Innovation Room memiliki desain yang cozy, sehingga memungkinkan para penggunanya untuk dapat bekerja dengan nyaman. Tempat ini dilengkapi pula dengan layanan Wi-Fi dan kopi gratis.

Syaratnya, para pelaku startup harus menyerahkan proposal usaha mereka disertai dengan rencana pengembangan bisnis mereka. Proposal tersebut akan diuji oleh tim dari Kemenaker dan kalau lolos kamu sudah bisa mengakses Innovation Room.

Nah itu tadi lima coworking space Jakarta yang bisa kamu manfaatkan demi mengembangkan usaha kecilmu tanpa membuat kantong jebol. Lebih baik sih kamu coba saja program gratisan yang ditawarkan oleh Telkom dan Kemenaker tadi, siapa tahu lolos.

Kalau lolos kan lumayan banget buat menekan biaya produksimu. Duit yang dihemat bisa dialokasikan ke pos-pos pengeluaran yang lainnya deh, seperti marketing misalnya. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan