CPNS 2019 Bakal Digelar Oktober, Begini Alur dan Syarat Pendaftarannya!

7 menit
CPNS 2019
CPNS 2019 Bakal Digelar Oktober, Begini Alur dan Syarat Pendaftarannya!, (Ilham Fikri/TEMPO).

Tes CPNS 2019 bakal kembali dibuka dalam waktu dekat ini. Tentunya bagi masyarakat yang mendambakan bekerja sebagai abdi negara bakal siap ambil ancang-ancang buat melamarnya. 

Dari dulu tes CPNS menjadi salah satu kesempatan yang paling dinanti-nanti. Maklum saja, anggapan tentang hidup enak ala PNS masih mengakar di angan-angan banyak orang. 

Apalagi kalau bukan gara-gara tunjangan yang melimpah dan hari tua yang terjamin dengan uang pensiunan. Meskipun dari segi gaji pokok, pegawai negeri sipil masih kalah dari pegawai swasta. 

Tapi kalau ditotal-total dengan tunjangannya, justru gaji pegawai swasta gak ada apa-apanya. Tapi sayangnya, buat bisa bekerja sebagai PNS juga gak mudah. 

Kamu harus melewati beragam tahapan tes yang terbilang cukup sulit. Belum lagi ditambah dengan datangnya pesaing atau peserta yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. 

Kalau kamu berniat buat mengikuti tes CPNS 2019, persiapkanlah dirimu matang-matang. Cari informasi-informasi yang bisa dipertanggungjawabkan dari situs resmi instansi pemerintahan. 

Baca juga: 4 Profesi Seru dan Paling Menjanjikan untuk Kamu Generasi Milenial

Jadwal Pendaftaran CPNS 2019 

CPNS 2019
Pengin tahu jadwal pembukaan CPNS tahun ini?, (Ilham Fikri/TEMPO).

Kabar gembira untuk para CPNS hunter, bahwasanya pemerintah kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Ini merupakan salah satu bukti bahwa pemerintah masih membutuhkan banyak anak-anak bangsa yang berkualitas buat mengabdi kepada negara.

Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebagai institusi yang berwenang terhadap proses seleksi telah mengumumkan secara resmi kabar gembira ini. Di dalam surat rilis nomor 070/RILIS/BKN/VII/2019, dituliskan kalau seleksi aparatur sipil negara akan dibuka pada Oktober 2019.

Bakal ada dua pilihan seleksi ASN yang akan digelar Oktober nanti, pertama adalah seleksi CPNS dan yang kedua adalah seleksi P3K Tahap Kedua. P3K adalah kepanjangan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang artinya mereka hanya dikontrak sesuai dengan kesepakatan dengan lembaga memakai jasa mereka. 

Tapi biasanya P3K ditujukan buat mengisi posisi-posisi jabatan tinggi atau pimpinan lembaga yang disesuaikan dengan kompetensinya masing-masing. 

Total tenaga kerja yang dibutuhkan dalam seleksi Oktober nanti sebesar 254.173 orang, kurang lebih terdiri dari 100 ribuan CPNS dan 100 ribuan P3K. BKN menargetkan antusiasme masyarakat bakalan tinggi di seleksi ini, dengan keikutsertaan mencapai 5,5 juta pelamar. 

Proyeksi ini melebihi catatan jumlah keikutsertaan pada CPNS 2018 lalu yang berhasil menarik minat 3,6 jutaan pelamar dari seluruh Indonesia. 

Baca juga: Kabar Gembira, Tahun Depan Gaji PNS Bakal Naik Lagi

Syarat CPNS 

CPNS 2019
Ini syarat-syarat bagi kamu yang pengin mengikuti tesnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk bisa mengikuti tes CPNS 2019, tentu harus ada beberapa persyaratan yang dipenuhi. Kelengkapan persyaratan itu bakal menentukan kamu apakah kamu lolos administrasi atau tidak. Mulai dari persyaratan dokumen, hingga persyaratan dasar yang telah ditetapkan oleh BKN. 

1. Syarat dokumen

Jadi jangan sepelekan dokumen-dokumen berharga yang dipersyaratkan. Misalnya ada satu saja dokumen yang diminta sebagai syarat gak kamu penuhi, maka sudah dipastikan gak berlanjut ke tes CPNS tahun ini. 

Berikut ini dokumen wajib yang harus disertaka pelamar, 

  • Salinan Kartu Tanda Penduduk
  • Salinan Kartu Keluarga 
  • Salinan Transkrip Nilai 
  • Salinan Ijazah 
  • Pas foto 

Selain dokumen-dokumen tersebut, biasanya beberapa instansi mengharuskan kamu untuk menyertakan dokumen pelengkap lainnya, seperti misalnya SKCK. 

2. Persyaratan dasar dari BKN

BKN sendiri juga memiliki persyaratan dasar yang harus dipenuhi oleh seluruh pelamar. Di antaranya adalah, 

  • Usia pelamar paling rendah 18 tahun dan maksimal 35 tahun
  • Tidak pernah dipenjara gara-gara melakukan tindak pidana yang memiliki ancaman hukuman lebih dari dua tahun penjara
  • Tidak boleh bekasan ASN
  • Tidak boleh diberhentikan dengan tidak hormat apabila bekerja sebagai karyawan swasta
  • Tidak berstatus sebagai PNS, Anggota TNI, Anggota Polri, dan calon PNS 
  • Tidak terlibat dan menjadi anggota parpol 
  • Memenuhi kualifikasi pendidikan yang disyaratkan 
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan yang disyaratkan 
  • Bersedia ditugaskan di seluruh wilayah NKRI dan negara lain

Baca juga: Tes CPNS Bodong Masih Marak, Begini 5 Cara Mudah Menghindarinya!

Alur pendaftaran CPNS  

CPNS 2019
Begini nih alurnya kalau kamu mau jadi PNS, (Ilustrasi/Shutterstock).

Informasi soal alur pendaftaran CPNS 2019 yang harus kamu ketahui dengan jelas, karena kalau calon peserta udah paham, dijamin bakal terhindar dari praktek-praktek penipuan oleh oknum gak bertanggung jawab.

Pasalnya banyak penipuan berkedok seleksi CPNS. Pihak yang gak bertanggung jawab itu biasanya mengiming-imingi korban keterima PNS tanpa tes hanya dengan menyetorkan sejumlah uang dengan jumlahnya besar. 

Padahal, semua CPNS harus melalui beberapa tahapan tes, hingga alur pendaftaran yang jelas. Berikut ini alurnya bila dilihat dari laman resmi SSCN BKN. 

1. Akses ke portel SSCN BKN 

Untuk mengetahui segala jenis informasi yang aktual tentang CPNS tahun ini, kamu bisa melihatnya di situs https://sscn.bkn.go.id

2. Buat akun SSCN

  • Klik pilihan ‘Registrasi’ yang ada di bagian atas laman SSCN
  • Kemudian isi identitas diri seperti nomor KTP dan KK
  • Isi alamat email yang masih aktif, password untuk menuju ke portal SSCN
  • Unggah pas foto ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb dengan format .JPG atau .JPEG
  • Cetak kartu informasi akun SSCN

3. Log in ke portal SSCN

Setelah kamu menyelesaikan seluruh tahapan di poin kedua, artinya akun SSCN milikmu sudah bisa digunakan, tinggal log in deh.

4. Mendaftar ke instansi yang dituju 

  • Setelah log in, kamu diminta untuk mengunggah foto diri sambil memegang KTP dan kartu infromasi akun SSCN yang sudah dicetak. 
  • Lengkapi kolom-kolom biodata
  • Pilih instansi dan posisi yang diinginkan sesuai dengan latar belakang pendidikan
  • Unggah dokumen-dokumen persyaratan administrasi yang dibutuhkan
  • Cetak kartu pendaftaran SSCN

5. Menunggu proses verifikasi

Dokumen-dokumen yang diunggah oleh pelamar bakal ditindaklanjuti oleh tim BKN. Mereka bakal melakukan proses verifikasi apakah dokumen sudah lengkap dan memenuhi persyaratan atau tidak. 

Dalam tahapan inilah kamu akan mendapatkan pengumuman apakah lolos administrasi atau tidak. Kalau lolos, kamu bakal dapat kartu ujian untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya, seperti tes kemampuan dasar dan wawancara.

6. Pantau hasil seleksi

Kamu pantau terus hasil seleksi di laman SSCN. Nantinya instansi yang kamu lamar bakal memberikan penguuman apakah kamu lolos atau tidak dalam seluruh tahapan tesnya. 

Tata cara pendaftarannya 

CPNS 2019
Begini nih syarat-syarat buat mendaftar jadi PNS, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mungkin kamu sedikit bingung kalau membaca alur pendaftaran yang telah dituliskan di atas. Untuk mempermudah, kita kasih tata cara pendaftaran CPNS 2019 secara umum dan per poin. Ingat, pendaftaran hanya bisa dilakukan di laman resmi https://sscn.bkn.go.id

  • Buat akun di portal SSCN dan mengisi biodata yang diperlukan
  • Log in ke portal SSCN menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya
  • Unggah foto selfie sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun (diddapatkan saat buat akun)
  • Isi setiap kolom biodata 
  • Pilih 1 instansi, 1 formasi, dan 1 jabatan saja
  • Cek resumemu, pastikan kalau data diri dan juga instansi yang hedak dilamar sudah sesuai
  • Kirim data, tapi pastikan dulu data yang sudah diisikan dan instansi yang dipilih tidak boleh salah. Karena kalau sudah dikirim, kamu tidak diperkenankan untuk memperbaikinya. 
  • Terakhir adalah mencetak Kartu Pendaftaran SSCN yang digunakan sebagai bukti bahwa kamu telah melakukan pendaftaran. 

Biaya pendaftaran CPNS gratis!

CPNS 2019
Pendaftarannya dilakukan secara gratis yuk daftar dan ikutan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Satu hal juga yang perlu kamu perhatikan adalah tes CPNS ini gratis, alias tidak dipungut biaya sama sekali untuk calon pesertanya. Jadi, kalau ada oknum yang meminta-minta sejumlah uang dengan tujuan memberikan jaminan lulus, sudah dipastikan itu penipuan.

Tips terhindar dari penipuan CPNS 2019

CPNS 2019
Jangan sampai kamu calon PNS kena penipuan ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Penipuan berkedok pendaftaran CPNS  masih marak dilakukan. Oknum gak bertanggung jawab itu memanfaatkan euforia masyarakat yang ingin menjadi abdi negara untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. 

Caranya beragam, mulai dari memberi iming-iming pasti lulus dengan syarat sejumlah uang, hingga penyebaran informasi palsu. Berikut ini dua hal penting yang harus kamu perhatikan agar terhindar dari kasus penipuan

1. Cek informasi di situs resmi 

Selalu cek informasi di situs resmi instansi pemerintahan. Cek domain pemberi informasi tersebut, kalau misalnya domainnya ‘go.id’ maka informasi tersebut bisa kamu percaya. Karena itu merupakan domain dasar bagi situs instansi pemerintahan. 

Kalau kamu mau melihat informasi dari media sosial, pastikan informasi tersebut berasal dari akun instansi pemerintahan yang telah tercentang biru atau verified. Jangan percaya begitu saja sama akun-akun lainnya yang mengatasnamakan pemerintah. 

2. Pendaftaran resmi hanya di SSCN BKN 

Sementara buat melakukan pendaftaran, kamu hanya bisa dilakukan di situs SSCN BKN, bukan yang lainnya. Halamannya ada di https://sscn.bkn.go.id. Dan sekali lagi, pendaftaran tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis! 

Gaji PNS tahun 2019 

CPNS 2019
Soal gaji PNS emang bakal melebihi penghasilan pegawai swasta lantaran banyak tunjangannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat kamu yang pengin jadi PNS, pasti penasaran dengan gaji yang bakal didapat. Di tahun 2019 ini, Presiden Joko Widodo telah menandatangani PP No. 15 tahun 2019 tentnag Perubahan Kedelapan Belas atas PP No. 7 tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. 

Dengan kenaikan gaji itu, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan daya guna abdi negara. Gaji pokok terbaru tahun 2019 itu paling kecil Rp 1.560.800 dan paling besar Rp 5.901.000.

1. Golongan I

  • IA = Rp 1.560.800 (masa kerja 0 tahun) – Rp 2.335.800 (masa kerja 26 tahun)
  • IB = Rp 1.704.500 (3 tahun) – Rp 2.474.900 (27 tahun)
  • IC = Rp 1.776.600 (3 tahun) – Rp 2.557.500 (27 tahun) 
  • ID = Rp 1.851.800 (3 tahun) – Rp 2.686.500 (27 tahun)

2. Golongan II 

  • IIA = Rp 2.022.200 (masa kerja 0 tahun) – Rp 3.373.600 (masa kerja 33 tahun)
  • IIB = Rp 2.208.400 (3 tahun) – Rp 3.516.300 (33 tahun) 
  • IIC = Rp 2.301.800 (3 tahun) – Rp 3.665.000 (33 tahun)
  • IID = Rp 2.399.200 (3 tahun) – Rp 3.820.000 (33 tahun)

3. Golongan III

  • IIIA = Rp 2.597.400 (masa kerja 0 tahun) – Rp 4.236.400 (masa kerja 32 tahun)
  • IIIB = Rp 2.688.500 (0 tahun) – Rp 4.415.600 (32 tahun)
  • IIIC = Rp 2.802.300 (0 tahun) – Rp 4.602.400 (32 tahun)
  • IIID = Rp 2.920.800 (0 tahun) – Rp 4.797.000 (32 tahun) 

4. Golongan IV

  • IVA = Rp 3.044.300 (masa kerja 0 tahun) – Rp 5.000.000 (masa kerja 32 tahun)
  • IVB = Rp 3.173.100 (0 tahun) – Rp 5.211.500 (32 tahun)
  • IVC = Rp 3.307.300 (0 tahun) – Rp 5.431.900 (32 tahun)
  • IVD = Rp 3.447.200 (0 tahun) – Rp 5.431.900 (32 tahun)
  • IVE = Rp 3.593.100 (0 tahun) – Rp 5.901.200 (32 tahun) 

Daftar di atas itu baru hanya gaji pokoknya saja ya, belum ditambah dengan segudang tunjangan yang bakal didapatkan oleh PNS, mulai dari tunjangan makan, tunjangan hari raya, hingga tunjangan keluarga. 

Itulah informasi mengenai tes CPNS yang setiap pembukaannya selalu ramai peminat. Sayangnya, hingga kini belum ada pengumuman resmi mengenai tanggal tes CPNS 2019 dan instansi mana yang tengah membuka lowongannya. Selalu pantau informasi terkait CPNS di situs-situs resmi ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.