Hore, Lowongan CPNS Dibuka Lagi! Ada 100 Ribu Posisi Kosong Lho

1 menit
Ilustrasi Pelamar CPNS (Shutterstock)
Ilustrasi Pelamar CPNS (Shutterstock)

Pemerintah akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 100 ribu formasi pada Oktober 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin menyatakan lowongan diutamakan untuk tenaga pendidikan. “Guru honorer yang lebih diutamakan,” kata Syafruddin.

Dirinya belum merinci lowongan CPNS tersebut, sebab masih dalam pembahasan lebih lanjut. Selain karena kebutuhan SDM, pemerintah kembali membuka lowongan CPNS untuk menutup jumlah pegawai yang pensiun.

Pemerintah juga akan kembali membuka pendaftaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Juni mendatang. P3K merupakan pegawai pemerintah yang memiliki jam kerja lebih fleksibel dengan masa kerja paling cepat satu tahun.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, pendaftaran PPPK akan dibuka setelah Juni 2019. “PPPK mungkin setelah Juni. Untuk yang PNS mungkin Oktober karena banyak sekali jumlahnya,” katanya. 

Adapun proses pemberkasan PPPK tahap 1 masih terus berlangsung. Proses pemberkasan dilakukan sambil menunggu penghitungan kebutuhan masing-masing daerah untuk pembayaran gaji pegawai PPPK.

Dua Tahap Seleksi

Sesuai amanat Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), rekrutmen PPPK melalui dua tahapan seleksi, yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

Pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi pengadaan PPPK, wajib mengikuti wawancara untuk menilai integritas dan moralitas sebagai bahan penetapan hasil seleksi.

Seleksi CPNS sendiri selalu mengundang minat yang besar dikalangan masyarakat. Gak heran jika informasi lowongan CPNS selalu diserbu oleh puluhan bahkan ratusan ribu pelamar.

Sebelumnya tahun ini, Pemerintah juga sempat membuka lowongan CPNS besar-besaran. So, bagi kamu yang tertarik jangan lupa pantengin informasinya lebih lanjut. Jangan sampai ketinggalan ya.

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!