4 Crazy Rich Indonesian Berharta Triliunan yang Tukar Dolarnya ke Rupiah

3 menit
Sandiaga Uno (IG sandiuno)

Nilai tukar dolar yang terus perkasa terhadap rupiah membuat beberapa konglomerat Tanah Air menukarkan uang dolar milik mereka. Empat Crazy Rich alias orang tajir ini juga menukarkan dolar mereka yang banyak jumlahnya ke rupiah guna menjinakkan nilai tukar dolar.

Ketika banyak warga Indonesia yang menukarkan dolarnya ke rupiah, secara gak langsung cadangan dolar negara bertambah bukan. Langkah itu tentu bisa membantu penstabilan nilai tukar yang makin buruk.

Para Crazy Rich ini adalah pendiri dari sebuah perusahaan ternama di Indonesia. Mereka pun masuk ke dalam urutan orang terkaya di Tanah Air.

Bicara soal harta, udah pasti harta mereka ya triliunan. Jadi gak heran kalau berapa persen harta mereka ternyata dalam bentuk Dolar Amerika Serikat.

Ingin tahu siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya di bawah ini:

1. Sandiaga Uno

Sandiaga Uno (IG sandiuno)
Sandiaga Uno (IG sandiuno)

Mantan Wakil Gubernur Jakarta yang juga merupakan pendiri PT Saratoga Investama Tbk, merupakan Crazy Rich Indonesian pertama yang diberitakan menukarkan hartanya yang berbentuk bolar ke rupiah. Jumlah yang dia tukarkan 40 persen dari total dolar yang dimiliki.

Jumlah dolar milik pria dengan kekayaan Rp 5 triliun ini memang gak pernah disebutkan. Hanya saja, pada saat sesi penukaran dolar tersebut, pria yang akrab disapa Bang Andi itu menukarkan US$ 1.000 dulu sebagai langkah simbolis.

Simbolisnya tadi 1.000 dolar. Sekarang hampir 40% dari portfolio valas saya. Sekarang saya lebih dari 95% posisi rupiah saya di portfolio saya,” ungkap Sandiaga.

2. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir (TEMPO/Aditia Noviansyah)
Garibaldi Thohir (TEMPO/Aditia Noviansyah)

Bos Adaro Energy, Garibaldi alias Boy Thohir juga telah menukar uang US$ 1,7 miliar ke rupiah. Jika dirupiahkan, angka tersebut mencapai Rp 25 triliun! Tapi ini bukan uang pribadi beliau, melainkan uang perusahaan.

Dari total US$ 1,7 miliar yang ditukarkan Boy Thohir, uang itu gak lain adalah royalti pajak senilai US$ 600 hingga US$ 700 juta, transaksi BBM dengan PT Pertamina Persero US$ 400 hingga US$ 500 juta.

Meski bisa dibelikan pulau pribadi di Amerika Latin, tapi hal itu gak mungkin dilakukan Boy Thohir. Nanti bisa gawat keuangannya PT Adaro!

Semua tentu tahu, Boy Thohir adalah orang terkaya ke 29 di Indonesia versi Globe Asia. Dia adalah putra mendiang Teddy Thohir, dan kakak dari bos Mahaka Group, Erick Thohir.

3. Dato Sri Tahir

pengusaha sukses
Tahir (Media Indonesia)

Beliau baru saja mendonasikan uang yang besar ke korban Gempa Palu. Setelah itu, bos Mayapada Group ini menukarkan uangnya dalam bentuk Dolar AS dan Singapura yang nilainya mencapai Rp 2 triliun pada 15 Oktober 2018.

Tahir blak-blakan mengungkapkan, tindakannya dilakukan untuk membantu penstabilan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Putra mantan tukang becak ini memiliki gurita bisnis yang sangat besar. Mayapada Group bukan cuma bergerak di sektor perbankan lho, mereka juga punya properti, media cetak, rumah sakit, hingga televisi berbayar.

Crazy Rich Surabayan yang satu ini juga masuk dalam 10 besar orang terkaya di Indonesia. Total hartanya mencapai US$ 3,7 miliar atau setara Rp 55 triliun. Jadi, apalah artinya kalau cuma Rp 2 triliun buat beliau!

Bisa jadi uang sebesar itu bakal digunakan untuk beramal lagi. Berhubung bapak yang satu ini memang terkenal dengan kedermawanannya.

4. Eka Tjipta Widjaja

Pengusaha, Eka Tjipta Widjaja, di kantornya, Jakarta, 1991. [TEMPO/ Robin Ong]
Nah kalau yang ini sih Crazy Rich Indonesian yang paling rich di antara lainnya. Usut punya usut, pendiri Sinarmas ini menukarkan Dolar AS secara rutin dan jumlahnya Rp 600 miliar!

Salah satu perusahaan batu bara milik Sinarmas yaitu PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) memang rutin menukar hasil penjualan ekspor batu bara miliknya dari mata uang dolar Amerika Serikat (AS) ke rupiah.

Konversi ini dilakukan karena perusahaan tersebut jelas butuh rupiah untuk biaya operasional. Salah satunya, membayar gaji karyawan.

Sama seperti Boy Thohir, meskipun besar, dana ini bukan dana pribadi Eka Tjipta, melainkan uang perusahaan.

Sebelum jadi orang terkaya kedua di Indonesia, Eka adalah seorang perantauan asal Tiongkok. Beliau cuma lulusan SD, dan terbiasa kerja serabutan.

Siapa sangka, kini dia adalah konglomerat tajir dengan total harta US$ 9,1 miliar atau Rp 138 triliun.

Itulah empat Crazy Rich Indonesia yang sudah menukarkan dolarnya ke rupiah. Apa kamu berniat mengikuti langkah mereka dengan menukarkan dolar ke rupiah juga?

Silakan saja berkontribusi buat negara, karena itu sifatnya baik. Semoga mata uang negara kita nilai tukarnya kembali stabil lagi seperti dulu kala. (Editor: Chaerunnisa)

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.