Banner ImageBanner Image

Cukup Bayar Uang Muka Rp 5 Juta, Kamu Sudah Bisa Bawa Pulang New Toyota Avanza

3 menit
Toyota Avanza (Shutterstock).

New Toyota Avanza sudah ramai diberitakan sejak akhir tahun lalu. Menyambut awal tahun, Toyota benar-benar memberikan kejutan pada kendaraannya.

Mobil sejuta umat, Toyota Avanza hadir dengan wajah baru. Sebelumnya dikabarkan Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia sudah berjanji akan mengeluarkan salah satu jagoannya.

Akhirnya hal ini memang benar terjadi, tampilan model baru New Toyota Avanza terkuak dan banyak beredar di dunia maya meskipun secara resmi belum meluncur. Bahkan di media sosial (Instagram dan WhatsApp) sangat mudah di jumpai sekaligus terdapat penawaran dari beberapa sales Toyota.

Mobil yang bermain di kelas low MPV ini memang banyak ditunggu oleh pecinta fanatik Avanza. Kesempatan ini dimanfaatkan beberapa sales Toyota untuk memberikan penawaran ke konsumen lewat media sosial.

Dilansir laman Carmudi, dikatakan dalam judul media sosial “2019 Sudah Waktunya Ganti New Veloz dan New Avanza” dan terselip nomor kontak untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait New Toyota Avanza baru.

“Banyak yang minat, kita sudah buka pemesanan belum lama ini. Tapi sebenarnya kabar mengenai New Toyota Avanza terbaru ini sudah banyak diberitakan sekitar pertengahan Desember 2018. Awal 2019 kita sudah buka pemesanan,” ujar salah satu sales Toyota di kawasan Depok kepada Carmudi.

Menurutnya, tak sedikit calon konsumen yang mengantri untuk mendapatkan mobil baru pesaing Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero ini. Sayangnya untuk harga pastinya masih belum tersiar kabar menunggu saat peluncuran resmi.

Rencananya peluncuran akan dilakukan pertengahan Januari 2019 menurut kabar yang beredar. Namun meskipun begitu pemesanan atau boking bisa dilakukan dengan memberikan tanda jadi sekitar Rp 5 juta sampai Rp 10 juta. Ini untuk menandakan kalau konsumen akan mendapatkan unit terlebih dahulu.

Baca juga: Pengin Sukses Jawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja? Ini Triknya, Mudah Kok!

Perubahan Desain Avanza

Tampilan Avanza terbaru. (Instagram/@avanza2019official)
Tampilan Avanza terbaru. (Instagram/@avanza2019official)

Gambar yang beredar di media sosial bisa menjadi patokan konsumen untuk lebih meyakini pilihannya. Terlihat desain New Toyota Avanza lebih “jaman now” tercermin dari tren lampu sipit pada bagian depan yang sudah LED DRL.

Pada bumper depan bisa dikatakan mirip Voxy, akan tetapi ditambah beberapa lekukan untuk mempertegas dan lips spoiler. Sayangnya tak ada lampu kabut, kemungkinan ini varian paing rendah. Memang tak banyak perubahan yang dilakukan pada bagian depan.

Tampilan Avanza terbaru. (Instagram/@avanza2019official)
Tampilan Avanza terbaru. (Instagram/@avanza2019official)

Seperti diberitakan sebelumnya New Toyota Avanza tetap menggunakan pengerak roda belakang. Diyakini mobil jagoan Toyota ini memberikan pilahan mesin yaitu 1.500 cc Dual VVT-i dan 1.300 cc. Penasaran?

Baca juga: Pilih Tinggal di Apartemen Superblok atau Tunggal? Kenali dulu Untung Ruginya Ini

Sejarah Toyota Avanza

Tampilan Avanza terbaru. (Instagram/@avanza2019official)
Tampilan Avanza terbaru. (Instagram/@avanza2019official)

Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang dipasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Generasi pertama mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Nama “Avanza” berasal dari bahasa Italia avanzato, yang berarti “peningkatan”.

Pada tahun 2005 diluncurkan Avanza (1.3 S VVT-i) dengan transmisi “otomatis” dan sudah dilengkapi teknologi pengereman ABS Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi pengaturan katup variabel VVT-i yang melengkapi semua versi (facelift).

Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New Avanza S (1.5 S VVT-i) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium 15″. Mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New Avanza S tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Sementara perubahan model secara keseluruhan (full model change) dilakukan pada tanggal 7 November 2011 yang menandai mulainya generasi kedua dikenal sebagai All New Avanza. Munculnya varian baru Veloz (berasal dari bahasa Inggris, Velocity yang artinya kecepatan) menjadi varian teratas (top of the line) juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya.

Selain itu, pada bulan Juni 2014, Toyota juga menghadirkan Avanza Luxury sebagai varian termewah dari Avanza. Versi facelift dari Avanza generasi kedua yaitu Grand New Avanza dan Grand New Veloz diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 2015.

Toyota Avanza juga dipasarkan di sejumlah negara Asia Pasifik seperti Malaysia (Versi 1.5 G dilengkapi dengan airbag), Thailand, dan Filipina, selain itu juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Meksiko. Sementara Daihatsu Xenia generasi pertama juga dijual di Republik Rakyat Tiongkok dengan konfigurasi kapasitas mesin 4 silinder 1.300 cc seperti Toyota Avanza. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan