Self Love Days, Cuti Jenis Baru untuk Mencintai Diri Sendiri! Sudah Dapat?

2 menit
Cuti
Cuti

Setiap karyawan yang terdaftar dalam suatu perusahaan memiliki hak menggunakan cuti. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis off kerja yang wajib diterapkan perusahaan. 

Menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 (UU 13/2003) tentang Ketenagakerjaan, ragam jenis cuti terdiri dari tahunan, sakit, hamil, cuti besar, cuti penting, dan bersama. 

Jatah libur karyawan tahunan diberikan minimal 12 hari per tahun dan diberikan pada karyawan yang sudah bekerja selama setahun di perusahaan tersebut. Namun, pemberian ini ditetapkan berdasarkan diskusi dan kesepakatan antara karyawan dan perusahaan. 

Untuk off saat sakit tak memiliki batasan waktu, cukup melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Khusus untuk wanita bisa mendapatkan cuti haid di hari pertama dan kedua bila merasa sakit. Off kerja saat hamil diberikan selama 45 hari sebelum kelahiran dan 45 hari setelah kelahiran. 

Cuti besar diberikan untuk karyawan yang telah bekerja minimum selama enam tahun, bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan dan tidak mengurangi jatah tahunan. 

Cuti penting diberikan tiga hari pada karyawan yang hendak menikah. Dua hari untuk karyawan yang menikahkan, mengkhitankan, membaptis anak, istri melahirkan, dan keluarga ada yang meninggal. Sementara cuti bersama disesuaikan peraturan dan ketetapan pemerintah. 

Nah, di luar jenis-jenis off kerja di atas, ternyata ada perusahaan yang malah memberikan libur karyawannya untuk “Self Love Days” alias melakukan masturbasi.

Namun, peraturan itu hanya berlaku di perusahaan mainan seks asal Inggris, LELO. Untuk mengetahuinya, yuk simak pemaparan Dewiku jaringan MoneySmart berikut: 

Self Love Days

Cuti
Cuti

Karyawan LELO bisa mengambil off kerja “Self Love Days” untuk mempunyai waktu memuaskan diri secara seksual dan sebanyak mungkin mencapai orgasme.

Itu dilakukan untuk membuat pikiran para staf bisa “sehat”, sehingga bisa lebih baik saat mencoba produk mereka.

Baca juga: Selain Indonesia, 4 Negara Ini Juga Pilih 3 Juni sebagai Awal Libur Lebaran 2019

Lebih bahagia bakal tingkatkan produktivitas

Cuti
Cuti

Ada alasan positif di balik langkah LELO memberi hak karyawannya off kerja “Self Love Days”. Pasalnya, kegiatan “menyenangkan diri sendiri” itu termasuk berkaitan dengan endorfin dan oksitosin, yakni hormon yang disebut membuat perasaan bahagia.

LELO percaya bahwa “Self Love Days” bakal membuat staf lebih bahagia, mengurangi stres, dan pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas mereka.

Dimulai November 

Cuti
Cuti

LELO memastikan, skema libur khusus tersebut akan dimulai pada bulan November mendatang.

“Kami sangat senang memperkenalkan inisiatif baru di mana kami menawarkan kepada karyawan UK kesempatan untuk mengambil hingga empat hari setahun untuk mencintai diri,” ungkap Rachael Nsofor, juru bicara LELO UK.

Itulah off kerja jenis baru yang diterapkan di salah satu perusahaan negeri Britania Raya. Untuk Indonesia, tampaknya cuti jenis ini tidak atau belum ada. Kita lihat saja nanti!

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.