Deretan Keluarga Terkaya di Dunia yang Hartanya Tembus Seribu Triliun Rupiah

3 menit
Deretan Keluarga Terkaya di Dunia yang Hartanya Tembus Seribu Triliun Rupiah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau cerita orang kaya udah sering banget didengar, gimana dengan kisah keluarga terkaya di dunia? Ya, benar banget. Keluarga yang lagi dibicarakan ini berisikan orang-orang yang super kaya.

Saking tajirnya nih, satu keluarga bisa memiliki kekayaan hingga ratusan miliar dolar alias ribuan triliun rupiah. Betapa banyaknya bukan harta kekayaan yang mereka miliki tersebut.

Usut punya usut, rupanya kekayaan yang ditumpuk keluarga terkaya di dunia ini berasal dari berbagai bisnis yang dijalankan bersama-sama. Dari generasi ke generasi, bisnis yang dijalankan tersebut terus berkembang bahkan hingga sekarang lho. 

Baca juga: Bagikan Triliunan Rupiah untuk Istri Usai Cerai, Jeff Bezos Tetap Terkaya di Dunia?

Perkembangan bisnis itulah yang bikin posisi mereka sebagai keluarga terkaya di dunia tetap langgeng hingga saat ini. Pengin tahu siapa aja keluarga yang hartanya disebut-sebut gak bakal habis-habis ini? Dilansir dari Investopedia, ini dia daftarnya.

1. Keluarga Walton

Walmart yang gak lain milik keluarga Walton merupakan salah satu keluarga terkaya di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Keluarga terkaya di dunia yang satu ini dikenal karena memiliki Walmart, jaringan retail terbesar yang beroperasi di Amerika Serikat. Saking besarnya, jaringan retail tersebut udah meluaskan bisnisnya hingga Argentina, Brazil, Inggris, Jepang, Kanada, Meksiko, Puerto Riko, dan Cina.

Seperti yang pernah diulas Moneysmart, Walmart didirikan Sam Walton pada tahun 1962 di Arkansas, Amerika Serikat. Tokonya bisa begitu terkenal karena menawarkan harga yang lebih terjangkau dari toko lainnya.

Baca juga: 6 Anak Orang Terkaya Indonesia Ini Sukses Ikuti Jejak Orangtua

Karena keunggulan itulah, Walmart kemudian mendapat banyak pengunjung. Hingga akhirnya toko ini menjelma menjadi bisnis berskala besar. Buat informasi aja nih, Walmart bisa memperoleh omzet hingga US$ 500 miliar atau Rp 7.093 triliun.

Berkat Walmart, Keluarga Walton dilaporkan memiliki kekayaan dari US$ 151,5 miliar – US$ 174,5 miliar. Kalau dirupiahkan, kekayaan keluarga ini mencapai Rp 2.149 triliun – Rp 2.475 triliun.

2. Koch bersaudara

Koch bersaudara yakni Charles dan David Koch merupakan pendiri Koch Industries, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dari Koch Industries, Charles dan David Koch menjadi dua orang bersaudara yang kaya raya. Bisnis yang dirintis ayah mereka ini sukses menjadikan keluarga Koch sebagai keluarga terkaya di dunia.

Koch Industries diketahui bergerak di banyak bidang usaha. Mulai dari pemurnian dan distribusi minyak bumi, bahan kimia, energi, serat, zat antara dan polimer, mineral, pupuk, pulp kertas, peralatan teknologi kimia, peternakan, keuangan, perdagangan komoditas, dan investasi.

Baca juga: Lebih dari 90 Tahun, Ini 10 Orang Terkaya Tertua di Indonesia Versi Forbes

Dari bisnis-bisnis tersebut, keluarga Koch bisa memiliki kekayaan hingga US$ 120 miliar atau sekitar Rp 1.702 triliun. Gak cuma di dunia bisnis, Koch bersaudara ini juga punya pengaruh dalam dunia politik. Mereka diketahui terlibat aktif dalam pembiayaan kegiatan politik.

3. Keluarga Mars

Salah satu store cokelat M&M’s yang dimiliki oleh keluarga Mars, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tahu merek-merek consumer goods, seperti M&M’s, Snickers, Doublemint, ataupun Eclipse? Nah, merek-merek consumer goods tersebut adalah produk-produk dari Mars Incorporated.

Mars Incorporated adalah perusahaan besar yang sukses bikin Keluarga Mars menjadi keluarga terkaya di dunia. Keluarga ini dilaporkan memiliki kekayaan yang jumlahnya mencapai US$ 70,9 miliar – US$ 89,7 miliar. Atau dirupiahkan sebesar Rp 1.005 triliun – Rp 1.272 triliun.

4. Bernard Arnault dan keluarga

Bernard Arnault salah satu keluarga terkaya di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Merek-merek barang mewah, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, jam tangan Hublot, dan TAG Heur, ternyata bikin Bernard Arnault dan keluarga menjadi salah satu keluarga terkaya di dunia. Kabarnya merek-merek yang dijual lewat perusahaan LVMH bikin keluarga ini memiliki kekayaan hingga US$ 72,2 miliar atau Rp 1.024 triliun.

Awalnya Bernard Arnault terjun ke dunia bisnis dengan bergabung ke bisnis konstruksi milik ayahnya. Pada 1980-an, ia kemudian mendirikan perusahaan LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton SE atau  LVMH.

Dari perusahaan yang didirikannya tersebut, ia mengakuisisi perusahaan tekstil Prancis Boussac. Bisnis yang dijalankan tersebut lama-lama menjadi besar yang kemudian juga membesarkan kekayaan Bernard Arnault dan keluarga.

Udah tahu kan sekarang siapa aja keluarga-keluarga terkaya di dunia? Berkat usaha dan ketekunan mereka, bisnis yang dijalankan menjelma menjadi raksasa pencetak uang. Ke depan gak menutup kemungkinan harta mereka makin berlipat nantinya. (Editor: Mahardian Prawira). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan