Mulai dari 0,65 Persen, Ini Daftar Bank Pemberi KTA Bunga Rendah 2019

4 menit
KTA Bunga Rendah Terbaru 2019 (Shutterstock).
KTA Bunga Rendah Terbaru 2019 (Shutterstock).

Pengin ambil KTA, udah tahu belum berapa bunga terbarunya di tahun 2019? Kamu perlu tahu ini berapa besaran bunga yang berlaku saat ini agar punya pertimbangan dalam mengambil mana KTA bunga rendah yang cocok.

Seperti yang kamu tahu, besaran bunga KTA tiap-tiap bank di Indonesia berbeda satu sama lain. Ada yang kasih 1 persen, ada juga yang kasih 0,65 persen. Udah pasti bunga yang kecil lebih menarik. Soalnya besaran cicilan KTA bunga rendah lebih ringan.

Nah, buat mempermudah kamu dalam mengetahui mana aja bank yang tawarkan KTA bunga rendah, Moneysmart udah bikin daftar terbarunya nih. Jadi, kamu tinggal mengeceknya lalu mempertimbangkannya. Langsung aja yuk di cek daftarnya.

Baca juga: Kredit Tanpa Agunan (KTA), Udah Tau 5 Biaya Selain Bunga Ini Belum?

Ini lho daftar bank yang tawarkan KTA bunga rendah 2019

KTA Bunga rendah
Bank seringkali tawarkan KTA (Shutterstock).

Tiap tahunnya bank-bank di Indonesia menetapkan bunga KTA dengan besaran yang berbeda-beda. Makanya kalau pengin dapat cicilan yang ringan, kamu harus jeli dalam memilih bank yang memberi penawaran KTA bunga rendah.

Berikut ini adalah daftar bank yang tawarkan KTA bunga rendah terbaru tahun 2019 yang resmi ditetapkan bank-bank di Indonesia beserta lamanya tenor pinjaman.

Bank Bunga (%) Besaran Pinjaman Tenor
Standard Chartered 0,65 – 1,49 ≥ Rp 50 juta – Rp 200 juta 12 – 60 bulan
Bank DBS 0,88 – 1,49 Rp 5 juta – Rp 300 juta 12 – 36 bulan
CIMB Niaga 0,99 – 1,79 Hingga Rp 200 juta Hingga 48 bulan
Bank Permata Dari 0,88 Hingga Rp 300 juta Hingga 60 bulan
Bank Mandiri 0,50 – 0,61 Rp 5 juta – Rp 1 miliar 12 bulan – 180 bulan
Bank BCA 1,00 – 1,07 Rp 5 juta – Rp 100 juta 12 bulan – 36 bulan
KEB Hana Bank 0,95 – 1,49 Rp 5 juta – Rp 200 juta 12 bulan – 60 bulan
Maybank 0,79 – 1,69 Hingga Rp 250 juta 12 bulan – 60 bulan
Panin Bank 0,68 – 1,20 Rp 3 juta – Rp 500 juta 12 bulan – 36 bulan
Bank Danamon 1,09 – 1,39 Rp 5 juta – Rp 200 juta 12 bulan – 36 bulan

 

Syarat-syarat pengajuan KTA yang penting dan wajib disiapkan

KTA Bunga rendah
Syarat mengajukan KTA (Shutterstock).

Tawaran KTA bunga rendah tentu aja menarik minat banyak orang dalam melakukan pengajuan. Walaupun begitu, bukan berarti bank-bank dengan mudah menyetujui setiap pengajuan yang datang.

Ada beberapa pertimbangan bank dalam memberikan persetujuan atau penolakan terhadap pengajuan KTA. Karena itu, kamu perlu tahu nih apa aja syarat-syarat yang wajib dipenuhi kalau pengin pengajuan KTA bunga rendah disetujui.

Berikut ini adalah syarat-syarat pengajuan KTA yang wajib disiapkan.

  • Kartu kredit. Perlu kamu tahu, orang yang memiliki kartu kredit lebih berpeluang disetujui pengajuannya. Sebab bank lebih mudah mengetahui kolektibilitas kredit nasabah lewat SLIK OJK. Apakah si nasabah punya riwayat utang yang baik atau buruk?
  • Besaran gaji yang sesuai dengan besaran cicilan. Perlu kamu tahu, kesanggupan membayar cicilan ditentukan besaran gaji. Rasionya adalah 30 persen gaji buat bayar cicilan. Jangan berharap disetujui ya kalau besaran cicilan lebih dari rasio tersebut.
  • Pastikan punya rekening payroll di bank yang mana KTA diajukan. Keberadaan rekening payroll ini memudahkan bank dalam melihat cash flow di rekening kamu.
  • Pastikan gak lagi punya kewajiban kredit berjalan. Balik lagi ke rasio 30 persen gaji. Kalau kamu punya kredit berjalan, bank terkadang ragu buat menyetujui pengajuan. Soalnya berisiko nantinya timbul gagal bayar.
  • Penuhi dokumen-dokumen yang diminta. Mulai dari fotokopi rekening tabungan, mengisi formulir pengajuan, fotokopi KTP, slip gaji terakhir, fotokopi kartu kredit, hingga NPWP.

Baca juga: Jangan Gunakan Kredit Tanpa Agunan untuk 3 Hal Ini Kalau Gak Mau Pusing

Cara-cara melakukan pengajuan KTA

KTA Bunga Rendah
Pengajuan KTA (Shutterstock).

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat mengajukan KTA bunga rendah. Mulai dari mengajukan KTA secara langsung hingga pengajuan online.

1. Mengajukan KTA langsung ke bank

Kamu bisa langsung mengajukan KTA bunga rendah dengan langsung mendatangi banknya. Cukup membawa dokumen-dokumen yang diminta, kamu udah bisa melakukan pengajuan.

Buat kelengkapan dokumennya, kamu bisa mengeceknya di website bank-bank yang kamu pengin apply pinjamannya. Terus tinggal dicari tahu deh di mana lokasi bank yang terdekat.

2. Mengajukan KTA secara online dengan mengisi form di website bank

Sejumlah bank diketahui telah menggunakan cara ini buat memudahkan nasabahnya dalam melakukan pengajuan. Kamu bisa melakukannya dengan membuka website bank yang kamu pilih sebagai tempat mengajukan KTA.

Misalnya aja kamu mengajukan KTA Standard Chartered. Kamu buka website Standard Chartered Indonesia. Terus cari produk pinjaman kredit tanpa agunan kemudian pilih. Di situ ada tombol Ajukan Sekarang yang kalau diklik, meminta kamu buat isi formulir.

3. Melakukan pengajuan online di financial aggregator

Cara online lainnya yang bisa kamu lakukan buat mengajukan KTA adalah melalui financial aggregator. Cara ini gak cuma memudahkan kamu dalam melakukan pengajuan, tetapi juga memudahkan kamu dalam membandingkan KTA dari bank-bank di Indonesia.

Ada sejumlah financial aggregator yang sejauh ini telah eksis di Indonesia. Sebut aja Duitpintar, Cermati, CekAja, AturDuit, hingga GoBear.

Nah, udah tahu kan sekarang bank-bank mana aja yang menawarkan KTA bunga rendah? Tinggal dipilih aja mana yang oke buat kamu. Selamat mengajukan dan semoga berhasil ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!