Banner ImageBanner Image

Dijamin Gratis! Belajar di Platform Kursus Online Ini Bikin Karier Jadi Moncer

3 menit
Dijamin Gratis! Belajar di Platform Kursus Online Ini Bikin Karier Jadi Moncer, (Ilustrasi/Pixabay).

Setuju kalau belajar itu bisa dilakukan di mana aja. Apalagi sekarang ini, kamu bisa mempelajari hal-hal baru atau mempertajam kemampuanmu dengan mengikuti kursus online.

Seperti yang kamu tahu, menguasai kemampuan-kemampuan baru ataupun meningkatkan kemampuan yang udah dimiliki bisa bikin kamu menjadi sukses dalam karier. Di sinilah banyak orang merasa perlu menambah dan meningkatkan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya.

Baca juga: Belajar Baking lewat Kursus Online Mulai Rp500 Ribu! di Dapur Wanita Ini Aja

Nah, buat kamu yang pengin menambah atau meningkatkan kemampuan atau skill, ada beberapa kursus online nih yang bisa kamu ikuti. Dijamin kamu gak bakal dikenakan biaya alias gratis deh buat mengikuti kursus-kursus online tersebut.

Apa aja platform online yang sediakan kursus online gratis? Dikutip dari Lifehack, inilah daftarnya.

1. Coursera

Coursera salah satu platform buat kamu yang pengin kursus online, (Coursera).

Dari sekian banyak platform kursus online, Coursera menjadi salah satunya yang membagikan ilmu secara cuma-cuma. Coursera telah menjalin kerja sama dengan banyak universitas dan organisasi di seluruh dunia.

Asal tahu aja nih, banyak universitas yang menjalin kemitraan dengan Coursera bukanlah sembarang kampus lho. Mulai dari Stanford University, California Institute of Technology, hingga University of Edinburgh bekerja sama dengan platform kursus online ini.

Baca juga: Pengin Belajar Atur Keuangan Secara Cuma-Cuma? Ikuti Aja 4 Kelas Online Ini

Ditambah lagi dengan institusi pendidikan dan kebudayaan lainnya, seperti National Geographic, The Museum of Modern Art, hingga World Bank. Jadi, gak perlu ragu deh buat belajar di Coursera.

2. Khan Academy

Khan Academy juga bisa kamu jadikan pilihan buat kursus online mu, (Khan Academy).

Didirikan Salman “Sal” Khan pada 2006, Khan Academy adalah platform kursus online yang memberikan edukasi secara cuma-cuma. Sal Khan adalah lulusan Massachusetts Institute of Technology dan Harvard University yang kemudian karier sebagai pendidik.

Di Khan Academy kamu bisa mendapatkan pelajaran yang ditawarkan lewat latihan praktik, video pembelajaran, dan dasbor pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan orang-orang dalam belajar di Khan Academy.

Banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan di Khan Academy. Mulai dari matematika, sains, pemrograman komputer, sejarah, sejarah seni, ekonomi, hingga banyak yang lainnya.

Baca juga: Yuk Belajar Bangkit dari Kebangkrutan Lewat Film Pursuit of Happyness, Caranya?

Khan Academy juga bermitra dengan banyak lembaga, seperti NASA, The Museum of Modern Art, The California Academy of Sciences, dan Massachusetts Institute of Technology. Dari kemitraan tersebut, kamu bisa menemukan konten-konten yang berkualitas.

3. Open Culture Online Courses

Open Culture Online Courses ini salah satu platform yang bisa kamu pilih sebagai sarana belajar, (Open Culture).

Di platform ini kamu juga bisa mengikuti kursus online secara gratis. Open Culture menyediakan banyak mata kuliah, video, hingga podcast yang berasal dari berbagai universitas di seluruh dunia.

Di Open Culture, banyak hal yang bisa kamu dapatkan, mulai dari:

  • 1.300 kursus online gratis dari universitas ternama di dunia.
  • 1.150 film online gratis.
  • 900 buku audio gratis.
  • 800 e-Book gratis.
  • Belajar 46 bahasa asing gratis.

4. Udemy

Udemy salah satu kursus online yang bisa kamu lakukan di mana pun dan kapan pun lho, (Udemy).

Satu lagi nih platform kursus online yang bisa kamu ikuti, yaitu Udemy. Bisa dibilang Udemy ini mirip-mirip dengan Coursera.

Udemy disediakan secara khusus buat para profesional yang pengin belajar lagi. Berbeda dengan platform-platform kursus online lainnya, konten-konten yang disediakan Udemy ini didapatkan dengan membeli dari para pembuat konten.

Meskipun begitu, ternyata ada beberapa konten yang gak disediakan gratis di Udemy. Kamu mesti mengeluarkan biaya buat mengakses konten-konten tersebut.

Nah, itu tadi daftar platform kursus online yang menyediakan konten-konten pembelajaran cuma-cuma. Dengan belajar di platform tersebut, bukan cuma hemat uang yang jadi keuntungan, melainkan kemampuanmu meningkat jadinya.

Asal kamu tekun dan mau belajar, yakin deh masa depan mu pasti bakal bagus banget. Apalagi kalau soal karier, siapa yang gak mau memiliki jenjang karier yang brilian banget ya kan, kuncinya asal kamu giat, rajin dan mau belajar keberhasilan udah pasti kepegang deh! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan