Ini Dia 20 Saham yang Terkenal Sering Bagi-Bagi Dividen ke Investor

3 menit
Saham (Ilustrasi).

Buat memudahkan para investor untuk beli saham, Bursa Efek Indonesia alias BEI merilis sejumlah indeks daftar saham berdasarkan beberapa kriteria. Ada yang syariah, ada yang likuid, dan ada juga yang sering membagikan dividen.

Nah kali ini kita akan bahas soal indeks IDX High Dividen 20 alias yang paling sering membagikan dividen.

Bisa dibilang, penghuni indeks ini adalah saham-saham yang memang hobi bagi dividen ke investornya. Sementara itu angka 20 di belakang menunjukkan jumlah emiten saham di indeks tersebut, ya jelas artinya ada 20 saham di IDX High Dividend 20.

Tapi ngomong-ngomong soal dividen, udah pada paham belum ya soal dividen itu apa? Terus gimana cara kita mendapatkannya?

Sebelum kita menyimak daftar saham yang sering bagi dividen. Gimana kalau kita kenalan dulu dengan dividen itu sendiri. Berikut ulasannya.

Baca juga: Pengin Wajah Bersih dan Bebas Kerutan, Ini 7 Make up Remover Murah yang Bisa Kamu Pakai

1. Pengertian dividen

Dividen (Shutterstock).

Dividen bisa diartikan sebagai pembagian laba kepada pemegang saham yang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Sederhananya, bila perusahaan itu “untung” maka pemegang sahamnya bisa kecipratan.

Tapi, besar kecilnya itu ditentukan dari kebijakan perusahaan dan jumlah saham yang dimiliki pemegang saham.

Sebut saja PT ABCD membagikan dividen senilai Rp 50 perak perlembar. Sedangkan kamu saat ini mengantongi 100 lembar saham. So, dividen yang bakal kamu dapatkan adalah, 100 x Rp 50 = Rp 5 ribu.

Jika suatu perusahaan akan memberikan dividen, tentu saja hal itu digembar-gemborkan di media. Dan biasanya dibagikan selesai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Seandainya kamu memiliki saham perusahaan yang bersangkutan, biasanya kamu akan menerima email dari sekuritas soal tanggal pembagiannya.

Dividen itu pun akan langsung disetorkan ke rekening dana nasabahmu pada saat yang ditentukan.

Itulah asyiknya investasi saham. Selain dapat keuntungan dari capital gain yang sangat cepat, kamu juga bisa dapat dividen. Akan tetapi dividen juga ada pajaknya ya, jadi jangan kaget kalau uang yang kamu terima ada potongannya.

2. Daftar saham di IDX High Dividend 20, fundamentalnya bagus

Siklus T+2 diharapkan dongkrak kinerja pasar modal. (Instagram/@idx_channel)
Siklus T+2 diharapkan dongkrak kinerja pasar modal. (Instagram/@idx_channel)

Karena rajin bagi dividen, otomatis daftar saham di indeks yang satu ini memang cukup bagus. Rata-rata semuanya blue chip dan tergabung juga di LQ45.

Tapi apakah semua saham di IDX High Dividend 20 itu layak beli untuk saat ini? Belum tentu.

Ingat lho, membeli saham artinya harus mencermati juga soal perkembangan terkini perusahaannya. Bisa jadi hari ini harganya masih terlalu mahal, dan beberapa bulan ke depan bakal turun.

Tapi gak usah khawatir deh ini kan tahun politik. Pascapemilu biasanya saham-saham bisa menghijau.

3. Siapa saja yang menghuni IDX High Dividend 20 hingga Juli 2019

Bursa Efek Indonesia
Skema Penyelesaian Transaksi T+2 (Bursa Efek Indonesia)

Belum lama ini, BEI mengeluarkan tiga emiten dari IDX High Dividend 20. Mereka adalah PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO).

Tapi tenang, dalam enam bulan ke depan akan ada emiten baru yang mengisi indeks tersebut. Mereka adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Bila kamu masih penasaran dengan daftar saham yang ada di indeks ini, gimana kalau simak saja tabel di bawah ini.

Itulah serba serbi sekaligus nama-nama daftar saham penghuni IDX High Dividend 20. Kira-kira apakah tertarik untuk membeli beberapa saham yang tergabung di indeks ini? Intinya, baca-baca dulu ya informasi seputar perusahaannya dan pantau harganya. Jangan beli saat harganya mahal. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan