Begini Cara Daftar SIPP Online buat Cek dan Hitung Iuran BPJS TK dengan Mudah

5 menit
SIPP Online
SIPP Online

Data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kini semakin mudah dikelola dengan menggunakan SIPP Online. Setiap perusahaan bakal terbantu banget kalau telah daftarkan dirinya di SIPP Online.

Walaupun udah banyak perusahaan atau pelaku usaha yang tahu keberadaan SIPP Online ini, gak sedikit yang masih bingung gimana cara daftar SIPP Online. Padahal, cara mendaftarnya cukup mudah lho asalkan mendapatkan informasi sesuai ketentuan BPJS Ketenagakerjaan.

Nah, dalam ulasan kali ini, Moneysmart mau bantu informasikan cara daftar SIPP Online yang perlu banget digunakan perusahaan ataupun pelaku usaha. Pastinya informasi ini resmi diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan. Mau tahu lebih lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan?

SIPP Online
SIPP Online (Instagram).

Cukup banyak perusahaan ataupun pelaku usaha yang mengalami kesulitan saat mengelola data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari data perusahaan, data tenaga kerja, data upah, hingga cara menghitung iuran.

Melihat kondisi ini, BPJS Ketenagakerjaan menawarkan solusi dengan menciptakan aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan BPJS Ketenagakerjaan atau SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Sebenarnya, apa itu SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan?

Dilansir dari website resmi BPJS Ketenagakerjaan, SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan adalah inovasi dalam bentuk website atau aplikasi dari BPJS Ketenagakerjaan buat melaporkan dan mengelola data perusahaan, data tenaga kerja, data upah, dan iuran secara cepat dan akurat.

Agar makin jelas seperti apa manfaat sesungguhnya dari SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ini? Berikut ini adalah penjelasan mengenai fitur-fitur atau menu-menu yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

Fitur-fitur atau menu-menu yang tersedia di SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP Online
Fitur SIPP online

Ada sejumlah fitur atau menu yang berguna banget bagi perusahaan atau pelaku usaha dalam urusan administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Apa aja fitur-fitur atau menu-menu tersebut?

1. Mutasi data

Dalam menu Mutasi Data, terdapat beberapa fitur pelaporan ataupun perhitungan iuran, seperti fitur Tambah Tenaga Kerja, Upload Upah, Upload Tenaga Kerja Non Aktif, Hitung Iuran, hingga Finalisasi.

2. Monitoring

Menu yang satu ini bertujuan agar perusahaan atau pelaku usaha dengan mudahnya bisa melakukan monitoring iuran. Di menu ini aplikasi SIPP Online menampilkan data iuran perusahaan, melihat total iuran, dan status pembayaran.

3. Laporan

Untungnya dari adanya aplikasi SIPP Online ini, perusahaan atau pelaku usaha dapat membuat: 

  • Laporan F1A buat melaporkan Tenaga Kerja Baru. 
  • Laporan F1B buat melaporkan Tenaga Kerja Keluar. 
  • Laporan F2A buat melaporkan Rincian Upah. 
  • Laporan F2 buat melaporkan Rincian Iuran.

4. Pengaturan

Kegunaan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi SIPP Online ini adalah tersedianya:

  • pengaturan Profil Perusahaan, 
  • Tambah Perusahaan, 
  • penghapusan Perusahaan Binaan, 
  • penambahan User pengelola perusahaan binaan, hingga 
  • penonaktifan user pengelola perusahaan binaan.

5. Fitur Tambahan

Keberadaan Fitur Tambahan ini membantu perusahaan atau pelaku usaha buat mengubah password user. Dengan begitu, hal-hal yang bisa membahayakan keamanan akun bisa dihindari.

Sesuai ketentuan resmi BPJS Ketenagakerjaan, begini cara daftar SIPP Online

SIPP Online
Cara daftar SIPP Online

Sebenarnya, melakukan registrasi agar bisa menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan itu gak sesulit yang dibayangkan lho. Gak membutuhkan waktu yang lama, kamu bisa mendaftarkan diri dengan mudah.

Lalu, gimana cara daftar SIPP Online? Ini langkah-langkahnya yang mengikuti ketentuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Buka sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id yang mana perusahaan atau pelaku usaha bisa melakukan pendaftaran ataupun menggunakan SIPP Online.
  2. Ketika halaman utama SIPP Online telah terbuka, pilih menu Daftar yang terdapat di menu Login.
  3. Begitu menu Daftar di klik, masukkan Nomor Pendaftaran Perusahaan atau NPP dan Divisi. Nama Perusahaan bakal terisi secara otomatis kalau NPP benar-benar telah terdaftar. Setelah semuanya terisi, pilih Next.
  4. Halaman selanjutnya meminta kelengkapan Data User Login, seperti Email dan Password. Lengkapi semua yang diminta lalu pilih Next.
  5. Halaman selanjutnya meminta Data User KPJ. Di halaman ini isi kolom Nomor Peserta (KPJ), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, dan Nomor Handphone. Sehabis itu, pilih tombol Daftar. Data User KPJ ini boleh menggunakan data HRD sebagai pihak yang mendaftarkan SIPP Online.
  6. Begitu tombol Daftar ditekan, SIPP Online nantinya menampilkan verifikasi nomor handphone terus mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor handphone. Masukkan OTP yang diminta SIPP Online dan notifikasi “Berhasil!” bakal muncul.
  7. Langkah terakhir adalah melakukan aktivasi akun SIPP Online. Email yang telah didaftarkan bakal dikirimkan link aktivasi. Klik link tersebut agar ter-direct ke aplikasi SIPP supaya bisa login.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi SIPP Online dijamin siap buat digunakan dan prosesnya udah pasti gak sampai memakan waktu lama.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP Online
Syarat ketentuan (Shutterstock).

Selain mengetahui fitur atau menu beserta kegunaannya, perusahaan juga perlu memahami beberapa hal yang perlu diperhatikan selama menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Apa aja hal-hal tersebut? 

  1. Kalau terjadi penyalahgunaan aplikasi, semua kerugian biaya yang ditimbulkan menjadi tanggung jawab perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Terus perusahaan diminta segera melapor ke BPJS Ketenagakerjaan mengenai terjadinya penyalahgunaan tersebut.
  2. BPJS Ketenagakerjaan berwenang melakukan penangguhan dan pemutusan layanan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan gak ada ganti rugi buat peserta. Wewenang ini berlaku asalkan terjadi dalam kondisi:
  • Adanya perbaikan, modifikasi, ataupun pemeliharaan layanan.
  • Adanya kerugian atau kerusakan terhadap layanan yang disebabkan pengguna aplikasi.
  • Adanya kebocoran atas credential data tenaga kerja yang disebabkan pengguna apliasi.
  • Adanya penyalahgunaan atau penipuan yang dilakukan pengguna aplikasi.

Namun, di luar kondisi-kondisi di atas, BPJS Ketenagakerjaan berhak menangguhkan dan memutuskan layanan. 

  1. Akses terhadap layanan di luar wilayah Indonesia dapat dilakukan selama mendapat izin dari BPJS Ketenagakerjaan. Pemberian izin ini mempertimbangkan syarat-syarat yang bisa dipenuhi perusahaan dan cuma negara-negara tertentu aja yang memungkinkan hal tersebut.

Ini alasan-alasan kenapa keamanan informasi SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan terjamin

SIPP Online
Alasan keamanan (Shutterstock).

Karena aplikasi dari BPJS Ketenagakerjaan ini berbasis online, pastinya timbul pertanyaan seberapa aman penggunaan SIPP Online. BPJS Ketenagakerjaan selaku penyedia aplikasi telah menjamin keamanan informasi dalam aplikasi dengan beberapa fitur pengaman.

1. One Time PIN

Ini adalah kode rahasia yang berguna buat aktivasi akun SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. One Time PIN ini bertujuan buat memastikan pengguna benar-benar melakukan registrasi. One Time PIN ini dikirimkan melalui SMS ataupun email pengguna.

2. Email konfirmasi

Isi email ini berupa link aktivasi supaya benar-benar bisa menggunakan akun. Dengan begitu, gak bakal ada oknum yang menyalahgunakan identitasmu buat memiliki akun SIPP Online.

3. Automatic log out

Ada kondisi yang mana pengguna bakal keluar dari aplikasi dengan sendirinya. Kalau selama lima menit gak ada aktivitas apa pun terkait penggunaan akun, koneksi bakal terputus secara otomatis dari aplikasi. Dengan begitu, akun bakal aman dari tangan-tangan jahil.

4. Firewall

Fungsi dari fitur pengaman ini adalah buat membatasi dan menjamin cuma pengguna yang boleh mengakses SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

5. User ID dan Password

Semua aplikasi pastinya memiliki fitur ini, termasuk SIPP Online. Keberadaan User ID dan Password bertujuan agar akun cuma bisa diakses pengguna yang mengetahui User ID beserta Password.

6. SSL 128-bit encryption

Fitur pengaman ini berperan dalam mengacak data yang dikirimkan menjadi kode-kode rahasia dengan menggunakan 128-bit encryption. Upaya buat mencuri data yang masuk ke SIPP Online bakal sulit dilakukan kalau pengirimannya melalui protokol Secure Socket Layer (SSL).

Nah, itu tadi informasi seputar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan dan cara daftarnya. Oh, iya kalau menemui kendala dalam pemakaian aplikasi ini, bisa segera menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500910 atau akun Twitter @BPJSTKinfo. Semoga informasi barusan bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!