Capai 4 Tujuan Keuangan Ini di Usia 40 Tahun, Hidup Bakal Sejahtera

4 menit
Tujuan keuangan di usia 40. (Shutterstock)
Tujuan keuangan di usia 40. (Shutterstock)

Seiring berjalannya waktu, usia pun terus bertambah. Pastinya kamu punya tujuan-tujuan yang pengin dicapai di usia tertentu agar hidup gak gini-gini aja. Contohnya adalah tujuan-tujuan keuangan yang sebaiknya udah diraih ketika memasuki usia 40 tahun nanti.

Asal tahu aja nih, usia 40 tahun menjadi patokan sejauh mana pencapaianmu sejauh ini. Jangan sampai ada beberapa tujuan keuangan yang belum tercapai saat kamu berada di usia tersebut.

Emangnya kamu gak mau menikmati masa-masa pensiun dengan tenang? Karena itu, penting banget buat menetapkan tujuan-tujuan keuangan jauh-jauh hari sebelumnya. Tercapainya tujuan-tujuan keuangan bakal memastikan dirimu menikmati hari tua dengan sejahtera.

Nah, apa aja tujuan-tujuan keuangan yang sebaiknya tercapai saat udah menginjak usia 40 tahun? Dikutip dari The Motley Fool, ini dia daftarnya.

Baca juga: Kesalahan-Kesalahan Ini Jangan Sampai Dilakukan Kalau Gak Pengin Keuangan Tekor

1. Pundi-pundi dana darurat udah terisi penuh

Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan miliki dana darurat. (Shutterstock)
Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan miliki dana darurat. (Shutterstock)

Dana darurat emang penting banget peranannya. Saat berada dalam situasi pelik yang mengharuskan kamu mengeluarkan banyak uang, dana darurat menjadi sumber uang yang bisa diandalkan. Kamu pun terhindar dari keharusan mengajukan pinjaman alias berutang.

Idealnya, besaran dana darurat ini 6 sampai 9 kali pengeluaran buat kebutuhan pokok. Tentu aja tiap tahunnya besaran dana darurat menyesuaikan dengan besaran alokasi kebutuhan pokok. Seandainya alokasi buat kebutuhan pokok naik, naikkan juga besaran dana darurat kamu.

Terus kamu juga perlu perhatikan posisi saat ini, apakah ada tanggungan atau gak. Misalnya aja kamu udah berkeluarga, punya istri dan dua anak. Ada baiknya bikin pundi dana darurat buat istri dan kedua anakmu.

Dengan kata lain, kamu punya empat pundi dana darurat. Satu buat kamu, satu buat istri, dan dua lagi buat kedua anakmu. Jadikanlah hal tersebut sebagai tujuan keuangan nanti.

Baca juga: Ingin Berkantong Tebal di 2019? Ini 4 Rencana Keuangan yang Harus Dilakukan

2. Miliki dana pensiun hingga tiga kali lipat

Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan miliki dana pensiun. (Shutterstock)
Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan miliki dana pensiun. (Shutterstock)

Memiliki dana pensiun adalah langkah bagus buat memastikan finansial tetap aman di hari tua nanti. Namun, sampai sejauh mana dananya bisa mengamankan kondisi finansialmu?

Inilah alasan penting kenapa pada usia 40 tahun, kamu udah punya dana pensiun yang besarannya hingga tiga kali lipat. Tentu aja mewujudkannya bukanlah hal yang mudah. Sebab kamu harus menyisihkan uang buat dana pensiun lebih besar dari sebelumnya.

Agar jangan sampai tersendat-sendat buat mewujudkannya, bayangkan aja saat tua nanti kamu punya dana pensiun yang nilainya cukup bikin kamu bertahan selama tiga tahun.

Lalu bandingkan dengan dana pensiun yang besarnya tiga kali lipat. Dengan besaran tersebut, kamu bisa bertahan selama sembilan tahun. Lebih pilih mana? Pilih yang bertahan selama sembilan tahun, bukan?

Supaya bisa tercapai sesuai target, kamu harus alokasikan dana tersebut ke instrumen investasi yang untungnya besar. Gak melulu saham, investasi di reksa dana saham bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Sebab investasi ini bisa kasih return 15 – 20 persen per tahun.

Baca juga: 6 Hal Seputar Keuangan Keluarga yang Harus Dirahasiakan dari Anak

3. Cukup punya utang KPR atau kendaraan

Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan batasi utang. (Shutterstock)
Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan batasi utang. (Shutterstock)

Hal yang satu ini sebaiknya menjadi perhatian kamu saat di usia 40 tahun nanti. Kamu cukup punya utang Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ataupun kendaraan. Sebisa mungkin, jangan punya utang lain di luar itu.

Kalau pun harus berutang dengan kartu kredit, pastikan transaksinya buat keperluan yang emang penting dan menjadi kebutuhan. Bukan keperluan yang didasari keinginan semata ataupun cenderung didasari sifat konsumtif.

Pastikan juga barang yang kamu beli dengan kartu kredit bisa dicicil dengan bunga 0 persen. Kalau pun gak, segera deh lunasi atau seenggaknya jangan lakukan pembayaran minimal kartu kredit.

Kenapa gak boleh punya utang lebih dari satu? Sederhana kok tujuannya, yaitu agar kamu bisa menyisihkan uang lebih banyak buat dana darurat ataupun investasi.

4. Jangan pernah berhenti menjadi nasabah asuransi jiwa

Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan memiliki asuransi jiwa. (Shutterstock)
Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan memiliki asuransi jiwa. (Shutterstock)

Begitu udah berkeluarga, hal yang harus kamu pikirkan adalah memiliki asuransi jiwa. Adanya asuransi jiwa bisa menjadi warisan yang diberikan ke pasangan dan anak.

Lagi pula punya asuransi jiwa itu menjadi tujuan keuangan yang baik buat perlindungan keluarga kamu. Begitu mengalami hal-hal yang gak diinginkan, keluarga masih bisa bertahan memenuhi kebutuhan dengan uang pertanggungan dari asuransi jiwa.

Harga polis asuransi jiwa gak mahal-mahal amat kok. Cukup bayar premi Rp 500 ribu per tahun maka tertanggung bisa menerima uang pertanggungan hingga Rp 700 juta.

Itu tadi tujuan-tujuan keuangan yang harus tercapai di usia 40 tahun. Gimana? Udah ada belum yang sejak sekarang pelan-pelan mulai kamu realisasikan? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan