Dana Kolaborasi Dengan JNE, Ini yang Akan Mereka Buat

2 menit
Dana Dompet Digital (Shutterstock)
Dana Dompet Digital (Shutterstock)

Dana salah satu perusahaan dompet digital di Indonesia bekerja sama dengan penyedia jasa Iayanan logistik JNE Express.

Vincent Iswara CEO Dana, mengatakan, saat ini pembayaran dan logistik merupakan tulang punggung perekonomian di Indonesia. Termasuk di industri perdagangan digital atau e-commerce. 

Bukan hanya dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis skala besar, keduanya juga dibutuhkan oleh para pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). 

Sayangnya, baik pembayaran maupun logistik masih menjadi tantangan di industri e-commerce, mengingat luasnya geografis lndonesia. 

Vincent menilai, kolaborasi antara teknologi pembayaran digital dan logistik menjadi salah satu solusi yang sangat baik untuk membantu mengatasi tantangan tersebut. 

Kolaborasi Untuk Kontribusi Bisnis

”Kemitraan ini membuka peluang untuk terus meningkatkan kontribusi kami dalam mendukung laju pertumbuhan perekonomian nasional. Belakangan ini bertumpu pada ekonomi digital,” ujar Vincent di Kantor Dana, Capital Place, Jakarta.

Ia menambahkan, kemitraan dengan JNE juga menjadikan Dana sebagai perusahaan teknologi yang mampu konsisten menghadirkan pengalaman bertransaksi digital kepada masyarakat luas.  

”Kolaborasi ini juga memiliki relevansi yang tinggi apabila mengacu kepada survey kami tentang tingginya penggunaan dompet digital untuk mendukung transaksi di platform e-commerce. Disamping keberadaan logistik sebagai mata rantai yang kritikal dalam mendukung Iayanan e-commerce,” ungkap Vincent.

Muhammad Feriadi, Presiden Direktur JNE, mengatakan, kolaborasi JNE dengan Dana menghasilkan fasilitas pembayaran cashless bagi semua pelanggan setia JNE di seluruh nusantara. 

“Manfaat dan kemudahan yang dihadirkan dengan sistem pembayaran ini, akan mempercepat proses transaksi dalam aktivitas pengiriman paket dan jual-beli online. Hal itu akan mendorong perkembangan e-commerce karena mendukung bisnis para pelaku usaha, terutama UKM,” kata Feriadi.

Inovasi Bisnis

Feriadi menegaskan, ditengah perkembangan digital JNE terus melakukan inovasi guna menjawab tantangan saat ini.

Adapun inovasi yang terus ditingkatkan, terutama dalam bidang IT dan infrastruktur. Hal ini memungkinkan JNE menunjang maupun bekerjasama dengan pihak-pihak dalam dua pilar lainnya. Yaitu Teknologi Finansial dan Online Platform salah satunya bermitra dengan Dana.

Sementara itu, Vincent mengatakan, sektor perdagangan elektronik atau e-commerce adalah salah satu motor utama penggerak ekonomi digital Indonesia saat ini. 

Sektor ini digadang-gadang mampu menjadi pilar utama menguatnya perekonomian nasional dengan prakiraan nilai transaksi sebesar USD4,45 Triliun pada 2021.

“Kami berharap, kolaborasi Dana dan JNE dapat menjadi pilihan solusi yang efektif bagi pelaku ekonomi digital dari berbagai skala dan segentasi dalam menjawab tantangan ini,” papar Vincent. 

Infrastruktur Pembayaran Digital

Melalui kolaborasi Dana dan JNE, dompet digital Dana akan menjadi salah satu infrastruktur pembayaran digital yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan JNE. Atau  pun juga pelanggan e-commerce-toko online maupun beragam marketplace-yang telah menggandeng JNE sebagai pendukung layanan ekspedisinya.

Sedangkan, bagi pelaku usaha kreatif berskala UMKM yang selama ini melakukan kegiatan pemasaran mandiri dan tidak tergabung dengan marketplace. Ini dapat memanfaatkan sinergi Dana dan JNE ini untuk meningkatkan kualitas layanan dan kompetensinya. 

Berdasarkan data Kemkominfo terakhir, dari sejumlah 58 juta UMKM di Indonesia, ada sekitar 14 persen di antaranya yang telah bergabung dengan e-commerce. 

Dana dan JNE berharap, kolaborasi yang terbangun antar kedua belah pihak dapat mendorong makin banyak UMKM di indonesia yang Go Digital. Mereka diharapkan  mampu melayani pelanggan dari wilayah yang makin luas.

Gak terbatas letak geografis, berkat keunggulan yang dihadirkan oleh kedua platform yang bersinergi ini. 

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati