Banner ImageBanner Image

5 Cara Cerdas Mempersiapkan Dana Pensiun Ini Bikin Masa Tuamu Sejahtera

4 menit

Dana pensiun menjadi salah satu cara tepat yang bisa kamu lakukan agar bisa hidup bahagia di masa tua.

Hari gini siapa sih yang gak pengin hidup senang tanpa perlu pusing mikirin utang yang memang menjadi permasalahan banyak orang.

Lagipula, masa iya dari muda hingga tua harus terus menerus banting tulang dari pagi hingga malam hanya untuk mencukupi biaya hidup sehari-hari.

Tentu kamu mau dong tinggal duduk manis di rumah menikmati hidup dan melakukan segala hal yang disukai dan uang terus mengalir saat tua nanti.

Maunya sih liburan dan menikmati masa tua tanpa banyak pikiran. Tapi, tanpa perencanaan keuangan yang tepat, itu cuma akan jadi angan-angan saja.

Gak sedikit orang yang bertanya kapan sih waktu tepat untuk mempersiapkan dana pensiun? Jawabannya, sesegera mungkin, asal kamu sudah memiliki penghasilan.

Jadi, ya jangan ditunda-tunda lagi, karena waktu yang paling tepat saat ini juga. Meski masa pensiun masih jauh, terutama buat kamu kaum milenial, tapi dana yang satu ini gak bisa diremehkan. Pasalnya, dana pensiun bukan nominal yang sedikit.

Buat yang ingin mempersiapkan dana pensiun, gak perlu bingung, karena kamu bisa melakukannya dengan lima cara cerdas ini:

1. Ikuti program dana pensiun di bank

Dana pensiun (unsplash)
Dana pensiun (unsplash)

Ada banyak program dana pensiun yang bisa kamu ikuti. Salah satunya, yang ditawarkan bank. Itu bertujuan agar kamu dapat mempersiapkan dana pensiun dengan lebih baik.

Terutama, buat kamu yang memang susah mengontrol diri untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Kamu bisa mengikuti program dana pensiun di bank dengan sistem autodebit atau sistem pembayaran secara debit otomatis dari rekening ke tabungan dana pensiun kamu.

Jadi, uangmu akan ditarik otomatis pihak bank dan dialokasikan ke tabungan dana pensiun di setiap bulannya.

Untuk berpartisipasi dalam program ini, kamu bisa langsung mengikuti bank yang diinginkan. Selain itu, iurannya pun beragam, yaitu mulai Rp 50 ribu per bulan hingga tak terbatas.

Baca juga:

Agar Masa Tua Hidup Sentosa! Ikuti 4 Trik Mudah Menyiapkan Dana Pensiun Ini 

Ini 5 Alasan Generasi Milenial Wajib Siapkan Dana Pensiun Sekarang Juga

Biar Masa Tua Aman Sentosa, Berapa Sih Dana Pensiun yang Diperlukan?

2. Gaji naik, tabungan juga naik

Dana pensiun (pexels)
Dana pensiun (pexels)

Agar dana pensiun berjalan sesuai keinginan, salah satu cara yang harus dilakukan ialah menaikkan nominal tabungan saat penghasilan atau gaji kamu naik.

Jadi, kamu disarankan untuk menabung lebih banyak sesuai dengan penghasilanmu saat ini.

Misalnya, gaji kamu saat ini Rp 5 juta, dan kamu menabung setiap bulan sebesar R 500 ribu. Berarti, saat gaji kamu naik menjadi Rp 6 juta, maka tabungan kamu juga harus naik menjadi Rp 600 ribu.

Jangan gaji udah naik tapi menabung segitu-segitu aja. Ingat, kalau untuk mencapai dana pensiun itu nominalnya gak sedikit lho! Toh, itu juga buat kebaikan kamu, masa iya pelit untuk diri sendiri di masa tua nanti.

Lagipula, kamu bayangkan aja kalau nanti saat tua sudah tidak memiliki pendapatan rutin. Jadi, kenaikan gaji gak boleh disikapi dengan hura-hura ya!

3. Melunasi semua utang

Membayar utang (pexels)
Membayar utang (pexels)

Gaya hidup yang gak sesuai dengan kantong membuat kamu akhirnya terjerumus ke lubang utang yang menyesatkan. Tapi, mau gak mau, kamu tetap harus mengangsur utang agar finansialmu kembali sehat.

Pasalnya, utang itu memiliki bunga yang besar dan secara teratur menggerogoti pendapatan. Jadi, sebaiknya segera melunasi utang saat kamu mendapatkan pendapatan lebih.

Setelah melunasi utang, kamu bisa fokus merencanakan tabungan dana pensiun atau terjun ke instrumen investasi yang sesuai dengan kemampuanmu demi masa depan yang lebih cerah.

4. Pisahkan dana pensiun dengan dana cadangan lain

Dana pensiun (pexels)
Dana pensiun (pexels)

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu membutuhkan dana cadangan untuk mengantisipasi kebutuhan yang tak terduga. Meski begitu, jangan sekali-kali menggunakan dana pensiun sebagai alternatif dana cadangan.

Karena itu, mulai sekarang kamu harus mulai memisahkan dana pengeluaranmu. Seperti dana untuk kebutuhan sehari-hari, dana kebutuhan mendesak hingga dana pensiun dini.

5. Investasi

Investasi
Investasi

Tentu sudah banyak yang tahu kalau investasi sangat penting untuk menjamin masa depan yang lebih baik. Meski begitu, tetap aja investasi itu ada risikonya. Jadi, harus kamu sesuaikan dengan kemampuanmu.

Selain itu, untuk menghindari risiko kebangkrutan, kamu mesti paham betul cara bermainnya. Misalnya, kalau kamu pemula, jangan coba-coba nekat investasi saham langsung. Kenapa?

Karena kalau kamu gak tahu cara kerjanya, seperti kapan waktu yang tepat jual dan beli atau bahkan kamu gak mengerti membaca pergerakan harga saham. Duh, bisa-bisa uang kamu ludes!

Kamu tetap bisa investasi di saham, tapi di reksadana. Pasalnya, reksadana saham merupakan dana milik kamu akan dikelola oleh manajer investasi yang memang sudah ahli di bidangnya.

Jadi, kamu gak perlu takut tuh bakal kehilangan uang. Justru kekayaan kamu akan terus bertambah apalagi jika kamu sabar bermain di investasi jangka panjang.

Hal itulah mengapa, investasi bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun agar masa tuamu bahagia.

Nah, itu dia lima cara cerdas dan mudah mempersiapkan dana pensiun. Intinya adalah, disiplin menabung.

Sebenarnya metode menabung yang benar adalah, menyisihkan terlebih dahulu uang yang akan ditabung dan sisanya digunakan untuk mencukupi kebutuhan.

Namun, faktanya masyarakat menggunakan uang setiap bulan untuk kebutuhan hidupnya dulu, lalu sisanya baru ditabung.

Akibatnya, ya uang udah habis untuk memenuhi kebutuhan hidup dan gaya hidup. Ujung-ujungnya beralasan gak ada uang yang bisa ditabung.

Kebiasaan jelek itu sebaiknya segera diubah secara perlahan, dan belajarlah lebih disiplin menyiapkan masa depan yang sejahtera. Salah satunya, menyiapkan dana pensiun sejak dini. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan