Bukan Hoaks, Gini Caranya Dapat THR Tambahan di Bulan Juni 2019

2 menit
Ilustrasi Dapat THR (Shutterstock)
Dapat uang di pertengahan bulan Juni 2019 untuk menambah THR dari Bank BRI dan Bank Mandiri (Shutterstock)

Masih pegang saham Bank BNI sampai hari ini? Selamat, kamu bakal dapat uang dividen yang bakal ditransfer di tanggal 22 Mei 2019. Lumayan kan buat nambah-nambah THR.

Buat yang gak punya saham Bank BNI, tenang saja masih ada kesempatan dalam waktu dekat ini untuk bisa menikmati dividen. Pasalnya, selain BNI, ada dua bank lain yang sedang bagi-bagi dividen.

Ingin tahu siapa saja? Yuk simak ulasannya di bawah sini:

1. Bank BRI

Dapat uang
Dapat uang dari Bank BRI di pertengahan bulan Juni 2019 (Instagram/@bankbri_id)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memutuskan menaikkan rasio pembayaran dividen atau dividend payout ratio tahun buku 2018 menjadi 50% dari total laba yang diperoleh pada 2018. Wow!

Nilai dividen dari bank berkode saham BBRI itu setara dengan Rp16,17 triliun atau Rp131,14 per saham. Artinya, kalau punya 1 lot BBRI ya uang yang kamu dapatkan adalah Rp 13.114.

Jadwal cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi ditetapkan yakni pada 23 Mei 2019. Sementara cum dividen untuk pasar tunai pada 27 Mei 2019.

Itu artinya, buat kamu yang memang pengin dapat dividen BRI, batas akhir beli sahamnya adalah tanggal 23 Mei jika kamu bertransaksi saham di bursa. Lewat dari itu, ya gak dapat.

Sementara itu, pembayaran dividennya berlangsung pada 13 Juni 2019. Di pertengahan bulan tuh dan menjelang gajian juga.

Baca juga: Pengin Buka Rekening Efek di BNI Sekuritas? Ketahui Keuntungannya Dulu Yuk!

2. Bank Mandiri

Dapat uang
Dapat uang dari Bank Mandiri di pertengahan bulan Juni 2019 (Instagram/@bankmandiri)

Selain BRI, Mandiri juga membagi-bagikan dividen. Besarannya adalah, 45% dari total laba bersih 2018. Nilai dividen yang ditebar kepada pemegang saham Rp11,257 triliun atau sebesar Rp241 per saham.  

Kalau Rp 241 per saham, berarti membeli 1 lot bakal mendapatkan uang Rp  24.100. Lumayan banget kan? Kalau beli 10 lot sudah dapat duit Rp 241 ribu.

Jadwal cum dividen BMRI itu sendiri di pasar reguler adalah tanggal 24 Mei 2019. Sementara itu, untuk pasar tunai di 27 Mei 2019.

So, masih ada tiga hari lagi nih untuk membeli saham BMRI di bursa. Berminat gak?

Tanggal pembayaran dividen BMRI juga berlangsung di bulan Juni, lebih tepatnya di tanggal 19.

Itulah dua saham perbankan yang bakal membagikan dividen dalam waktu dekat ini. Jangan sampai ketinggalan lho, buat yang mau dapat duit lebih baik beli hari ini juga.

Benar kan investasi saham itu menguntungkan! Selain dapat keuntungan berupa capital gain, kamu juga bakal dapat untung dari dividen.

Sekadar diketahui, selain dapat dividen, saham perusahaan ini juga tergolong bagus. Bank BUMN gitu lho, masa iya fundamentalnya jelek. Cocok banget jika dikoleksi buat jangka panjang.

Dan, biasanya setelah CUM dividen berlangsung, harga saham itu memang bakal terkoreksi. Maklum, gak sedikit orang yang akhirnya menjual saham itu dengan motif ambil untung.

Kalau mau ikutan, silakan saja. Tapi, ketika harganya turun jangan lupa dibeli lagi ya! Kapan lagi dapat saham-saham ini dengan harga diskon. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan