Kalau Dapat Rezeki Nomplok Rp 1 Miliar, Apa Sih yang Harus Dilakukan?

3 menit
Cara pintar saat mendapatkan duit Rp 1 miliar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tiba-tiba dapat rezeki nomplok disodorin gepokan duit Rp 1 miliar, gimana reaksi kamu? Perasaan kaget sekaligus senang pasti campur aduk jadi satu. Ya, kira-kira emang begitulah reaksi tubuh saat tahu kamu ketiban rezeki yang gak disangka-sangka.

Setelah itu tentu kamu gak akan tinggal diam dong dan mulai mencari solusi mau dikemanakan uang sebesar itu. Langsung deh buat daftar panjang apa aja yang bisa dilakukan dengan duit Rp 1 miliar.

Tapi umumnya yang pertama muncul itu pasti sifat konsumtif seperti pengin ngalahin mobil tetangga dan langsung ingin beli mobil mewah seperti Mercedes, BMW atau Audi.

Atau mungkin juga langsung memboyong keluarga untuk liburan keluar negeri. Wajar aja sih sebenarnya karena itu adalah insting alamiah manusia. Saat punya duit banyak yang dipikirin cuma bagaimana cara menghabiskannya, bukan membuat duit itu semakin bertambah jumlahnya.

Tapi perlu kamu ingat, kalau yang harus dipikirkan itu bukan cuma hidup di hari itu aja tapi juga masa depan. Tentu kamu gak mau kan kalau cuma hidup makmur buat hari ini aja. Kalau perlu mah, seumur hidup ongkang-ongkang kaki aja.

Lalu gimana hal itu bisa terwujud? Gampang kok, kamu hanya perlu mengalihkan uangmu itu ke beberapa instrumen ini. Apa aja itu?

1. Hitung kebutuhan dasar hidup dan lunasi hutang

Sisihkan duit buat kebutuhan sehari-hari dan lunasi hutang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mendapat rezeki nomplok uang Rp 1 miliar adalah dengan menghitung kebutuhan dasar hidupmu selama satu tahun. Gak cuma itu kamu juga bisa lho melunasi hutang-hutang yang sampai saat ini masih berjalan.

Misalnya, kamu setiap bulan mengeluarkan uang Rp 10 juta, berarti kamu harus menyisihkan uang sebesar Rp 120 juta buat satu tahun penuh.

Kalau kebutuhan dasar hidup udah aman, baru deh pikirkan apakah kamu punya utang atau gak. Kalau ada utang, segera lunasi. Akan tetapi, beda kasus kalau utangnya dalam bentuk kredit, ada baiknya sisihkan berapa sisa utangnya. Kalau dilunasi justru malah kena biaya penalti.

2. Dana darurat

Siapkan dana darurat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Agar masa depanmu aman, sisihkanlah sebagian duit Rp 1 miliar kamu untuk dana darurat. Jadi, duit tersebut akan menjadi benteng terakhir kamu saat memgalami musibah yang menggerogoti finansial.

Dana darurat juga bentuknya beraneka ragam, seperti tabungan atau investasi seperti emas. Intinya, dana daruruat itu sifatnya harus likuid alias bisa dicairkan sewaktu-waktu.

Ya, namanya juga dana darurat jadi memang harus gampang dicairkan. Gak mungkinkan saat ada kebutuhan mendesak kamu harus menunggu uangmu cair selama beberapa hari dulu.

3. Investasi

Sisihkan buat investasi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya yang memang udah pasti harus kamu lakukan saat memiliki uang Rp 1 miliar adalah dengan terjun ke investasi.

Buat kamu yang belum pernah nyemplung ke investasi, kamu bisa coba dengan yang modalnya kecil dulu seperti reksadana.

Nah, kamu juga bisa menyisihkan uang Rp 1 miliarmu itu sekitar 10 persen untuk membeli emas batangan atau logam mulia. Gak perlu takut, instrumen investasi yang satu itu cenderung stabil kok karena gak akan tergerus dengan inflasi sepert mata uang kertas.

4. Bisnis

Buka bisnis juga penting lho saat menyisihkan duit Rp 1 miliar kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Agar duit kamu semakin bertambah, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan terjun ke dunia bisnis.

Kalau kamu takut rugi, kamu bisa mencoba bisnis kecil-kecilan seperti cemilan kekinian yang kini tengah hits di pasaran.

Nah, itu dia empat hal yang sebaiknya kamu lakukan saat mendapat rezeki nomplok tiba-tiba, entah dari hasil gusuran atau mungkin menang sayembara agar uangmu semakin bertambah banyak.

Tapi pengetahuan di atas juga gak cuma berlaku saat kamu mendapat uang Rp 1 miliar aja. Tapi bisa juga saat mendapat bonus dari kantor. Ya, biar gak terbuang sia-sia aja sih. Semoga bermanfaat!

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.