Dari Siantar Jadi Orang Terkaya Indonesia, Ini Kisah Pendiri Siantar Top

4 menit
PT Siantar Top (Instagram).

Biografi orang sukses sering jadi motivasi banyak orang. Apalagi bila kisah dan biografi orang sukses tersebut bermula dari nol. Nah, termasuk salah satunya adalah Shindo Sumidomo pendiri Siantar Top.

Kamu pasti pernah dengar dong nama Siantar Top. Brand yang melekat pada produk makanan ringan tersebut jadi salah satu perusahaan yang menaungi banyak merek.

Yang lebih menarik lagi adalah nama perusahaan Siantar Top diambil dari kota kelahiran sang pendiri, Shindo Sumidomo. Pria yang jadi salah satu orang terkaya di Indonesia tersebut punya kisah yang cukup inspiratif. Cocok buat siapa aja yang pengin sukses meski berasal dari kota kecil sekalipun.

Baca juga: Sambut Tahun Babi Tanah, 6 Zodiak Ini Bakal Sukses Berkarier di 2019

Berasal dari Siantar yang kemudian merantau ke Pulau Jawa

Shindo Sumidomo lahir dengan nama Heng Hok Soei (Wartagas.com).

Shindo Sumidomo lahir dengan nama Heng Hok Soei. Sehari-hari pria kelahiran Pematang Siantar tahun 1953 tersebut akrab disapa Asui.

Latar belakang keluarga Sumidomo bisa dibilang bukan berasal dari keluarga kaya raya. Namun, keluarga Sumidomo memiliki usaha makanan yang menjadi fondasi kuat buat Sumidomo mengeksplor bidang tersebut. Keingintahuan Sumidomo di bidang kuliner yang jadi pencetus berdirinya Siantar Top.

Tahun 1972, Shindo Sumidomo merantau ke Pulau Jawa. Tepatnya di Surabaya, Jawa Timur, Sumidomo mendirikan usaha makanan ringan. Namun, saat itu usahanya masih berbasis rumahan.

Pepatah Tiongkok “Rakyat utamakan makan, makan utamakan rasa” jadi salah satu landasan Shindo Sumidomo dalam berbisnis. Gak heran kalau usahanya berkembang pesat. Sebab, Shindo terus-menerus berinovasi dan yang pasti pantang menyerah.

Siantar Top mulai berkembang dan bahkan memiliki pabrik sendiri

Mi Gemez Enaak dari Siantar Top (Instagram).

Usaha rumahan yang dikembangkan oleh Shindo Sumidomo pun berkembang pesat. Akhirnya, dia pun mendirikan PT Siantar Top Industri pada tahun 1987.

Perusahaan tersebut berdiri di Jawa Timur meskipun namanya menggunakan kata “Siantar”. Asal mula nama tersebut tentu aja karena sang pendiri lahir di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Bahkan, dari perusahaan satu ini, Sumidomo semakin sering menggunakan kata “Siantar” di berbagai anak perusahaannya.

Selanjutnya, Siantar Top mampu punya pabrik sendiri seluas 25 ribu meter di Tambak Sawah, Sidoarjo. Produk-produk yang diluncurkan oleh Siantar Top, antara lain snack, snack mi, biskuit dan wafer, serta permen.

Beberapa merek pasti kamu kenal deh. Sebut aja snack 2000, Mi Gemez Enaak, Twistko, dan GO! Potato.

Go! Potato (Instagram).

Selang beberapa tahun dari pendirian pabrik tersebut, Siantar Top pun berhasil masuk Bursa Efek Indonesia. Namanya kini menjadi PT Siantar Top Tbk. Shindo Sumidomo pun mengekspansi pabriknya ke beberapa kota lain, mulai dari Bekasi, Makassar, dan tentu aja daerah asalnya Medan.

Gak cuma itu aja, Siantar Top sukses meraih beberapa penghargaan. Sebab, perusahaan tersebut memiliki standar Internasional berupa sertifikasi ISO.

Baca juga: Rentetan Mobil Baru yang Meluncur di Sepanjang Tahun 2018, Apa Saja?

Shindo Sumidomo dirikan lini bisnis lainnya

Twistko (Instagram).

Salah satu rahasia seseorang jadi orang kaya terletak pada ragam lini bisnis yang dia coba. Nah, Shindo Sumidomo sendiri gak cuma puas berfokus pada bisnis makanan ringannya meski udah menuai sukses.

Biografi orang sukses satu ini pun makin semarak karena Sumidomo mendirikan lini bisnis lain. Dari Siantar Top, Sumidomo mendirikan induk perusahaan yang diberi nama Siantar Top Group. Induk perusahaan tersebut menaungi perusahaan lainnya selain Siantar Top.

Beberapa sektor yang dikerjakan oleh Sumidomo, antara lain perusahaan distribusi Semestanustra Distrindo. Kemudian, terdapat pula sektor properti di bawah naungan anak perusahaan Siantar Tiara Estate. Sumidomo juga mendirikan usaha pertelevisian bernama STTV dengan rumah produksi Siantar Production.

Hebat ya!

Inspirasi dari biografi orang sukses seperti Shindo Sumidomo

Spix Hot Mi (Instagram).

Gak heran deh bila anak rantau dari kota Siantar tersebut berhasil masuk jajaran 150-an orang terkaya di Indonesia. Melalui Siantar Top Group, Sumidomo diprediksi memiliki total kekayaan mencapai US$ 190 juta atau setara Rp 2,7 triliun.

Produk Siantar Top yang jadi salah satu pelopor makanan ringan di Indonesia kini tengah berekspansi ke negeri Tiongkok pula.

Dari biografi orang sukses seperti Shindo Sumidomo sendiri, kamu bisa dapat beberapa inspirasi seputar karier dan bisnis. Beberapa di antaranya adalah:

1. Berani merantau

Bisa dibilang bahwa kesuksesan awal Sumidomo membangun Siantar Top adalah keberanian dia buat merantau. Dari kota yang cukup kecil di Sumatera Utara, Sumidomo berani pindah ke Pulau Jawa.

2. Berbisnis sesuai passion dan kemampuan

Yang pasti, Sumidomo mengikuti passion-nya sehingga dia lebih mudah memulai bisnis tersebut. Latar belakang keluarganya yang emang udah terbiasa membuat makanan bikin Sumidomo gak asing sama bisnis yang bakal dia geluti.

Baca juga: Tidak Hanya Pantai yang Indah, Banten Miliki Segudang Destinasi Wisata Lainnya

Dia pun memilih mengembangkan kemampuannya yang udah terbekali dari masa kecilnya. Nah, kamu pun bisa demikian. Gak salah kok buat meneruskan keahlian yang udah dimiliki oleh keluarga kamu, apalagi kalau kamu emang punya passion di situ.

3. Inovasi dan diversifikasi produk

Ide brilian dan inovasi adalah salah satu fondasi paling berhasil buat mengembangkan sebuah perusahaan. Nah, Shindo Sumidomo jeli melihat peluang satu ini. Apalagi saat itu, bisnis makanan ringan emang belum terlalu banyak.

Selanjutnya, Sumidomo pun melakukan diversifikasi produk. Bahkan, dari Siantar Top, Sumidomo berhasil mendirikan perusahaan lain yang bergerak di sektor yang jauh dari produksi makanan ringan.

Wah, patut diacungkan jempol buat pendiri Siantar Top. Shindo Sumidomo gak cuma berhasil jadi orang terkenal lewat kekayaannya di Indonesia tetapi juga sukses menduniakan kota kelahirannya, Pematang Siantar. (Editor: Winda Destiana Putri).

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!