3 Langkah Indonesia Tingkatkan Daya Saing Global

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan terdapat berbagai masalah di Indonesia yang dihadapi guna meningkatkan daya saing global.

Adapun berbagai masalah tersebut terbagi dalam dua bagian, yakni jangka pendek dan jangka menengah.

1. Impor Lebih Cepat, Ekspor Melambat

Persoalan jangka pendek yang dihadapi Indonesia adalah ekspor impor yang tidak sebanding. Saat ini pertumbuhan laju ekspor lebih cepat dibandingkan ekspor produk Indonesia ke pasar global.

“Persoalan terutama jangka pendek. Kita tahu semua impor kita meningkat dengan cepat. Ekspor meningkat juga, tapi lebih lambat,” ujar Darmin dalam diskusi Outlook Perekonomian Indonesia 2019, di Jakarta.

2. Infrastruktur dan Investasi

Tantangan selanjutnya yang dihadapi oleh Indonesia adalah pemenuhan infrastuktur, investasi serta pembangunan kualitas sumber daya manusia.

Sebab keberadaan infrastuktur yang merata akan memberikan dampak ekonomi yang panjang. Disamping juga peningkatan investasi di Indonesia yang akan semakin mendorong aktivitas ekonomi dan berdampak pada peningkatan daya saingan Indonesia dimata global.

“Untuk persoalan jangka menengah pemerintah itu sudah membangun infrastruktur dan menyiapkan pengembangan kualitas manusia. Kemudian fasilitas perpajakan, prosedur perizinan yang kemudian dituang dalam apa yang disebut OSS,” ungkapnya.

3. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)

Kemudian, yang tak kalah penting adalah pembangunan SDM yang memiliki daya saing tinggi. Caranya dengan menyelaraskan kebijakan pendidikan dengan perkembangan industri dan teknologi.

Dalam waktu dekat, pemerintah bersiap mengeluarkan peta jalan (roadmap) untuk pendidikan vokasi yang akan melibatkan industri serta adanya insentif fiskal bagi industri yang terlibat.

“Mudah-mudahan dalam beberapa satu atau dua minggu ini roadmap dari pelatihan dan pendidikan vokasi itu sudah akan dijelaskan dan diresmikan ke publik,” ujar Darmin.

Dirinya mengakui, pendidikan vokasi salah satu cara paling cepat meningkatkan daya saing SDM di Indonesia.

“Barangkali kita mengharapkan dari diskusi muncul pandangan, dalam jangka pendek, ada hal-hal yang dilakukan untuk identifikasi. Sehingga dia bisa menjawab kelemahan yang ada yaitu defisit transaksi berjalan,” jelasnya.

Jadi sebagai negara yang memiliki sumber daya yang besar, baik alam maupun manusia sudah seharusnya Indonesia menjadi negara kelas dunia yang mampu bersaing.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan