Dari Magang sampai Jadi CEO, Ini Kisah Sukses CEO Boeing Dennis Muilenburg yang Berharta Rp 1,2 Triliun

3 menit
dennis muilenberg
Dennis Muilenburg dalam rapat umum tahunan Boeing di Chicago, Illinois, AS, April 2019 lalu. (Shutterstock)

Dennis Muilenburg yang menjabat sebagai CEO Boeing dalam beberapa tahun belakangan ini banyak disorot oleh media internasional terkait kasus kecelakaan pesawat 737 MAX yang memakan korban jiwa. Salah satunya pernah terjadi di Indonesia, tepatnya pada tahun 2018 yang menimpa maskapai Lion Air.

“Kami telah belajar dan masih belajar dari kecelakaan ini, Tuan Ketua. Kami tahu kami melakukan kesalahan dan menemukan hal yang salah,” terangnya dalam Kongres di Amerika Serikat yang dilaksanakan tanggal 28 Oktober 2019, mengutip dari Kompas.

Pada tanggal 13 Maret 2019 lalu, Federation Aviation Administration (FAA) melarang pesawat Boeing 737 MAX untuk beroperasi di Amerika Serikat dan diikuti dengan badan regulasi lain di dunia yang memiliki kewenangan di dunia penerbangan.

FAA sendiri adalah badan regulasi penerbangan Amerika Serikat yang berwenang untuk memberikan izin operasi penerbangan sipil atas maskapai atau pesawat tertentu.

Daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja ulasan tentang Dennis Muilenburg yang menjabat sebagai CEO Boeing berikut ini:

Baca juga: 5 Pesawat Boeing yang Dibeli Orang Superkaya, Salah Satunya Seharga Rp 3 Triliun

Dennis Muilenburg punya latar belakang pendidikan di dunia penerbangan

dennis muilenberg kuliah di iowa state university
Iowa State University, tempat kuliah Dennis. (Shutterstock)

Ketika duduk di bangku kuliah, ia memilih jurusan Aerospace Engineering di Iowa State University, Amerika Serikat. Lalu, ia melanjutkan ke jenjang Master jurusan Aeronautics and Astronautics di University of Washington.

Pantes aja kalau hari ini Dennis bisa menjabat sebagai orang nomor satu di jajaran manajemen Boeing.

Baca juga: Boeing 737 Max 8 yang Digrounded Harganya Rp 1,73 Triliun, 6 Boeing Ini Lebih Mahal Lagi

Bergabung bersama Boeing pada tahun 1985 dengan status magang

dennis muilenberg awalnya kerja magang di boeing
Ilustrasi pekerja magang di sebuah kantor. (Shutterstock)

Uniknya, saat pertama kali bergabung dengan Boeing pada tahun 1985, Dennis Muilenburg hanyalah anak magang. Namun ternyata dari situlah perjalanan kariernya bisa melejit seperti hari ini.

Tercatat, ia sempat menjabat sebagai General Manager of the Boeing Combat Systems Division, Vice President of Programs & Engineering for Boeing Air Traffic Management dan President and Chief Executive Officer of Boeing Defense, Space and Security. Barulah pada tahun 2015 ia resmi menjabat sebagai CEO Boeing.

Dengan posisi strategis sebanyak itu, kira-kira berapa ya total harta kekayaan yang dimiliki olehnya hingga hari ini? Yuk cek di poin selanjutnya!

Baca juga: Jatuh Lagi, Ini Spesifikasi Pesawat Boeing 737 Max 8 yang Harganya Rp 1,7 T

Harta kekayaan Dennis Muilenburg mencapai US$ 86,4 juta

dennis muilenberg punya kekayaan banyak
Ilustrasi uang dolar AS. (Shutterstock)

Melansir dari Wallmine, total harta kekayaan yang dimiliki oleh Dennis selama 30 tahun lebih berkarier di dunia Aviasi adalah menyentuh US$ 86,4 juta atau sekitar Rp 1,2 triliunan.

Uang sebanyak itu ia dapatkan dari gaji serta tunjangan yang didapatkan dari Boeing senilai Rp 322 miliar dalam setahun. Itu belum termasuk kepemilikan saham Boeing sebanyak 56.838 lembar di bursa New York Stock Exchange (NYSE).

Sekedar informasi, harga saham Boeing pada tanggal 29 Oktober 2019 menyentuh US$ 340 atau setara Rp 4,7 jutaan per lembarnya. Jadi bisa dibayangin kan berapa banyak nilai saham yang ia miliki.

Biarpun bergelimang harta tetapi Dennis Muilenburg memiliki hobi yang sederhana dan religius lho!

dennis muilenberg gemar bersepeda
Ilustrasi olah raga bersepeda. (Shutterstock)

Dengan harta yang melimpah tersebut kayaknya bukan hal sulit bagi Dennis untuk mengoleksi mobil mewah. Alih-alih mengoleksi dan menggunakannya pada hari senggang, ia justru lebih memilih menggunakan sepeda guna menyalurkan hobinya bersepeda keliling kota Chicago, di mana kantor Boeing berpusat.

Sedikitnya, dalam satu minggu Dennis bisa menjelajah jarak sekitar 225 Kilometer untuk gowes keliling kota. Selain itu, Dennis juga diketahui gemar mengikuti perlombaan sepeda.

Gak ketinggalan, ia juga diketahui tergolong sosok yang religius karena sering pergi ke Gereja untuk bersaksi mengenai kisah hidupnya.

Nah itulah sedikit profil mengenai CEO Boeing yakni Dennis Muilenburg. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk kamu dalam meniti kariermu sendiri ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1