Walaupun Punya Harta Rp 1,9 Miliar, Cuma Mobil Ini yang Dimiliki Denny Indrayana

3 menit
Denny Indrayana
Denny Indrayana Punya Harta Rp 1,9 Miliar dan Satu Unit Mobil (DOk: UGM).

Dulunya Denny Indrayana dikenal sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (2011 – 2014). Namun, kini sosoknya lagi jadi pembicaraan karena menjadi salah satu kuasa hukum Prabowo – Sandi dalam menggugat hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain Denny Indrayana, ada tujuh orang lainnya yang tergabung dalam tim hukum Prabowo – Sandi. Mulai dari Bambang Widjojanto, Zulfadli, Dorel Almir, Iskandar Sonhadji, Iwan Satriawan, Lutfhi Yazid, hingga Teuku Nasrullah.

Dipilihnya Denny Indrayana sebagai salah satu advokat dalam tim hukum Prabowo – Sandi sempat mengundang reaksi dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf Amin. Pasalnya, Denny disebut berstatus sebagai pegawai negeri sipil atau PNS.

Denny Indrayana sendiri diketahui menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi Yogyakarta. Undang-undang advokat menyebut ketentuan seorang advokat gak boleh berstatus PNS. Walaupun begitu, Denny kabarnya nih telah menjadi dosen nonaktif.

Menarik buat diulas, siapa sih sebenarnya sosok Denny Indrayana? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Waktu menjabat Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Denny punya kekayaan Rp 1,9 miliar lho

Denny Indrayana
Denny punya kekayaan Rp 1,9 Miliar (UGM).

Kiprah Denny Indrayana di dunia hukum gak perlu diragukan lagi. Pria kelahiran 11 Desember 1976 ini memulai kariernya sebagai dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2001.

Pada 2006 – 2008, Denny dipercaya menjadi Direktur Pusat Kajian Anti (Pukat) Korupsi di UGM. Saat Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Presiden periode 2004 – 2009, Denny menjadi Staf Khusus Presiden bidang Hukum, HAM, dan Pemberantasan KKN.

Sewaktu Presiden SBY membentuk Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Denny Indrayana mendapat kepercayaan dengan menjabat posisi sekretaris. Denny sempat bikin heboh ketika ia melakukan sidak sel mewah terpidana korupsi Artalyta Suryani.

Pada September 2010, Denny Indrayana mendapat gelar profesor di bidang hukum tata negara dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Lalu, Denny diangkat Wakil Menteri Hukum dan HAM pada 19 Oktober 2011.

Menariknya, Denny pernah ditetapkan sebagai tersangka lho atas kasus pengadaan proyek Payment Gateway di Kementerian Hukum dan HAM pada Maret 2015. Terus Denny pernah kedapatan menjadi sopir di Melbourne, Australia.

Gak kalah heboh, Denny dipercaya sebagai kuasa hukum developer Meikarta pada Oktober 2018. Sepanjang masa jabatannya sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny menurut LHKPN 2015 memiliki kekayaan senilai Rp 1.903.792.947.

Walaupun kekayaan yang dimilikinya mencapai miliaran rupiah, Denny Indrayana sepertinya gak tertarik buat memiliki banyak mobil. Denny sendiri diketahui cuma punya satu mobil. Penasaran apa jenis mobil yang dipakainya? Berikut ini ulasannya.

Denny cuma punya satu unit Mazda Biante senilai Rp 350 juta tahun 2015

Denny Indrayana
Mazda Biante

Di LHKPN 2015 Denny Indrayana melaporkan kepemilikan kendaraannya yang cuma dua unit, yaitu satu unit mobil dan satu unit sepeda motor. Total nilai kendaraan yang dimiliki Denny mencapai Rp 353.500.000.

Dari kedua unit kendaraan tersebut, mobilnya yang berjenis Mazda Biante menjadi yang paling besar nilainya. Kendaraan ini dilaporkan punya nilai yang mencapai Rp 350 juta.

Mazda Biante yang dimiliki Denny merupakan mobil keluaran tahun 2013. Mobil ini yang dimilikinya ini berstatus mobil sendiri. Di situs jual beli barang bekas, Mazda Biante keluaran tahun 2013 dijual dengan harga mulai dari Rp 170 juta – Rp 225 juta.

Sementara keluaran terbarunya bisa dimiliki dengan harga Rp 449 juta. Mazda Biante secara detail memiliki mesin dengan kapasitas 1.997 cc, tenaga sebesar 149 hp, dan punya 5 kursi sebagai tempat duduk.

Mobil ini bisa dibayar lewat cicilan dengan uang muka atau DP mulai dari Rp 197,24 juta. Besar cicilan per bulannya sekitar Rp 7,67 juta dan tenor sekitar 47 bulan. Itu berarti syarat minimal gaji buat mencicil Mazda Biante sekitar Rp 26 jutaan per bulan. Lumayan besar juga ya?

Itu tadi sekilas informasi tentang Denny Indrayana yang dulunya Wakil Menteri Hukum dan HAM dengan kekayaan Rp 1,9 miliar dan cuma punya sebuah mobil. Meskipun punya harta miliaran, jumlah kendaraan yang dimiliki Denny gak sebanyak punya Adian Napitupulu lho. (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!