Lebih dari 6 Persen, Ini 10 Bank di Indonesia yang Kasih Bunga Deposito Tertinggi

9 menit
10 bank dengan bunga deposito tertinggi di Indonesia (Shutterstock)

Besaran suku bunga deposito terbaru tentu wajib diketahui kamu yang pengin berinvestasi dalam bentuk deposito.

Seperti yang kamu tahu, bunga deposito di setiap bank itu berbeda-beda. Pastinya mereka menawarkan bunga yang kompetitif demi menarik minat banyak nasabah.

Besaran bunga deposito disesuaikan dengan besaran suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Kalau suku bunga BI naik, besaran suku bunga deposito ikut naik. Sebaliknya, suku bunga BI turun, maka bunga deposito ikut turun.

Itulah kenapa kenaikan suku bunga acuan BI menjadi momentum tepat buat berinvestasi di deposito. Sialnya, suku bunga kredit juga terdongkrak naik menyesuaikan besaran suku bunga acuan. Buat kamu yang punya kredit, hal itu menambah beban keuangan.

Berbicara tentang suku bunga deposito, berapa ya besaran terbaru yang ditetapkan bank-bank di Indonesia?

Yuk, langsung dicek ulasannya berikut ini:

Apa itu deposito? Ini yang perlu kamu tahu

Bunga deposito
Untuk tahu berapa bunga deposito harus mengetahui dulu apa itu deposito (Shutterstock)

Meski diperuntukan sebagai produk simpanan, ada perbedaan mendasar antara deposito dan tabungan. Perbedaan yang paling jelas adalah, bunga deposito lebih besar daripada bunga tabungan bank.

Kemudian, dari segi waktu penyimpanan, deposito dan tabungan juga berbeda. Dana deposito bisa ditarik kalau jangka waktu atau tenor penyimpanannya selesai.

Sementara tabungan, gak punya tenor penyimpanan. Dengan kata lain, kamu bisa kapan aja ambil dana tabunganmu.

Jadi, deposito merupakan produk simpanan bank dengan bunga di atas tabungan dan boleh diambil setelah jangka waktu tertentu.

Berdasarkan definisi itu, tentu aja deposito lebih menguntungkan dari sisi bunga walau ada penarikan dananya berdasarkan waktu tertentu.

Emangnya berapa besar sih bunga deposito? Kalau bunga tabungan maksimal 1 persen per tahun, bunga deposito per tahunnya maksimal bisa 6 persen per tahun. Jelas menguntungkan banget kan punya deposito?

Sementara jangka waktu yang diberlakukan di deposito beragam, mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan. Selain itu, besaran bunga deposito pun berbeda di setiap jangka waktu atau tenor yang berlaku.

Makanya ketika kamu mau menyimpan uang di deposito, pastikan dahulu bunga dan tenornya sesuai dengan tujuan yang pengin kamu capai dari memiliki deposito.

Cara menghitung bunga deposito

Bunga deposito
Cara menghitung bunga deposito (Shutterstock)

Menghitung bunga deposito saat ini memang gak sulit, karena ada kalkulator deposito. Namun, gak ada salahnya buat kamu mengetahui gimana cara menghitung bunga deposito.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah, komponen-komponen yang terdapat di deposito yang nantinya diperhitungkan. Dari komponen-komponen tersebut, maka diperoleh rumus bunga deposito:

Bunga x Dana Pokok Deposito x 30 hari x 80% (pajak) : 365 (hari)

Agar lebih jelas, simak perhitungannya berikut ini:

Misalnya aja bunga deposito di Bank CBA sebesar enam persen buat tenor tiga bulan. Sementara dana yang didepositokan sebesar Rp 100 juta. Itu berarti besar bunga depositonya adalah:

(6% x Rp 100.000.000 x 30 hari x 80 persen) : 365 hari

Bunga deposito: Rp 394.520 per bulannya. Dari sini terlihat jelas, bunga deposito yang diperoleh makin besar kalau dana yang didepositokan juga besar.

Suku bunga deposito BRI terbaru

Bunga deposito
Suku bunga deposito BRI terbaru (Twitter)

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu bank yang bunga depositonya paling banyak dicari.

Seperti yang pernah MoneySmart bahas sebelumnya, BRI menawarkan deposito dalam tenor yang berbeda-beda: satu bulan, tiga bulan, enam bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Berikut, besaran suku bunga deposito BRI terbaru dengan dana < Rp 10 juta – > Rp 2 miliar.

Dana deposito Tenor Suku bunga
< Rp 100 juta 1 bulan 4,75 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,50 %
12 bulan 5,50 %
24 bulan 5,00 %
36 bulan 5,50 %
Rp 100 juta – < Rp 2 miliar 1 bulan 4,75 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,50 %
12 bulan 5,50 %
24 bulan 5,50 %
36 bulan 5,75 %
> Rp 2 miliar 1 bulan 4,75 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,50 %
12 bulan 5,50 %
24 bulan 5,50 %
36 bulan 5,75 %

Suku bunga deposito Bank Mandiri terbaru

Bunga deposito
Suku bunga deposito Bank Mandiri terbaru (Instagram/@bankmandiri)

Bank Mandiri juga menjadi bank yang informasi depositonya dicari banyak orang. Berbeda dengan Bank BRI, tenor pada deposito Bank Mandiri maksimal cuma 24 bulan. Dana depositonya bisa dari Rp 100 juta – Rp 1 miliar.

Berikut, suku bunga deposito Bank Mandiri  terbaru dengan dana < Rp 10 juta – > Rp 5 miliar:

Dana deposito Tenor Suku bunga
< Rp 100 juta 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 4,75 %
12 bulan 4,25 %
24 bulan 4,50 %
Rp 100 juta – < Rp 1 miliar 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 4,25 %
24 bulan 4,50 %
≥ Rp 1 miliar – < Rp 2 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 4,25 %
24 bulan 4,75 %
≥ Rp 2 miliar – < Rp 5 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 4,25 %
24 bulan 4,75 %
≥ Rp 5 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 4,75 %
24 bulan 4,75 %

Suku bunga deposito BCA terbaru

Bunga deposito
Suku bunga deposito BCA terbaru (Instagram/@goodlifebca)

Bank BCA menjadi salah satu bank swasta yang menawarkan bunga deposito yang menarik. Walaupun gitu, tenor depositonya maksimal 12 bulan. Deposito BCA ini cukup menarik sebab dana yang didepositokan bisa mencapai lebih dari Rp 100 miliar.

Berikut ini suku bunga deposito BCA terbaru dengan dana < Rp 2 miliar – ≥ Rp 100 miliar.

Dana deposito Tenor Suku bunga
< Rp 2 miliar 1 bulan 5,75 %
3 bulan 6,00 %
6 bulan 6,00 %
12 bulan 6,00 %
≥ Rp 2 miliar – < Rp 5 miliar 1 bulan 5,75 %
3 bulan 6,00 %
6 bulan 6,25 %
12 bulan 6,25 %
≥ Rp 5 miliar – < Rp 10 miliar 1 bulan 5,75 %
3 bulan 6,00 %
6 bulan 6,25 %
12 bulan 6,25 %
≥ Rp 10 miliar – < Rp 25 miliar 1 bulan 5,75 %
3 bulan 6,00 %
6 bulan 6,25 %
24 bulan 6,25 %
≥ Rp 25 miliar – < Rp 100 miliar 1 bulan 5,75 %
3 bulan 6,00 %
6 bulan 6,25 %
12 bulan 6,25 %
≥ Rp 100 miliar 1 bulan 5,75 %
3 bulan 6,00 %
6 bulan 6,25 %
12 bulan 6,25 %

Suku bunga deposito BNI terbaru

Bunga deposito
Suku bunga deposito BNI terbaru (Twitter)

Deposito BNI juga menarik. Banyak juga lho yang penasaran dengan bunga dan tenor yang ditawarkan Bank Negara Indonesia (BNI). Tenornya maksimal 24 bulan, sedangkan dana depositonya mencapai lebih dari Rp 5 miliar.

Berikut, suku bunga deposito BNI terbaru dengan dana < Rp 100 juta – > Rp 5 miliar:

Dana deposito Tenor Suku bunga
< Rp 100 juta 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,00 %
12 bulan 4,50 %
24 bulan 4,50 %
Rp 100 juta – < Rp 1 miliar 1 bulan 4,25 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 5,00 %
24 bulan 4,50 %
≥ Rp 1 miliar – < Rp 5 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 5,00 %
24 bulan 4,75 %
≥ Rp 5 miliar 1 bulan 4,50 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 5,25 %
24 bulan 5,00 %

Suku bunga deposito CIMB Niaga terbaru

Bunga deposito
Suku bunga deposito CIMB Niaga terbaru (Twitter)

Gak cuma Bank BCA yang punya deposito menarik, CIMB Niaga juga menjadi bank swasta yang tawarkan bunga menggiurkan. Deposito CIMB Niaga memberi tenor mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan.

Berikut, besaran suku bunga deposito CIMB Niaga:

Tenor Suku bunga
1 bulan 6,50 %
3 bulan 6,40 %
6 bulan 6,50 %
12 bulan 6,50 %

Bunga deposito Bank BTN terbaru

Bunga deposito Bank BTN terbaru (Instagram/@bankbtn)

Selain menawarkan kredit pemilikan rumah (KPR), Bank BTN juga menawarkan bunga deposito yang menarik. Berikut ini adalah besaran suku bunga Bank BTN yang terbaru:

Dana deposito Tenor Suku bunga (%)
< Rp 100 juta 1 bulan 5,00 %
2 bulan 5,00 %
3 bulan 5,00 %
6 bulan 5,25 %
12 bulan 5,25 %
24 bulan 5,25 %
≥ Rp 100 juta – < Rp 500 juta 1 bulan 5,00 %
2 bulan 5,25 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 5,50 %
12 bulan 5,50 %
24 bulan 5,50 %
≥ Rp 500 juta – ≤ Rp 2 miliar 1 bulan 5,00 %
2 bulan 5,25 %
3 bulan 5,25 %
6 bulan 5,50 %
12 bulan 5,50 %
24 bulan 5,75 %
> Rp 2 miliar 1 bulan 5,25 %
2 bulan 5,50 %
3 bulan 5,50 %
6 bulan 5,50 %
12 bulan 5,75 %
24 bulan 5,75 %

Bunga deposito Bank DBS terbaru

Bunga deposito
Bunga deposito Bank DBS terbaru (Instagram/@digibankid)

Kamu bisa memperoleh bunga hingga 7 persen di Bank The Development Bank of Singapore Limited atau DBS asalkan mendepositokannya melalui Digibank. Layanan Digibank adalah layanan digital banking yang disediakan Bank DBS.

Lalu, berapa besaran bunga deposito Bank DBS kalau menyimpannya lewat Digibank?

Dana deposito Tenor Suku bunga (%)
Rp 1 juta – Rp 4,99 juta 1 bulan 5,00 %
3 bulan 5,00 %
6 bulan 5,00 %
9 bulan 5,00 %
12 bulan 5,00 %
Rp 5 juta – Rp 9,99 juta 1 bulan 5,50 %
3 bulan 5,75 %
6 bulan 6,25 %
9 bulan 6,25 %
12 bulan 6,50 %
Rp 10 juta – Rp 19,99 juta 1 bulan 5,50 %
3 bulan 5,75 %
6 bulan 6,25 %
9 bulan 6,25 %
12 bulan 6,50 %
Rp 20 juta – Rp 49,99 juta 1 bulan 5.75 %
3 bulan 6.00 %
6 bulan 6.25 %
9 bulan 6.50 %
12 bulan 6.50 %
Rp 50 juta – Rp 99,99 juta 1 bulan 6,00 %
3 bulan 6,25 %
6 bulan 6,50 %
9 bulan 6,50 %
12 bulan 6,75 %
Rp 100 juta – Rp 499,99 juta 1 bulan 6,25 %
3 bulan 6,25 %
6 bulan 6,50 %
9 bulan 6,50 %
12 bulan 7,00 %
> Rp 500 juta 1 bulan 6,25 %
3 bulan 6,25 %
6 bulan 6,50 %
9 bulan 6,50 %
12 bulan 7,00 %

Bunga deposito Bank OCBC NISP terbaru

Bunga deposito
Bunga deposito Bank OCBC NISP terbaru (Instagram/@ocbc_nisp)

Bank OCBC NISP sanggup memberi bunga hingga 7 persen, asalkan dananya didepositokan melalui mobile atau internet banking.

Berikut, besaran suku bunga Bank OCBC NISP yang terbaru:

Dana deposito Tenor Suku bunga (%)
≥ Rp 8 juta – < Rp 100 juta 1 bulan 6,25 %
3 bulan 6,25 %
6 bulan 6,25 %
12 bulan 6,25 %
≥ Rp 100 juta – < Rp 500 juta 1 bulan 6,75 %
3 bulan 6,75 %
6 bulan 6,75 %
12 bulan 6,75 %
≥ Rp 500 juta – ≤ Rp 1 miliar 1 bulan 7,00 %
3 bulan 7,00 %
6 bulan 7,00 %
12 bulan 7,00 %

Bunga deposito Bank Maybank terbaru

Bunga deposito
Bunga deposito Bank OCBC NISP terbaru

Sementara mendepositokan uang di Bank Maybank, kamu bisa memperoleh bunga hingga 6,75 persen per tahun. Buat detailnya, kamu bisa lihat dalam tabel berikut:

Dana deposito Tenor Suku bunga (%)
Rp 10 Juta – < Rp 100 Juta On Call
1 bulan 5,00 %
3 bulan 5,00 %
6 bulan 5,00 %
12 bulan 5,50 %
24 bulan 5,50 %
Rp 100 Juta – < Rp 500 Juta On Call 3,50 %
1 bulan 6,00 %
3 bulan 6,00 %
6 bulan 6,00 %
12 bulan 6,50 %
24 bulan 6,50 %
Rp 500 Juta – < 1 Milyar On Call 3,75 %
1 bulan 6,50 %
3 bulan 6,50 %
6 bulan 6,50 %
12 bulan 6,75 %
24 bulan 6,75 %
> Rp 1 Miliar On Call 3,75 %
1 bulan 6,75 %
3 bulan 6,75 %
6 bulan 6,75 %
12 bulan 6,75 %
24 bulan 6,75 %

Bunga deposito Bank Danamon terbaru

Bunga deposito
Bunga deposito Bank Danamon terbaru (Twitter)

Kamu juga bisa mendapatkan bunga hingga 6,75 persen kalau mendepositokan dana di Bank Danamon.

Namun, mendepositokannya harus dilakukan secara online. Minimal dana yang bisa didepositokan sebesar Rp 8 juta.

Berikut, besaran bunga deposito Bank Danamon:

Tenor Suku bunga
1 bulan 5 – 6,5 %
3 bulan 6,5 %
6 bulan 6,75 %
12 bulan 6,75 %

Pastikan suku bunga deposito dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Bunga deposito
Pastikan suku bunga deposito dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (Instagram/@lps_idic)

Deposito bisa dikatakan aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Begitu bank tempat kamu menyimpan deposito kolaps atau terjadi krisis maka dana depositomu bakal digantikan LPS.

Namun, ada hal yang bikin LPS gak menjamin dana deposito, yaitu bunga deposito melebihi bunga yang dijamin LPS. Saat ini LPS cuma mau jamin deposito yang besaran bunganya:

  • Bank umum: 7 persen (rupiah) dan 2,25 persen (valas)
  • Bank BPR: 9,50 persen

Asalkan bunganya sebesar itu, dana depositomu bakal dijamin LPS deh. Jadi, udah tahu kan sekarang besaran-besaran suku bunga deposito terbaru bank-bank di Indonesia? Semoga informasi barusan jadi pertimbanganmu ya dalam memilih deposito yang tepat. (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!