Tahu Gak? Forbes Menobatkan 10 Bank Ini Sebagai yang Terbaik se-Indonesia Lho

5 menit
Bank Ini Sandang Status Terbaik se-Indonesia (Shutterstock)

Belum lama ini Forbes telah merilis laporan yang berjudul The World’s Best Banks 2019. Dalam laporan tersebut, ada deretan bank terbaik di Indonesia lho. Wah, siapa aja ya?

Forbes menetapkan beberapa bank sebagai bank terbaik di Indonesia dengan didukung riset yang dilakukan Statista. Sebagai informasi aja nih, Statista adalah portal yang menyajikan informasi berupa statistik, riset pasar, dan business intelligence.

Dalam menetapkan mana bank-bank terbaik di dunia, termasuk bank-bank terbaik di Indonesia, Statista melakukan survei ke lebih dari 40 ribu pelanggan di seluruh dunia. Statista pengin tahu pendapat orang-orang mengenai bank-bank yang mereka gunakan layanannya.

Bisa dibilang Statista ini pengin tahu sejauh mana kepuasan, kepercayaan, biaya layanan, hingga nasihat keuangan yang diperoleh dari bank-bank tersebut. Nah, siapa aja bank-bank terbaik di Indonesia? Lihat aja yuk dalam daftar berikut ini seperti yang dikutip dari Forbes.

Baca juga: 6 Cara untuk Kamu yang Introvert Agar Betah Bekerja di Kantor, Gak Susah Kok!

1. Bank Central Asia atau BCA

Bank BCA (Instagram).

Kamu yang jadi nasabah Bank BCA boleh berbangga nih. Sebab bank yang bermarkas di Jakarta ini dapat predikat sebagai bank terbaik di Indonesia. Mantap deh!

Dengan moto “Senantiasa di Sisi Anda”, bank yang berdiri tahun 1957 ini terus berkembang dan berinovasi. Sekalipun krisis pernah menghantam bank swasta terbesar ini, Bank BCA di bawah kepemimpinan Jahja Setiaatmadja kemudian bisa bangkit dan beri pelayanan terbaiknya.

2. Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau BTPN

Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau BTPN (Instagram)

Para pengguna Jenius pastinya udah akrab dengan bank yang satu ini. Gimana gak kenal? Soalnya Bank Tabungan Pensiunan Nasional jadi pelopor inovasi digital banking di Indonesia.

Bank yang berdiri tahun 1958 lalu merger dengan Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI) ini menyediakan layanan yang terfokus pada pensiunan, UMKM, hingga masyarakat yang produktif. Bank BTPN sendiri berkantor pusat di Jakarta.

Baca juga: Setara dengan Harga Mini Cooper, Segini Lho Total Biaya Kuliah Selama 4 Tahun di Jakarta

3. The Hongkong and Shanghai Banking Corporation atau Bank HSBC

The Hongkong and Shanghai Banking Corporation atau Bank HSBC (Shutterstock).

Rupanya urutan ketiga bank terbaik di Indonesia ditempati bank luar lho, yaitu The Hongkong and Shanghai Banking Corporation atau Bank HSBC. Menariknya, bank yang berkantor pusat di Kota London mulai buka cabang di Indonesia sejak 1884 lho.

Awalnya di Indonesia bank ini membantu pembiayaan dan memfasilitasi perdagangan gula seperti yang diceritakan di website-nya. Kini Bank HSBC menawarkan banyak layanan. Mulai dari layanan di bidang komersial, korporasi, perbankan ritel, hingga wealth management.

4. Bank Negara Indonesia atau BNI

Bank BNI.
Bank BNI.

Posisi keempat bank terbaik di Indonesia ditempati Bank Negara Indonesia atau BNI. Bank yang berkantor pusat di Jakarta ini udah sejak 5 Juli 1946 memberi layanan perbankan kepada masyarakat. Makanya bank ini menyebut dirinya sebagai BNI 46.

Layanan perbankan yang ditawarkan BNI terbagi ke beberapa segmen. Mulai dari segmen perusahaan, komersial, ritel, lembaga keuangan, hingga anak perusahaan.

Baca juga: Membangun Daihatsu Ayla Turbo, Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

5. Bank Mandiri

E-billing pajak
Teller bank (infoperbankan)

Di posisi kelima ada Bank Mandiri sebagai salah satu bank terbaik di Indonesia. Bank yang berkantor pusat di Jakarta ini lahir dari pada masa krisis 1998.

Buat informasi aja nih, Bank Mandiri merupakan hasil dari gabungan empat bank yang diterpa krisis, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Pembangunan Indonesia.

Walaupun begitu, Bank Mandiri telah membuktikan diri sebagai bank terbaik dengan menawarkan sejumlah layanan yang mencakup beberapa segmen. Mulai dari segmen korporasi, komersial dan bisnis, mikro dan ritel, konsumen, tresuri, hingga institusional.

6. Bank Rakyat Indonesia atau BRI

Bank BRI

Berdiri sejak 1895, Bank Rakyat Indonesia atau BRI menjadi bank terbaik di Indonesia di urutan keenam. Bank BUMN yang berkantor pusat di Jakarta ini dikenal sebagai bank yang memberi layanan hingga ke daerah-daerah pelosok.

Segmen-segmen yang dilayani Bank BRI cukup banyak. Mulai dari segmen mikro, ritel, perusahaan, hingga anak perusahaan.

7. Panin Bank

kpr bunga rendah
Bank Panin (Kontan)

Selanjutnya, ada Panin Bank yang menempati posisi ketujuh sebagai bank terbaik di Indonesia. Bank yang berkantor pusat di Jakarta ini berdiri pada 1971.

Menariknya nih, bank ini punya kemiripan dengan Bank Mandiri, yaitu bank yang berasal dari gabungan beberapa bank. Bank-bank yang bergabung tersebut, antara lain Bank Kemakmuran, Bank Industri Djaja, serta Bank Industri dan Dagang Indonesia.

8. Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP (Shutterstock).

Lalu ada Bank OCBC NISP yang masuk daftar bank terbaik di Indonesia. Bank ini merupakan penyatuan bank Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC) dengan Bank Nilai Inti Sari Penyimpan (NISP).

Sejarahnya nih Bank NISP adalah salah satu bank tertua di Indonesia yang berdiri pada 4 April 1941 dengan nama awal NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank. Bank ini bersatu dengan OCBC pada 1997.

9. Citibank

pakai kartu kredit
Citibank

Bank asing berikutnya yang menjadi bank terbaik di Indonesia adalah Citibank. Bank yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat ini masuk ke Indonesia pada tahun 1968.

Dari sisi aset, bank ini menjadi salah satu bank asing dengan aset terbesar di Indonesia. Bank yang berdiri pada 1812 di New York ini menyediakan layanan perbankan, seperti penyediaan kartu kredit, pinjaman KTA, pinjaman usaha, hingga layanan wealth management.

10. The Development Bank of Singapore atau DBS

Pinjaman karyawan dari Bank DBS. (Shutterstock)
Pinjaman karyawan dari Bank DBS. (Shutterstock)

Satu lagi nih bank asing yang menjadi bank terbaik di Indonesia, yaitu The Development Bank of Singapore atau DBS. Bank yang berbasis di Singapura ini berdiri pada 1989 di Indonesia.

Sama seperti BTPN, bank ini juga menjadi salah satu pelopor inovasi digital banking di Indonesia lewat produk Digibank. Selain itu, layanan Bank DBS mencakup beberapa segmen, seperti konsumer, institusional, tresuri, hingga segmen lainnya.

Itu tadi sepuluh bank yang masuk daftar bank terbaik di Indonesia versi Forbes. Mungkin aja suatu saat posisi ini berubah seiring peningkatan layanan yang dilakukan salah satu bank di atas. Namanya demi kepuasan nasabah, udah pasti sesama bank saling bersaing. (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan