Harganya Ratusan Miliar Rupiah! Punya Barang Koleksi Ini Bisa Auto Kaya Lho

3 menit
Harganya Ratusan Miliar Rupiah! Punya Barang Koleksi Ini Bisa Auto Kaya Lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di dunia ini barang koleksi itu ada harganya. Besaran harganya pun gak main-main, bisa tembus hingga puluhan miliar rupiah sekalinya dilelang lho.

Kebayang kan seandainya kamu punya salah satu barang koleksi yang berharga fantastis tersebut? Kamu bisa kaya mendadak tuh.

Tercatat ada beberapa barang koleksi yang pernah dijual dengan harga fantastis. Penasaran apa aja barang-barangnya? Dikutip dari Lovemoney, berikut ini adalah barang-barang koleksi yang harga jualnya mahal banget.

Baca juga: Termurah Rp 77 Juta, Ini Deretan Barang Mahal Milik Pendiri Amazon

1. Memorabilia legenda sepak bola Pele – Rp 67 miliar

Memorabilia legenda sepakbola Pele dilepas seharga Rp 67 miliar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pele dikenal sebagai salah satu legenda sepak bola dunia. Mantan pemain timnas Brazil ini rupanya memiliki koleksi memorabilia yang harganya fantastis.

Diketahui Pele menjual memorabilianya seharga US$ 4,8 juta atau sekitar Rp 67 miliar. Nilai yang sangat fantastis, bukan? Memorabilia yang dijual Pele meliputi koleksi piala, medali, hingga barang-barang pribadinya.

Bukan tanpa alasan Pele menjual barang koleksinya tersebut. Rupanya ia menjualnya dengan tujuan buat mendanai rumah sakit anak-anak di Brazil.

Baca juga: Ada yang Seharga Rp 775 Miliar! 5 Barang Mahal Ini Justru Ditemukan di Tempat Sampah

2. Arloji Swiss – Rp 86 miliar

Arloji Swiss dilepas dengan harga miliaran rupiah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Barang antik emang memiliki harga yang gak main-main besarnya. Seperti arloji Swiss yang dihargai US$ 6,1 juta atau sekitar Rp 86 miliar.

Arloji tersebut laku terjual dalam lelang yang berlangsung di Sotheby’s New York tahun 2015. Dalam lelang tersebut, sebanyak 22 jam Swiss yang dibikin pada masa Revolusi Industri ditampilkan. Bahkan, beberapa di antaranya masuk kategori langka.

Baca juga: Mau Bisnis Barang Mahal? Ini 3 Tips Jitu dari Para Pakarnya Dijamin Berhasil

3. Koleksi minuman anggur – Rp 309 miliar

Koleksi red wine aja bisa dilepas dengan harga kisaran Rp 309 miliar lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Minuman anggur beralkohol alias wine emang mahal harganya. Namun, kamu pernah tahu gak wine yang dijual dengan harga ratusan miliar rupiah?

Faktanya nih koleksi anggur miliarder Bill Koch dijual dengan harga US$ 21,9 juta atau Rp 309 miliar. Padahal, harga wine tersebut diperkirakan bakal terjual senilai US$ 15 juta atau Rp 212 miliar.

4. Koleksi koin Amerika Serikat – Rp 634 miliar

Koleksi koin Amerika Serikat senilai Rp 634 miliar juga banyak diburu oleh kolektor, (Ilustrasi/Shutterstock).

Koleksi uang emang menguntungkan. Buktinya aja hingga hari ini masih ada aja kolektor-kolektor yang mencari uang-uang kuno sebagai barang koleksi.

Gak ada yang nyangka juga ternyata ada koleksi koin yang nilainya mencapai US$ 44,9 juta atau Rp 634 miliar. Louis E. Eliasberg, seorang bankir, berhasil meraih harga segitu pada 1982 saat menjual koleksi koin yang dicetak di Amerika Serikat.

5. Koleksi telur paskah imperial – Rp 706 miliar

Koleksi telur paskah dengan nilai ratusan miliar rupiah juga ada lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Telur paskah bisa menjadi barang koleksi yang harganya sangat mahal lho. Seperti koleksi telur paskah yang dibeli miliarder Rusia Victor Vekselberg.

Miliarder tersebut membeli seluruh koleksi telur paskah milik Malcolm Forbes seharga US$ 50 juta atau Rp 706 miliar. Koleksi telur paskah tersebut dibelinya dari perusahaan perhiasan Fabergé.

6. Koleksi keramik-keramik Cina – Rp 190 miliar

koleksi keramik-keramik China juga gak disangka-sangka punya nilai nominal mencapai ratusan miliar rupiah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seorang petani secara mengejutkan pada 2016 mengumumkan penjualan koleksi keramik Cina. Diperkirakan koleksi keramik yang dijual tersebut berusia 1.000 tahun.

Barang koleksi yang terdiri dari porselen Song, Ming, dan Qing dijual seluruhnya dengan harga US$ 60,4 juta atau sekitar Rp 853 miliar. Salah satu koleksi yang menarik adalah Moonflask putih abad ke-15 yang dijual dengan harga US$ 13,5 juta atau Rp 190 miliar.

Nah, itu tadi barang-barang koleksi yang bernilai fantastis hingga ratusan miliar rupiah. Dipikir-pikir enak banget ya kalau punya salah satu barang koleksi tersebut. Bisa auto kaya nih begitu laku terjual. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!