Deretan Harta Bos Abu Tours, Tersangka Pencucian Uang Jemaah Umrah

Abu Tours

Bos Abu Tours, Hamzah Mamba, kini harus mendekam di tahanan karena kasus pencucian uang jemaah umrah. Uang yang digelapkan Hamzah tergolong besar lho, mencapai Rp 1,8 triliun!

Sebelum tersangkut kasus, Abu Tours sebetulnya punya portofolio bagus. Mereka udah memberangkatkan 70 ribu orang, dan di Sulawesi Selatan sendiri ada 16 ribuan. Kasus penipuan mulai terkuak setelah 86.720 jemaah yang batal berangkat lapor ke polisi.

Kalau dengar kasusnya, ini mirip seperti First Travel. Tapi kesamaannya bukan cuma itu. Hamzah dan bos First Travel juga sama-sama kaya. Dua-duanya suka kemewahan, jalan-jalan, dan punya banyak koleksi barang berharga fantastis.

Bedanya, pria asal Makassar ini juga mengoleksi mobil sport. Salah satunya sama seperti yang dimiliki Hotman Paris, Lamborghini Gallardo.  Konon kabarnya aset Hamzah mencapai Rp 100 miliar dari pemasukan dari Abu Tours dan bisnis lain.

Pengin tahu apa aja detilnya? Simak ulasannya di bawah ini.

[Baca: 4 Sumber Kekayaan Hotman Paris yang Bikin Duitnya Gak Abis-Abis]

1. Lamborghini Gallardo, Ferrari Spider 458, Porsche 911, dan sebagainya

abu tours
Kalau dari bagian belakang mobil itu adalah Lamborghini tipe Gallardo, Ferarri tipe Spider, dan Porsche tipe 911 (Tribunnews)

Hamzah ternyata punya banyak mobil mewah. Di Instagramnya, ia pernah berfoto dengan latar Lamborghini Gallardo, Ferrari Spider 458, dan Porsche 911. Lamborghini Gallardo harganya Rp 9,7 miliar; Ferrari Spider 458 Rp 10 miliar; dan Porsche 911 Rp 2 miliar. Total harga ketiga mobil ini aja udah Rp 21,7 miliar lho.

Saat ini polisi masih memburu Lamborghini milik Hamzah yang belum diketahui keberadaannya. Dikabarkan pula, ada lima mobil dan satu moge yang udah disita.

2. Triumph Tiger Explorer 800 XCX

abu tours
Moge milik Hamzah (Tribunnews)

Ternyata, bos Abu Tours ini juga penggila roda dua. Buktinya, dia punya Triumph Tiger Explorer 800 XCX yang harganya sekitar Rp 600 jutaan. Gila ya, seharga mobil Toyota FT 86.

Motor ini juga pernah dipakai turing oleh Hamzah. Dan bicara soal turing motor, Hamzah ini gak bisa dipandang sebelah mata. Turingnya udah sampai ke Spanyol!

Hamzah juga tergabung dalam komunitas moge di Indonesia bernama Silverhawk. Kalau kamu kepoin Instagram Silverhawk, wah bisa geleng-geleng kepala deh.

Selain punya Triumph, Hamzah dikabarkan juga memiliki motor Harley Davidson yang masih diincar polisi. Namun gak disebutkan juga apa jenis Harley-nya. Yang pasti Harley itu gak murah, yang punya Bupati Abdul Latif aja udah mahal.

[Baca: 16 Kendaraan Mewah Bupati Abdul Latif yang Harganya Bikin Melongo]

3. Rumah mewah Rp 20 miliar yang gak berpenghuni

abu tours
Rumah mewah bos Abu Tours (Detik)

Setelah harta bergerak, mari kita telusuri juga harta gak bergeraknya. Ternyata Hamzah punya rumah seharga Rp 20 miliar dan gak berpenghuni. Rumah itu terletak di Jalan Tanggul Daeng Patompo, Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate, Makassar.

Luasnya mencapai 800 meter persegi, ada kolam renang, dan dijaga oleh seorang satpam. Hamzah juga dikabarkan gak pernah pulang ke rumah ini.  

4. Dua Apartemen dan sebidang tanah

abu tours
Polisi sita aset Hamzah Mamba (Merdeka)

Ternyata, aset properti bos Abu Tours ini juga masih banyak. Polisi juga menyita dua unit apartemen di Vida View, Jl Topaz, Panakkukang. Ada juga sebidang tanah dan gudang yang menjadi aset perusahaan travel ini.

Belum ada informasi soal tipe, luas, dan harga apartemen serta tanah milik Hamzah. Namun ya kalau judulnya properti, udah pasti mahal. Gak heran kalau nilai aset-aset itu diprediksi mencapai Rp 100 miliar.

5. Tiga Kantor Abu Tours

abu tours
Kantor Abu Tours (Antara)

Walah, setelah aset pribadi disita, kantornya pun ikutan disita. Satu dari tiga bangunan yang disita polisi, salah satunya adalah kantor Abu Tours di Jl. Kakaktua.

Sementara itu kantor divisi handling dan perlengkapan umrah juga ikut disita. Dan yang terakhir adalah kantor manajemen perusahaan di Jl. Baji Gau.

6. Delapan bisnis lain

abu tours
Bisa jadi dia lebih tajir nih daripada bos First Travel (Tribunnews)

Pengin tahu apa aja “pabrik uang” milik Hamzah? Tentu aja bukan cuma perusahaan yang bergerak di bidang travel ini. Menurut pemberitaan dari Tribunnews, usaha lain yang dimiliki Hamzah adalah:

  1. Almira Travel
  2. Naila Wisata
  3. QIA
  4. Yayasan Al Ikram
  5. Alika Digital Printing
  6. Al Haram Media Group
  7. Amanah Plus
  8. Alabaik Group

[Baca: Mau Bisnis Sekalian Ibadah? Bikin Biro Travel Umroh Aja]

Itu dia daftar harta dan aset yang dimiliki bos Abu Tours Hamzah Mamba. Tentu aja, gaya hidup dan harta pria yang sempat kuliah di Fakultas Teknik Universitas Makassar ini bikin calon jemaah makin emosi.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560