5 Menteri Muda di Dunia Selain Nadiem, Usianya Ada yang Masih 25 Tahun

3 menit
5 Menteri Muda di Dunia Selain Nadiem, Usianya Ada yang 25 Tahun, (Instagram/@syedsaddiq).

Presiden Jokowi mempercayakan urusan negara ke menteri muda, salah satunya Nadiem Makarim. Nadiem ditunjuk untuk mengemban posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI di Kabinet Indonesia Maju.

Pendiri Gojek itu diharapkan mampu membawa terobosan-terobosan baru di dunia pendidikan, seperti halnya yang ia lakukan di Gojek. Berkat tangan dinginnya, Gojek sekarang sudah menjadi perusahaan berstatus decacorn dengan nilai valuasi mencapai Rp 100 triliunan. 

Lebih salutnya kesuksesan itu diraihnya di umur 30 tahunan. Kini, di usianya 35 tahun ia sudah duduk menjadi pembantu presiden, mengabdi untuk negeri. Selain Nadiem, berikut ini deretan menteri muda di seluruh dunia. Ada yang umurnya 20-an lho! 

Baca juga: Menteri Terkaya! Ini Puluhan Aset Puan Maharani Senilai Rp 300 M

1. Menteri muda Simon Harris – Menteri Kesehatan Irlandia (33 tahun)

menteri muda
Menteri muda Simon Harris – Menteri Kesehatan Irlandia (33 tahun), (Instagram/@simonharristd).

Simon Harris merupakan Menteri Kesehatan Irlandia. Ia terpilih dan dilantik menjadi menteri muda pada tahun 2016 lalu. Kamu tahu berapa umurnya saat itu? Baru berusia 29 tahun! 

Sebenarnya ini bukanlah jabatan pertamanya di pemerintahan, karena sebelumnya ia juga pernah menjabat Menteri Negara Bagian di Departemen Keuangan. Posisi itu diembannya pada tahun 2014, yang artinya umurnya baru 27 tahun. 

Kini Simon masih menjabat menteri termuda di Irlandia dengan umur 33 tahun. 

Baca juga: Banyak Wajah Baru, Intip Gaji Nadiem Makarim, Prabowo Subianto dan Para Menteri Jokowi

2. Syed Saddiq – Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia (25 tahun)

Menteri muda
Syed Saddiq – Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia usianya baru menginjak 25 tahun, (Instagram/@syedsaddiq).

Menteri muda selanjutnya berasal dari Negeri Jiran Malaysia yaitu Syed Saddiq. Saddiq yang diketahui sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia kini baru berusia 25 tahun. 

Selain muda, Saddiq juga disebut-sebut sebagai menteri tampan, bahkan ketampanannya sudah terkenal sampai di Indonesia. Ia juga katanya ngefans sama Pak Jokowi lho! Hal itu diketahui dari vlognya dengan Jokowi saat ia berkunjung ke Indonesia. 

Saddiq merupakan lulusan hukum dari International Islamic University Malaysia. 

Baca juga: Ini Isi Surat Perpisahan Nadiem Makarim ke Karyawan Gojek yang Mengharukan

3. Shamma Al Mazrui – Menteri Urusan Kepemudaan UAE (25 tahun)

menteri muda
Shamma Al Mazrui – Menteri Urusan Kepemudaan UAE usianya baru menginjak 25 tahun, (Instagram/@shamma).

Shamma Al Mazrui dipercaya menjabat sebagai Menteri Urusan Kepemudaan Uni Emirat Arab. Pelantikannya dilakukan pada tahun 2016 silam yang kala itu umurnya baru 22 tahun. Sampai-sampai dia diganjar gelar menteri termuda di dunia oleh Guinness Book of Record. 

Latar belakang pendidikannya tentu gak main-main, Shamma telah menamatkan gelar sarjana bidang ekonomi di New York University Abu Dhabi. Selanjutnya gelar magister kebijakan publik ia raih dari Oxford University. 

4. Anupriya Patel – Menteri Kesehatan India (35 tahun)

menteri muda
Anupriya Patel – Menteri Kesehatan India usianya baru 35 tahun kayak Nadiem Makariem, (Wikipedia).

Anupriya Patel merupakan menteri muda di pemerintahan India. Ia menjabat sebagai Menteri Kesehatan dari tahun 2016 yang kala itu umurnya masih 35 tahun. 

Sebelum menjadi menteri Anupriya Patel lebih dulu dikenal sebagai politisi. Pada usia 31 tahun ia terpilih menjadi anggota legislatif untuk konstituen Rohaniya. 

5. Klajda Gjosha – Menteri Integrasi Eropa Albania (36 tahun) 

Menteri muda
Klajda Gjosha – Menteri Integrasi Eropa Albania (36 tahun), (Instagram/@klajda.gjosha).

Meski terbilang muda, Klajda Gjosha sudah mondar-mandir di berbagai posisi politis. Tahun 2012, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Partai Politik Gerakan Sosialis untuk Integrasi Albania. Saat itu padahal usianya baru 29 tahun. 

Lalu, sejak tahun 2013, saat usianya masih 30 tahun ia dipercaya menjabat sebagai Menteri Integrasi Eropa Republik Albania. 

Itulah deretan menteri muda di belahan dunia lainnya. Meski umurnya muda, namun pengalaman dan kompetensi mereka sangat mumpuni untuk menerbitkan berbagai kebijakan-kebijakan strategis bagi suatu negara. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.